Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 Malam

Gold Coast gak cuma pantai, banyak aktivitas seru lainnya!

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 Malam

Pengen liburan yang seru ke Australia tapi bosan dengan suasana kota metropolitan yang super cepat ritmenya? Kamu wajib pertimbangkan Gold Coast jadi tujuan liburanmu kali ini. Gold Coast adalah sebuah kota pantai di negara bagian Queensland, Australia. Letaknya sekitar 66 kilometer selatan-tenggara dari pusat ibu kota negara bagian Brisbane.

Di sana, kamu bisa menemukan kota yang tenang, kehangatan warga lokal, dan spot-spot wisata yang asyik. Bagi kamu yang pernah mencicipi liburan ke Gold Coast pun, tidak ada salahnya menengok lagi destinasi terbaru di kota ini. Sebab, dalam lima tahun terakhir saja, kota ini berkembang pesat dengan akomodasi wisata dan fasilitas yang kian beragam. 

Walaupun kota pantai, jangan hanya membayangkan spot berjemur di pasir, surfing, atau olahraga pantai lainnya. Gold Coast jauh lebih kaya daripada itu. Bahkan, mungkin turis mancanegara tidak membayangkan, ada wisata alam pegunungan yang dilingkupi rainforest di Gold Coast.

Supaya kamu punya lebih banyak gambaran untuk opsi liburanmu di Gold Coast, intip ide itinerary yang sudah IDN Times susun berikut ini. Kamu bisa contek atau sesuaikan dengan waktu liburan dan budget yang kamu siapkan ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata yang Wajib Kamu Coba Saat ke Gold Coast Australia

Day 1: Kawasan Mount Tamborine dan O’Reilly’s Rainforest Retreat

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamBandara Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

11.15 WIB Penerbangan ke Singapura dari Bandara Soekarno-Hatta.

Kamu bisa memilih penerbangan yang dirasa sesuai menuju Singapura. Jika memilih terbang dengan maskapai Scoot, jadwal penerbangan dari Jakarta menuju Singapura adalah pukul 11.15 WIB dengan lama penerbangan sekitar 1 jam 50 menit.

14.05 Waktu Singapura. Setibanya di Singapura, kamu akan transit dan menunggu penerbangan berikutnya ke Gold Coast. Kamu bisa menikmati wisata belanja di kawasan Bandara Changi dan Mall Jewels yang terkoneksi dengan bandara. Siap-siap untuk melakukan boarding dan prosesnya sekitar pukul 19.00.

21.00 Penerbangan menuju Gold Coast Australia, dengan durasi kurang lebih 8 jam 5 menit.

07.05 Tiba di Gold Coast (OOL) dengan penerbangan Scoot TR6 dan melakukan proses imigrasi serta pengambilan bagasi sekitar satu jam.

08.05 Perjalanan untuk sarapan di kawasan Mount Tamborine.

09.05 Sarapan sekaligus menelusuri Gallery Walk Mt Tamborine. Berlokasi di jantung Gunung Tamborine, sepanjang jalan Gallery Walk ini menawarkan toko-toko dan kafe. Kamu bisa temukan berbagai barang buatan lokal. Gallery Walk sayang untuk dilewatkan, terutama bagi kamu yang pertama kali mengunjungi Gold Coast. 

Ada lebih dari 70 toko dalam satu blok! Ada toko yang menjual segala sesuatu mulai dari fashion, perhiasan, seni industri rumahan, kerajinan tangan, hasil bumi, gerai ruang cicip anggur, cokelat, fudge, gerai makanan, dan kafe. Ada juga pasar akhir pekan dan barang antik yang luar biasa unik banget.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamO’Reilly’s Rainforest Retreat, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

11.00 Tiba dan check-in di O’Reilly’s Rainforest Retreat. Masuk ke villa dan beristirahat.

O'Reily's terletak di Taman Nasional Lamington yang terdaftar sebagai World Heritage, Gold Coast Hinterland. Kamu bisa memilih kehangatan dan pesona tradisional O'Reilly's Rainforest Retreat atau kemewahan pribadi di vila mandiri dengan pemandangan rainforest dan pegunungan.

13.00 Makan siang di restoran O’Reilly’s.

14.00 Flying Fox Adventure
Kamu perlu membawa sepatu tertutup, botol air, kamera, outfit nyaman, dan tabir surya. Siap-siap meluncur dari anjungan kanopi yang bertengger 25 meter di atas tanah rainforest. Jangan takut, kita akan diikat ke tali pengaman dan menuju ke Jalur Zip sepanjang 180 meter dengan pemandangan Morans Creek yang epik.

15.00 Lost World Spa

Ini bisa jadi tempat healing yang sempurna setelah lelah seharian. Kamu bisa bersantai, mengembalikan energi, juga 'escape' ke dunia rainforest yang rimbun, air terjun, dan pemandangan yang indah.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamSuasana sunset di O'Reilly's, Gold Coast, Australia. (IDN Times/Anata)

17.40 Sunset Experience.
Bawa jaket atau kardigan karena suhu di gunung bisa lebih sejuk.
Kamu akan mengambil posisi terbaik di salah satu titik tertinggi di kawasan ini untuk pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

19.00 Makan malam di Ruang Makan O'Reilly's. Ruang makan adalah tempat yang hangat untuk bersantap di O'Reilly's. Di sini kita cuma bisa menyantap makanan lezat tapi juga enak pilihan anggur termasuk anggur O'Reilly sendiri.

Bermalam di O’Reilly’s Rainforest Retreat.

Day 2: Eksplorasi alam, bertemu satwa endemik, hingga bercengkrama dengan Alpaca di kawasan O’Reilly’s Rainforest Retreat

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamTree Top Walk di O’Reilly’s Rainforest Retreat, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

08.00 Sarapan di O'Reily's Dining Room

09.00 Tree Top Walk
Ini adalah tree top world yang pertama dari aktivitas sejenis di Australia. Berjalan-jalan di rainforest dengan pemandangan dan udara yang segar. Jangan lupa menyiapkan kebutuhan saat berjalan kaki dari Villa, seperti kamera, botol air, topi, tabir surya, dan outfit yang nyaman.

Kamu juga akan menikmati serangkaian jembatan gantung setinggi 16 meter di atas tanah. Bagi kamu yang punya keberanian lebih, coba deh mendaki tangga menuju Strangler Fig. Pemandangannya bikin damai!

10.00 Wild Life Encounter
Di sini kita bisa belajar tentang hewan unik dan unik di Taman Nasional Lamington. Dapatkan pengalaman lebih dekat dan pribadi dengan Russ si Ular Karpet yang ramah, Maggie si murai imut, dan masih banyak lagi.

11.30 Check-out

12.30 Makan siang di Kebun Anggur Lembah Canungra O'Reilly's. 

Kita melanjutkan perjalanan menuju tempat makan siang dan mencicipi anggur di O'Reilly's Canungra Valley Vineyard. Grand Queenslander Homestead, dikelilingi tanaman merambat seluas tujuh hektar, terletak di Lembah Canungra yang rimbun.

Pengalaman piknik makan siang yang seru. Duduk di tepi sungai sampil mencicipi anggur, keranjang piknik adiboga berisi santapan Australia modern.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamO'Reilly's Canungra Valley Vineyard, Gold Coast (IDN Times/Anata)

14.00 Mountview Alpaca Farm Pty Ltd
Masih di lokasi yang sama, Mountainview Alpaca Farm untuk pengalaman bercengkrama bersama Alpaca selama 15 menit. Peternakan Alpaca masih berada di kawasan Taman Nasional Lamington, terletak di Gold Coast Hinterland di Canungra Valley Vineyards.

Di sini kita akan bermain dengan hewan khas, alpaka. Kita bisa memberi makan sambil berjalan-jalan dengan alpaka. Mereka hewan yang imut dan interaktif lho!

14.30 Menelusuri Gallery Walk di Mt Tambourine

Berlokasi di jantung Gunung Tambourine, sepanjang jalan Gallery Walk ini menawarkan toko-toko dan kafe. Kamu bisa temukan berbagai barang buatan lokal. Gallery Walk sayang untuk dilewatkan, terutama bagi kamu yang pertama kali mengunjungi Gold Coast. 

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamTamborine Mountain Coffee Plantation, Gold Coast, Australia (IDN TImes/Anata)

15.30 Tambourine Mountain Coffee Plantation.
Buat kamu pecinta kopi, tempat ini wajib kamu kunjugi. Sebuah tur perkebunan dan mencicipi kopi yang dibawakan oleh Sam Williams, sang General Manager. Biji kopi di sini, diklaim sebagai yang terbaik di Australia.

Terletak di Gold Coast Hinterland, Tamborine Mountain Coffee Plantation adalah salah satu dari sedikit tempat-tempat di dunia di mana kami dapat melihat di mana kopi ditanam, diproses, dan dipanggang semua di satu tempat. Semacam butik kebun kopi!

17.30 Check-in di Hotel QT Goald Cost
Kita akan masuk dan menyegarkan diri di hotel hype yang lively ini. Dari balkon hotel, kamu bisa menyaksikan pemandangan pantai yang tenang hingga neon. Bukan hanya kamar-kamar yang baru direnovasi dengan sentuhan kemewahan, QT juga punya inovasi kamar berbentuk kabin yang disebut qtQT cabin. Kamar-kamar jenis ini tidak kalah nyaman dan lengkap fasilitasnya, namun memiliki segmen yang berbeda dengan rate lebih terjangkau.

18.45 Makan malam dan pesta di area teras qtQT

Kamu bisa menikmati area teras ini bersama keluarga. Dengan camilan keju dan koktail sambil melihat langit berganti warna. Dilanjutkan dengan makan malam di mana kamu bisa merasakan pesta gaya keluarga dari dapur rooftop mereka

Bermalam QT Gold Coast.

Baca Juga: 5 Jawaban Mimpi Indahmu akan Terjawab Ketika Berlibur di Gold Coast!

Day 3: Seru-seruan naik HOPO Ferry dan Paradise Jet Boating keliling Gold Coast, gak lupa juga mampir ke Sea World!

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamHOPO Ferry di Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

08.30 Menikmati sarapan di Leisure in Bazar di QT

09.20 Berangkat QT untuk jalan kaki 750 meter ke HOPO Ferry.

Kamu bisa mengenakan pakaian kasual dengan topi, tabir surya, dan kenakan sepatu jalan yang nyaman. Hari ini kita akan menikmati perjalanan menyusuri kanal sambil duduk santai di HOPO Ferry. Kapal yang dibangun khusus ini diluncurkan pada 2020, untuk mengangkut penumpang di seluruh perairan Gold Coast

Ferry ini beroperasi 7 hari seminggu dan berhenti di 5 destinasi ikonik yakni Surfers Paradise, HOTA Rumah Seni, Marina Mirage, Southport Broadwater Parklands, dan Sea World Theme Park.

10.00 Naik Hopo Ferry di Appel Park Surfers Paradise

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Ini adalah pilihan paling menyenangkan untuk bepergian di Gold Coast. Ferry ini beroperasi 7 hari seminggu dan berhenti di 5 destinasi ikonik yakni Surfers Paradise, HOTA Rumah Seni, Marina Mirage, Southport Broadwater Parklands, dan Sea World Theme Park.

11.00 - 14.30 Sea World Theme Park
Banyak wahana yang bisa kamu coba di sini. Ada juga pertunjukan biota laut yang keren. Kamu juga bisa makan siang di sini.

Bagi kamu yang liburan bersama keluarga terutama anak kecil, mungkin bisa menghabiskan waktu seharian di sini. Tapi jika ingin mencoba beberapa spot HOPO dalam satu hari, kamu bisa setidaknya dua atau tiga jam di Sea World Theme Park.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamSea World Theme Park, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

14.55 -15.15 Kembali ke ke Ferry HOPO di Sea World, melakukan perjalanan dan turun di Marina Mirage.

15.30 Paradise Jet Boating

Sesampainya di perhentian Marina Mirage, kita bisa langsung menuju Paradise Jetboating  untuk merasakan pengalaman naik Jet Blast Jet Boat Ride melintasi Southern Broadwater di sekitar Wavebreak Island. Jet boat super cepat dan dipenuhi aksi berputar dan meluncur yang menyenangkan.

Kalau kamu suka adrenalin, coba perjalanan dengan Extreme Jet Boating. Kamu akan merasakan putaran penuh 360 derajat, melayang dengan kecepatan tinggi, beach buzzing yang yang luar biasa, dan manuver menarik hanya dalam jarak 10 cm. Pengemudi jet boat ini sangat jago bermanuver dan super fun dengan selera humor yang membawa penumpang merasakan perjalanan yang seru.

16.45 Kembali ke QT bersiap untuk naik kereta G-link. Perhentian paling dekat dari QT adalah Cypress Ave, hanya dalam hitungan kurang dari lima menit jalan kaki.

