Jangan Rusak Keberagaman Budaya Indonesia dengan Intoleransi

BREAKINGNEWS.CO.ID -- Budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sesungguhnya adalah budaya yang sangat majemuk dan beragam, karena Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan juga budaya. Tetapi bermacam perbedaan yang dimiliki bangsa ini dirusak oleh intoleransi dan radikalisme negatif yang semakin menguat.

Jangan Rusak Keberagaman Budaya Indonesia dengan Intoleransi

BREAKINGNEWS.CO.ID -- Budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sesungguhnya adalah budaya yang sangat majemuk dan beragam, karena Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan juga budaya. Tetapi bermacam perbedaan yang dimiliki bangsa ini dirusak oleh intoleransi dan radikalisme negatif yang semakin menguat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH. usai bertindak sebagai narasumber dalam acara dialog kebangsaan dengan tema Intoleransi dan Radikalisme dalam Perspektif Kebudayaan. Acara yang dihadiri puluhan seniman dan budayawan ini berlangsung di NuArt Sculpture Park Bandung, Sabtu (14/12/2019).

“Dengan suku, bahasa  dan budaya kita yang beragam ini seharusnya masalah intoleransi ini harus sudah selesai. Karena di bangsa ini ada hal lain yang perlu diurusi seperti berkompetisi dengan negara lain di seluruh dunia. Kalau kita sibuk dengan masalah itu (perbedaan) saja dan tidak bisa diselesaikan dengan baik, akan sulit kita untuk berkompetisi,” kata Kepala BNPT, Komjen Pol. Suhardi Alius.

Oleh karenanya mantan Kabareskrim Polri ini menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh para budayawan dalam rangka menguatkan kembali semangat kebangsaan bangsa ini. Apalagi para seniman dan budayawan ini memiliki komunitas yang beragam dan dan kuat di daerahnya.

“Sekarang komunitasnya (seniman dan budayawan) ini luar biasa, beragam, dari berbagai macam komunitas juga tadi disini ada perwakilannya. Ternyata responnya sangat baik dan tentunya  kita berharap banyak yang seperti ini dan tidak boleh berhenti. Karena ini adalah komunitas yang mendukung kita untuk mereduksi itu (intoleransi dan radikalisme),” ujar alumni Akpol tahun 1985 ini.

Dengan banyak dan kuatnya komunitas seniman maupun budayawan yang dimiliki Indonesia ini maka mantan Kapolda Jawa Barat ini pun juga meminta kepada para perwakilan komunitas budayawan ini untuk dapat menyebarluaskan dan mensosialisasikan mengenai pentingnya hidup dalam keberagaman yang dimliki bangsa ini demi menjaga persatuan  

“Karena keberagaman yang kita miliki ini harus kita sosialisasikan dan sebarluaskan. Tidak boleh sekali tetapi berkali-kali sehingga masyarakat kita punya resilience dan juga kesadaran untuk membangun bangsanya,” ucap mantan Kepala Divisi Humas Polri ini.

Lebih lanjut perwira tinggi berpangkat bintang tiga kelahiran jakatya, 10 Mei 1962 ini menilai, setidaknya terdapat beberapa sektor yang perlu mendapatkan pengawasan dari infiltrasi masuk anya pemahaman radikalisme negatif. Dan tentunya hal tersebut juga menuntut adanya inovasi dalam melakukan pendekatan penanggulangan radikalisme terorisme itu.

“Sektor budaya, pendidikan dan kemajuan teknologi ini tentunya perlu pengawasan. Kemajuan teknologi yang pesat ini banyak positifnya, tetapi juga ada sisi negatifnya yang dapat melunturkan identitas nasional di kalangan generasi muda, budaya yang kian melemah serta SDM pendidikan yang justru menjadi agen radikalisme. Ini yang kita hadapi,” ujar mantan Wakapolda Metro Jaya ini.

Oleh karena itu Kepala BNPT pun sangat mengapresiasi dengan digelarnya dialog tersebut yang menghadirkan komunitas para seniman dan budayawan dalam membahas masalah Intoleransi dan Radikalisme.

“Jadi saya disini tadi untuk sharing mengenai masalah intoleransi dan radikalisme yang terjadi di Indonesia dan bagaimana cara pengentasannya. Oleh sebab itu saya senang sekali diundang kesini, karena ini adalah komunitas yang mendukung kita bagaimana mereduksi itu semua,” ujar mantan Kapolres Metro Jakarta barat ini mengakhiri  

Dalam kesempatan tersebut, Seniman Pelopor Gerakan Seni Rupa Baru, I Nyoman Nuarta sangat sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Kepala BNPT. Dirinya menegaskan bahwa para seniman dan budayawan ini pada dasarnya sangat menerima dengan perbedaan dan keberagaman yang dimiliki bangsa ini.

“Saat kegiatan Dialog kebangsaan seperti ini, biasanya kami arahkan untuk melihat film yang bisa membangkitkan rasa nasionalisme lagi. Ini agar ingat lagi kepada budaya kita sendiri, kekayaan yang luar biasa. Karena seniman itu bangga dengan perbedaan, karena perbedaan ini yang membuat kita (Indonesia) kaya,” ujar pria yang juga pembuat Patung Garuda Wisnu Kencana yang berdiri megah di Pulau Dewata, Bali itu.

Nyoman pun juga sangat menyayangkan, mengapa perbedaan yang sangat beragam ini justru kemudian mau dihilangkan oeh segilintir kelompok atau golongan. Padahal menurutnya perbedaan inilah yang membuat bangsa kita kaya.

“Nah sekarang ini ada upaya yang ingin memiskinan kita yang sudah begitu kaya dengan keberagaman budaya dan malah ingin diseragamkan semuanya. Kalau semua dihilangkan seperti itu, terus kita mau ikut pakai budaya apa. Budaya yang tadinya menyenangkan, kenapa sekarang malah mau dihilangkan perbedaan itu,” ucap Nyoman mengakhiri.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Barat, H Asep Syaripudin, mantan Menteri Negara  Pendayagunaan Aparatur Negara tahun 1988-1993, Ir. Sarwono Kusumaatmadja.