Ini Jajaran Film Peraih Piala Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah perfilman Hollywood, ternyata ada jajaran film yang tercatat sebagai peraih Piala Oscar terbanyak. Apa saja filmnya?

Ini Jajaran Film Peraih Piala Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

LOS ANGELES, investor.id – ‘Everything Everywhere All at Once’ mendominasi perolehan Piala dalam ajang Oscar Academy Awards ke-95 di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu waktu setempat (12/3/2023). Film bercerita tentang kisah yang tidak biasa tentang keluarga Tiongkok-Amerika yang menyelesaikan masalah mereka di berbagai dimensi ini berhasil meraih tujuh penghargaan dari 11 nominasi.

Baca juga: Menparekraf Dukung FinsCoin Biayai 4 Proyek Film Indonesia Senilai Rp 50 Miliar

Ketujuh penghargaan yang diraih adalah film terbaik, aktris terbaik Michelle Yeoh, sutradara terbaik Daniel Kwan & Daniel Scheinert, Best Film Editing, Best Original Screenplay, aktris pendukung terbaik Jamie Lee Curtis, dan aktor pendukung terbaik Ke Huy Quan. 

Sepanjang sejarah perfilman Hollywood, ternyata ada jajaran film yang tercatat sebagai peraih Piala Oscar terbanyak.  Jumlah tertinggi yang dimenangkan oleh satu film adalah 11, yang telah diraih oleh tiga film dalam 95 tahun sejarah penghargaan tersebut.

Advertisement

Baca juga: Daftar Film Romantis, Cocok Ditonton di Hari Valentine

Berikut jajaran film terbanyak mendapat penghargaan dalam sejarah Oscar:

1.     Lord of the Rings: The Return of the King (11 Penghargaan)

Film penutup trilogi Peter Jackson berdasarkan J.R.R. Novel Tolkien membawa pulang trofi terbanyak dari semua film di abad ke-21. Film tahun 2003 memenangkan semua 11 nominasinya termasuk gambar terbaik, sutradara, skenario adaptasi, penyuntingan, dekorasi set, desain kostum, tata rias, skor orisinal, lagu original, pencampuran suara, dan efek visual.

2.     Titanic (11 penghargaan)

Kisah romansa yang terkoyak oleh nasib kapal Titanic, film klasik James Cameron tahun 1997 yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini menyamai rekor 11 Oscar dengan membawa pulang film terbaik, sutradara, sinematografi, dekorasi set, desain kostum, editor film, skor, lagu, suara, pengeditan efek suara dan efek visual.

Baca juga: DCFX Raih Penghargaan Aplikasi Trading Terbaik 2022

3.     Ben-Hur (11 penghargaan)

‘Ben-Hur’ menunjukkan apa yang terjadi ketika seorang pangeran Yahudi, yang teman Romawinya mengkhianatinya dan menjadikannya budak, lapar akan balas dendam. Film tahun 1959 ini adalah yang pertama memenangkan 11 Oscar, untuk film terbaik, sutradara, aktor, aktor pendukung, sinematografi (warna), dekorasi set (warna), desain kostum (warna), penyuntingan film, skor, suara dan efek khusus.

4.     West Side Story (10 penghargaan)

Film klasik tahun 1961 yang menampilkan Rita Moreno ini menggambarkan kisah klasik ‘Romeo dan Juliet’ melalui lensa kota New York yang dimodernisasi. Ia membawa pulang 10 Oscar untuk film terbaik, sutradara, aktor pendukung, aktris pendukung, sinematografi (warna), dekorasi set (warna), desain kostum (warna), penyuntingan film, musik dan suara.

5.     The English Patient (9 penghargaan)

Seorang penyintas kecelakaan pesawat Perang Dunia II mulai mengalami kilas balik yang mengungkap perselingkuhan saat dia diasuh oleh seorang perawat muda. Romansa 1996, disutradarai oleh Anthony Minghella, mencetak sembilan kemenangan untuk film terbaik, sutradara, aktris pendukung, sinematografi, dekorasi set, desain kostum, penyuntingan film, musik dan suara.

Editor : Indah Handayani ([email protected])

Berita Terkait