Jalan Panjang Jadi Nominasi Best International Feature Film Oscar

Berikut sederet aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan pihak the Academy untuk film yang mendaftar dalam kategori Best International Feature Film.

Jalan Panjang Jadi Nominasi Best International Feature Film Oscar
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah film menjadi bagian dari daftar pendek apalagi tembus sebagai nominasi dalam kategori Best International Feature Film Academy Awards bukanlah perkara semalam jadi.

Ketika sebuah negara mengirim film perwakilannya untuk berkompetisi dalam kategori Best International Feature Film, maka film tersebut akan menjalani rangkaian proses seleksi dan penilaian yang panjang dari para juri.

Bukan hanya itu, seleksi juga diiringi dengan pengenalan film tersebut kepada komunitas the Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) yang bisa jadi merupakan juri yang punya suara menentukan siapakah film yang berhak jadi nominasi.

Tercatat pada Academy Awards ke-94, ada 93 negara yang mendaftar dengan 92 film yang berhak masuk ke tahap penilaian Komite kategori, kemudian terseleksi menjadi daftar pendek berisi 15 film.

Dari daftar pendek tersebut, para juri kemudian menyeleksi kembali secara voting hingga menjadi nominasi yang berisi 5 film. Setelah itu, para juri Oscar beramai-ramai memilih dari lima film itu pemenang kategori ini.

Secara ringkas, itulah rangkaian prosesi yang akan dilewati sebuah film yang didaftarkan untuk kategori paling prestise untuk film-film dari di luar negara-negara raksasa perfilman.

"Saya harus bilang dulu kalau kategori ini, International Feature Film itu menurut saya kategori yang paling sulit," kata anggota Academy of Motion Pictures Arts and Scienses (AMPAS) asal Indonesia, Amelia Hapsari kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

"Film-film terbaik lah ya. Puncak kejayaan dan puncak karya dari suatu negara kan hadir di situ. Ini kategori paling sulit menurut saya," lanjutnya.

Meski banyak film-film yang mendaftar ataupun menang dalam kategori ini telah melanglang buana ke berbagai festival film, pihak the Academy tidak mematok faktor pendaftaran ke festival film sebagai dasar penilaian.

"Partisipasi festival film bukan sebuah syarat film dalam kategori International Feature Film. Film-film ini harus memenuhi semua persyaratan kelayakan lainnya untuk Academy Awards ke-95," tulis pihak the Academy dalam aturan yang diterima CNNIndonesia.com.

Berikut sederet aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan pihak the Academy untuk film yang mendaftar dalam kategori Best International Feature Film.

A. Kelayakan Film untuk Mendaftar

1. Film yang didaftarkan mesti pertama kali dirilis di negara asal antara 1 Januari hingga 30 November 2022.
2. Tayang di bioskop setidaknya tujuh hari berturut-turut.
3. Film dalam bentuk 35mm atau 70mm, atau dalam 24/48 frame Digital Cinema dengan resolusi proyektor minimum 2048x1080 piksel, serta memenuhi syarat teknis lainnya.
4. Film yang dikirim tidak perlu rilis di AS.
5. Film yang tayang atau didistribusikan sebelum perilisan non-bioskop tidak memenuhi syarat.
6. Penayangan atau distribusi publik non-bioskop termasuk, tetapi tidak terbatas pada: siaran dan televisi kabel, PPV/VOD, DVD, maskapai penerbangan, transmisi internet.
7. Dialog dalam film lebih dari 50 persen dalam bahasa non-Inggris, dan menyertakan takarir bahasa Inggris yang akurat dan terbaca.
8. Penentu kreatif dari film sebagian besar warga negara peserta.
9. Menyertakan informasi terkini dan/atau akurat soal kewarganegaraan film yang dikirim, afiliasi bisnisnya, atau kredit dalam film, kredit yang ditentukan, detail produksi, dan informasi rilis.

Lanjut ke sebelah...

Tahapan Jadi Nominasi Best International Feature Film Oscar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA