Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam yang Asyik untuk Liburan

Kebingungan menyusun itinerary Bali? Di artikel ini Anda akan mendapatkan itinerary 4 hari 3 malam di Bali. Langsung cek, ya!

Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam yang Asyik untuk Liburan
-

Merencanakan liburan ke Pulau Bali tentunya sangat menyenangkan. Namun, tak jarang kita kebingungan menyusun rencana perjalanan karena banyaknya daya tarik wisata dan kegiatan yang bisa kita lakukan.

Akhirnya, waktu liburan di Bali jadi tidak maksimal dan hanya mengunjungi objek wisata yang itu-itu saja. Maka dari itu, supaya liburan berjalan lancar kita harus membuat itinerary terlebih dahulu.

Itinerary adalah rencana perjalanan yang dibuat secara terstruktur. Biasanya berisi daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi, jadwal kegiatan harian, transportasi yang digunakan, konsumsi, serta pengeluaran inti dan tambahan. Tujuannya, agar kita bisa memanfaatkan waktu dan budget dengan baik.


Membuat itinerary memang susah-susah gampang. Namun, Anda tidak perlu repot-repot membuatnya, detikcom sudah menyediakan itinerary bali 4 hari 3 malam yang bisa digunakan sebagai rencana liburan Anda.

Itinerary Bali yang Seru untuk Dieksplor

Pemerintah Republik Indonesia mulai melayani kembali penerbangan Internasional ke Bali, yang berlaku efektif pada 4 Februari 2022, ditandai dengan mendaratnya penerbangan inagurasi oleh pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Narita, Jepang, ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar.Foto ilustrasi: Kemenparekraf

Kalau berbicara tentang berwisata di Bali memang tidak ada habisnya. Tidak hanya pantai dan wisata bahari, Anda juga bisa datang ke daya tarik wisata lain seperti gunung, persawahan, danau sampai desa wisata. Mulai dari Bali Selatan dengan pantai pasir putih yang indah, sampai Bali Utara yang terkenal dengan wisata air terjunnya.

Bali Selatan memang sering menjadi pilihan wisata utama karena lokasinya yang tak jauh dari bandara. Namun, bagian Bali lainnya juga memiliki daya tarik wisata yang tak kalah menarik, lho. Supaya lebih jelas, simak penjabaran itinerary Bali dibawah ini, ya.

Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Hari Ke-1

Keberadaan monyet di sepanjang jalan kawasan Hutan Cekik, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali, kerap menarik perhatian pengendara yang melintas.Foto: I Ketut Suardika/detikBali

1. Melihat Satwa di Taman Nasional Bali Barat

Kalau berkunjung ke Bali pastikan kalian mengunjungi Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Ada sekitar 160 hewan dan tumbuhan yang dilindungi, seperti banteng, rusa, ayam hutan dan aneka burung.

2. Wall Diving di Pulau Menjangan

Setelah melihat satwa, jangan lupa mampir ke Pulau Menjangan yang dihuni oleh rusa atau kijang liar (menjangan). Letaknya tepat di sebelah timur laut Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini adalah salah satu spot wall diving (menyelam di jalur tebing bawah laut) terindah di Bali dan melihat keindahan biota bawah laut.

3. Wisata Religi di Pura Pulaki dan Pura Melanting

Kalau ke Bali, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pura. Pura Agung Pulaki adalah salah satu pura penting yang ada di Bali yang terletak di Jl. Singaraja-Gilimanuk, Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pura Melanting yang terkenal memiliki panorama indah. Bukit hijau dan pepohonan rimbun yang mengelilingi pura ini membuat suasana terasa sejuk dan bikin Anda betah berlama-lama.

Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Hari Ke-2

Pecinta kopi, cobalah datang ke Desa Munduk di Kabupaten Buleleng, Bali. Kamu dapat menyeruput kopi dengan bonus pemandangan menakjubkan.Foto: Rifkianto Nugroho

1. Menikmati Suasana Desa Munduk

Desa Wisata Munduk, masih sangat jarang diketahui oleh wisatawan. Keindahan alam khas pedesaan, perkebunan teh, kopi dan cengkeh adalah daya tarik dari desa ini. Uniknya, Anda juga dapat melihat warga lokal sedang memanen dan memproses hasil kebun.