17.45 Jelajahi blok demi blok di Surfers Paradise dengan kartu Go Explore untuk naik trem atau kereta ringan G-link. Di sini kalian bisa mencoba turun di berbagai perhentian dan merasakan atmosfer Gold Coast dan melebur bersama penduduk sekitar. Berjalan santai di trotoar-trotoar kota, berbelanja di pertokoan, dan kembali naik G-link.

19.30 Makan malam di Shiraz Restoran & Bar Persia

Nikmati bahan rempah-rempah Persia seperti kunyit, delima, dan bayam yang meresap dalam sajian masakan. Makanan di sini cocok untuk turis muslim karena tidak mengandung bahan haram. Namun, bagi kalian yang tetap ingin menikmati koktail atau liquor, Shiraz tetap memiliki menunya. 

Kembali ke QT untuk bermalam.

Day 4: Uji adrenalin di SkyPoint Climb dan menjajal kuliner di Grandad Jack's dan Rick Shores

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamHOTA Farmers and Artisan Markets, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

07.45 Sarapan di QT

08.45 Check-out dari QT 

09.15 HOTA Farmers and Artisan Markets
Bertempat di 135 Bundall Road, Surfers Paradise, HOTA adalah salah satu pasar komunitas paling ramai di Gold Coast. Bukan hanya pasar akhir pekan, di sini juga ada galeri HOTA dengan berbagai koleksi baik dari seniman luar negeri maupun lokal.

Pasar ini diadakan setiap Minggu pagi sekitar jam 6 pagi sampai 11.30. Pasar petani HOTA super ramai dengan dengan hasil bumi segar musiman, makanan artisan lezat, busana butik, dan pakaian buatan tangan. Menyusuri gerai pasar ini, kita bisa melihat juga latar belakang area danau dan pemandangan menakjubkan. Warga lokal terlihat piknik dan bermain air di sana.

11.00 Setelah puas di pasar petani dan melihat koleksi di galeri HOTA, kita bisa berangkat menuju spot selanjutnya.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamSkypoint Climb – Q1 Building, Gold Coast, Australia (IDN TImes/Anata)

11.30 SkyPoint Climb – Q1 Building

Ini adalah salah satu destinasi paling ngetop di Surfer Paradise yang wajib banget kamu coba. Mendaki gedung tertinggi di Australia! Rasakan sensasi petualangan udara terbuka yang menakjubkan menuju puncak Q1 Resort Building. Ini adalah salah satu landmark paling terkenal di Queensland.

Dengan dek observasi tepi pantai satu-satunya di Australia, destinasi unik ini menawarkan pemandangan 360 derajat yang spektakuler. Kamu bisa dapat pengalaman wisata yang seru dan mendidik. Perjalanan 230 meter naik salah satu lift ekspres tercepat di dunia.

SkyPoint Climb Observation Deck ini punya SOP keamanan yang terjamin, jadi kamu gak perlu khawatir. Kamu akan dipinjamkan pakaian panjat lengkap dengan alat-alat pengaman. Jangan lupa, kamu harus memakai sepatu bersol karet tertutup seperti sepatu lari, olahraga, atau hiking. Kamu bisa sekaligus makan siang di tempat ini, dengan pemandangan cantik melalu kaca-kaca jendela di ketinggian ratusan meter dari permukaan tanah.

14.15 Pusat Perbelanjaan Pacific Fair
Jangan lupa sempatkan waktu berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan utama Gold Coasts. Pacific Fair Shoping Center punya lebih dari 400 toko untuk dijelajahi, santapan lezat, area bermain anak-anak, dan area resor outdoor tropis yang menampilkan sunbeds dan fitur air.

16.00 Check-in di Dorsett Gold Coast
Akomodasi ini terletak di jantung Pulau Broadbeach, secara pembagian waktu teluk ini sudah termasuk bagian New South Wales. Dia adalah bagian dari rekreasi kelas dunia The Star. Perpaduan nuansa stylish kota dengan tempat get lost tepi pantai. Di komplek ini ada berbagai fasilitas, mulai dari restoran, hotel, hingga kasino.

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamGrandad Jack's, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

17.30 Grandad Jack's

Ini adalah tempat hangout paling otentik dengan suasana yang hangat. Bukan cuma tempat distillery (penyulingan) anggur pertama di Australia, di sini bisa juga mencicip minuman sambil ngobrol seperti di kafe. Ini adalah usaha keluarga yang tetap mempertahankan gedung asli dan suasana penyulingan yang khas.

