Heboh, Adegan Telanjang Romeo & Juliet Digugat Aktor

Para aktor film Romeo and Juliet garapan Franco Zeffirelli tahun 1968 menggugat Paramount Pictures. Ini karena adegan telanjang saat masih 15 dan 16 tahun

Heboh, Adegan Telanjang Romeo & Juliet Digugat Aktor
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Para aktor yang memerankan sepasang kekasih yang bernasib sial di film Romeo and Juliet garapan Franco Zeffirelli tahun 1968 menggugat Paramount Pictures. Mereka menuding telah terjadi pelecehan anak merujuk adegan telanjang singkat mereka di film itu.

Kala itu Olivia Hussey dan Leonard Whiting, kini berusia 70 tahunan, baru berusia 15 dan 16 tahun. Keduanya menyebut adegan kamar tidur di mana bokong dan payudara mereka terlihat saat itu merupakan eksploitasi seksual oleh studio film Paramount dan perusahaan bersalah karena mendistribusikan gambar telanjang remaja.

Mengutip AFP, dalam gugatan, dilaporkan bagaimana Zeffirelli yang meninggal pada 2019, membujuk keduanya untuk melakukan adegan itu seraya menyebut "gambarnya akan gagal". Awalnya ia bersikeras tidak akan ada ketelanjangan yang sebenarnya, karena kedua aktor akan ditutupi pakaian dalam berwarna daging, meski kenyataannya tidak.

"Tergugat tidak jujur dan diam-diam memfilmkan anak-anak di bawah umur yang telanjang atau sebagian telanjang tanpa sepengetahuan mereka, yang melanggar undang-undang negara bagian dan federal yang mengatur ketidaksenonohan dan eksploitasi anak di bawah umur untuk mendapatkan keuntungan," kata gugatan itu, dikutip Rabu (4/1/2022).

Mereka-pun menuntut ganti rugi ratusan juta dolar. Kedua artis mengklaim mereka mendapat penderitaan mental dan tekanan emosional dalam lima setengah dekade sejak film tersebut dirilis.

"(Paramount) memiliki gambar yang mereka tahu adalah gambar ketelanjangan di bawah umur yang harus dihapus dari film. Itu pasti akan menjadi awal," kata wakil para aktor, Solomon Gresen.

"Gambar anak-anak yang eksplisit secara seksual itu buruk dan tidak boleh ditoleransi," tambahnya.

"Jika mereka berusia di bawah 16 tahun, maka mereka di bawah 16 tahun. Ini adalah gambar seksual eksplisit dari orang di bawah umur, itu harus dilarang," tegasnya.

Belum ada tanggapan Paramount soal ini. Namun Hussey dan Whitting diketahui memenangkan Golden Globes untuk penampilan mereka di film itu.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Produksi Film RI Lebih Mahal Dibanding Malaysia, Kenapa?


(sef/sef)