2. Mampir ke Danau Tamblingan yang Cantik

Jika berkunjung ke Desa Munduk, jangan lupa berkunjung ke Danau Tamblingan. Daya tarik utama danau ini adalah fungsinya yang sering digunakan untuk keperluan keagamaan, tak heran kalau di kawasan danau ini masih terdapat banyak pura, seperti Pura Gubug, Pura Tirta Mengening, Pura Naga Loka, dan masih banyak lainnya.

3. Berkunjung ke 3 Spot Air Terjun

Di Desa Munduk terdapat 3 spot air terjun yang indah dan sayang untuk dilewatkan, yaitu Air Terjun Melanting, Air Terjun Red Coral dan Air Terjun Golden Valley. Air terjun ini letaknya saling berdekatan di tengah-tengah kebun cengkeh dan kopi. Oleh karena itu, suasananya masih terasa sejuk khas suasana pedesaan.

Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Hari Ke-3

Lumba-lumba di Pantai LovinaFoto: Rifkianto Nugroho/detikcom

1. Melihat Lumba-lumba di Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah salah satu pantai pasir hitam paling terkenal di Bali. Di pantai ini Anda bisa mencoba snorkeling, berenang atau sekedar bersantai saja. Daya tarik dari Lovina adalah ratusan lumba-lumba yang muncul ke permukaan setiap jam 6-8 pagi. Tentunya Anda harus datang sejak sebelum subuh untuk dapat melihat pertunjukan lumba-lumba tersebut.

2. Berendam di Kolam Renang Air Sanih

Setelah lelah jalan-jalan di pantai, berendam bisa jadi solusi terbaik untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Setelah ke Pantai Lovina, Anda harus coba berenang di Kolam Renang Air Sanih. Sumber air dari kolam ini berasal dari aliran air sungai bawah tanah, tanpa kandungan kaporit atau klorin. Selain itu, sumber airnya juga biasa digunakan untuk upacara keagamaan. Sambil berenang, Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Lovina.

3. Warisan Budaya Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun sudah dibangun sejak tahun 1930-an. Nama "Taman Ayun" artinya "taman yang cantik". Memang benar pura ini adalah salah satu yang terindah di Bali. Kompleks Pura Taman Ayun terdiri dari 3 bagian yang dihiasi dengan ukiran dan patung dewa. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Manusa Yadnya. Jika ingin berkunjung ke pura ini, sebaiknya sore hari agar tidak terlalu panas.

Itinerary Bali 4 Hari 3 malam Hari Ke-4

Air Terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terkenal di kawasan Bali Utara.Foto: Rifkianto Nugroho

1. Main Air di Air Terjun Gitgit

Air terjun Gitgit adalah air terjun bertingkat yang berada di Jl. Raya Bedugul, Singaraja. Daya tarik air terjun ini adalah kawasannya yang masih dikelilingi oleh pohon-pohon rimbun. Anda bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari berburu spot foto, berendam, bermain air atau sekedar menikmati pemandangan. Walaupun rute menuju air terjun ini masih sulit dilalui, justru itulah letak keseruannya.

2. Menikmati Pemandangan Air Terjun Mekalangan

Kalau sudah berkunjung ke Air Terjun Gitgit, jangan lupa mampir ke air terjun di sekitarnya, seperti Air Terjun Mekalangan. Air terjun ini tak kalah indah dengan Gitgit, namun lokasinya lebih tersembunyi. Air terjun ini sangat pas untuk tempat mandi dan berendam, karena memiliki air yang jernih.

3. Mandi Air Panas di Gitgit Hot Spring

Pemandangan di Gitgit Hot Spring begitu menakjubkan. Area kolam masih dikelilingi pepohonan rindang. Walaupun kolam renang umum, namun airnya sangat jernih. Anda juga cukup membayar seikhlasnya untuk mandi. Asik banget, kan?

Itulah itinerary Bali 4 hari 3 malam yang bisa kamu gunakan jika berkunjung ke Bali, terutama Bali bagian utara. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuat liburan Anda semakin seru, ya!

Simak Video "Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)