Kalau kamu ingin tahu sejarahnya, sang pemilik tak segan bercerita tentang sejarah kakeknya memulai usaha ini. Bukan cuma liquor, mereka juga punya produk coffee-liquor. Tempatnya nyaman dengan ornamen kayu yang hommy!

19.00 Makan malam di Rick Shores

Kalau kamu ingin mencoba makan malam di sini, kamu perlu reservasi sebelumnya. Soalnya, ini termasuk salah satu restoran paling diminati, terutama untuk santap malam. Gak heran sih, sebab bukan hanya pemandangan yang spektakuler secara visual tapi kamu juga bisa mendengar suara ombak sambil makan malam.  

Bermalam di Dorsett.

Baca Juga: 5 Spot Paling Seru dan Asyik di Mount Tamborine Queensland

Day 5: Menangkap kepiting di sungai Tweed dan bertemu koala yang menggemaskan di Currumbin Wildlife Sanctuary

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamCatch a Crab and The Oyster Shed, Gold Coast, Australia (IDN TImes/Anata)

07.30 Sarapan di The Dorsett Executive Lounge

(Sarapan lebih awal karena hari ini Dorsett termasuk lokasi dengan waktu New South Wales yang satu jam lebih awal daripada Queensland)

10.00 Catch a Crab and The Oyster Shed

Untuk mengikuti tur ini, kamu harus tiba 30 menit sebelum kapal berangkat. Lokasinya sudah berada di Queensland yang selisih satu jam dari hotel. Jangan lupa pakai outfit kasual seperti celana pendek, t-shirt, sandal, atau sepatu kets, juga topi dan tabir surya untuk perlindungan dari matahari.

Kita akan menyusuri Sungai Tweed untuk mendapatkan pengalaman menangkap kepiting dan tiram. Pimpinan kru bakal memberikan edukasi tentang kepiting dan tiram. Kamu juga akan langsung turun ke air dangkal, tempat para titam sembunyi di dalam pasir. Seru banget!

Bukan hanya itu, di sepanjang perjalanan pulang, kamu bisa juga memancing. Kamu juga bisa langsung menyantap hasil tangkapan kamu di restoran yang tersedia di basecamp tempat ini. Fresh!

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamCurrumbin Wildlife Santuary, Gold Coast, Australia (IDN Times/Anata)

14.00 Suaka Margasatwa Currumbin

Currumbin Wildlife Santuary adalah tempat satwa liar asli dan rainforest pesisir terkemuka di Gold Coast. Kamu bisa ketemu koala dan kanguru. Jangan lupa berfoto sambil menggendong koala. Bukan hanya bertualang seharian melihat koleksi satwa liar yang menarik, kamu juga bisa melihat pertunjukan spesies, penari Aborigin, bahkan flying fox beregu yang seru.

16.30 Mandi dan bersantai di Dorsett

18.45 Makan malam di Kiyomi, The Star

Makanan Jepang memang selalu jadi pilihan tepat. Sashimi yang disajikan di sini segar sekali. Foie gras dan koktail yang baru diracik. Menu di Kiyomi dibuat oleh
Kepala Eksekutif Chef Chase Kojima. Kiyomi cita rasanya modern tapi juga otentik
Tokyo. Pilihan bagus untuk menutup liburan di Gold Coast!

Bermalam di Dorsett.

Tak terasa ini malam terakhir ada di Gold Coast. Waktunya bersiap pulang dan packing semua oleh-oleh yang sudah dibeli di Pacific Fair.

Day 6: Pulang kembali menuju ke tanah air

Ide Itinerary Liburan ke Gold Coast, Australia 6 Hari 5 MalamPesawat Scoot rute Gold Coast Singapura (IDN Times/Anata)

06.00 Check-out dari Dorsett

08.20 Tiba di Bandara Gold Coast check-in untuk Penerbangan Scoot TR7.

14.10 Tiba di Bandara Changi Singapura (SIN) 1410. Durasi Penerbangan: 7 jam 50 menit.

Liburan ke Gold Coast, Queensland, Australia yang penuh dengan aktivitas seru selama 6 hari 5 malam jadi gak kerasa. Meski terkenal sebagai kota pantai, namun atraksi yang disuguhkan kota ini gak cuma itu-itu saja kok. IDN Times sudah membuktikannya sendiri. Kalau kamu puny rencana berlibur ke negeri kanguru, pastikan Gold Coast menjadi destinasi wisatamu selanjutnya ya!

Baca Juga: 8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan Berkesan