James Cameron Klaim Bikin Avatar 2 Bukan karena Film Pertama Sukses

James Cameron menyebut kesuksesan Avatar pada 2009 hampir jadi halangan baginya untuk membuat sekuel.

James Cameron Klaim Bikin Avatar 2 Bukan karena Film Pertama Sukses
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara dan kreator waralaba Avatar, James Cameron, menegaskan bahwa kesuksesan box office film pertamanya bukanlah menjadi motivasi untuk membuat sekuel Avatar: The Way of Water.

"Alasan kami kembali bukanlah kesuksesan finansial yang luar biasa dari film pertama. Faktanya bahkan itu hampir menjadi halangan," jelas Cameron dalam wawancaranya bersama The Wrap yang diberitakan Screen Rant, Senin (2/1).

Sejak penayangan pada 2009 lalu, Avatar berhasil menyandang predikat film terlaris sepanjang masa dengan pendapatan dari secara global yang mencapai US$2,84 miliar.

Cameron tahu betul bahwa kesuksesan itu memberikan kesempatan baginya untuk menggarap sekuel-sekuel berikutnya. Namun baginya, motivasi terbesar baginya murni karena tim yang diisi oleh para seniman dan aktor luar biasa.

"Intensi kami untuk melakukannya murni karena kami memiliki tim seniman dan aktor yang hebat, dan semua orang saling mempercayai satu sama lain," cetus Cameron.

[Gambas:Video CNN]

Namun Cameron bukan tanpa kekhawatiran soal kiprah Avatar 2 di bioskop. Ia mengaku tetap takut sekuelnya akan gagal total mengingat kondisi pandemi serta perubahan kebiasaan orang dalam menyaksikan produk film.

Sebelum Avatar 2 resmi tayang, Cameron sedikit khawatir tentang pola layanan streaming yang kini dibanjiri oleh berbagai produk film terbaru.

Namun ia tak memiliki pilihan lain selain tetap maju, dan menegaskan bahwa filmnya memang diatur sedemikian rupa untuk tayang di layar lebar.

"Saya kira kami bakal mati. Tapi apa lagi yang akan kami lakukan? Berhenti? Tidak. Jika saya menjadi dinosaurus, saya akan terbunuh karena komet. Saya tidak akan berhenti dan menyerah," kata Cameron.

Kini hanya dalam waktu 14 hari setelah tayang di seluruh dunia, Avatar The Way of Water mencapai angka box office US$1 miliar. Capaian ini membuat Avatar 2 menjadi film tercepat pada tahun ini yang mencapai pendapatan prestise itu.

Avatar: The Way of Water merupakan film kedua dari saga Avatar garapan James Cameron. Saga ini diproyeksi akan merilis hingga lima film yang tayang dalam beberapa tahun mendatang.

Avatar: The Way of Water kembali dibintangi aktor dari film pertama, seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, hingga Stephen Lang.

Selain itu, film ini juga dibintangi sejumlah aktor baru lainnya, seperti Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Clower, Britain Dalton, Jamie Flatters, hingga Jack Champion.

(far/end)