Hari Kesehatan Jiwa Tanggal Berapa? Simak Sejarah dan Asal Usulnya serta Daftar Hari Penting di Bulan Oktober

BREAKINGNEWS : Hari Kesehatan Jiwa diperingati setiap tanggal berapa? Simak daftar hari penting lain yang juga diperingati pada bulan Oktober.

Hari Kesehatan Jiwa Tanggal Berapa? Simak Sejarah dan Asal Usulnya serta Daftar Hari Penting di Bulan Oktober
image

SEPUTARLAMPUNG.COM - Hari Kesehatan Jiwa diperingati setiap tanggal berapa? Simak daftar hari penting lain yang juga diperingati pada bulan Oktober.

Peringatan hari kesehatan jiwa atau kadang disebut juga dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia relatif masih baru.

Hari Kesehatan Mental Sedunia dirayakan pertama kalinya pada 10 Oktober 1992 atas prakarsa Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter.

Hingga tahun 1994, peringatan ini tidak memiliki tema khusus selain mempromosikan advokasi kesehatan mental secara umum dan mendidik masyarakat.

Baca Juga: WASPADA, Kenali Tanda Anda Mulai Kecanduan Media Sosial! Ini Tips Singkat dan Manfaat Jeda Dulu dari Medsos

Seiring waktu, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya masalah kesehatan mental, membuat peringatan hari penting yang satu ini juga dirasa semakin penting.

Kesadaran masyarakat yang masih belum optimal mengenai kesehatan mental membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kesehatan mental adalah salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling terabaikan.

Data WHO beberapa tahun lalu menyebutkan bahwa hampir 1 miliar orang di dunia memiliki gangguan kesehatan mental. Sebanyak 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat penggunaan alkohol yang berbahaya dan satu orang meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri.

Data WHO lain menyebutkan angka bunuh diri di dunia mencapai hampir 800 ribu jiwa setiap tahunnya, ini belum termasuk angka yang tidak tercatat secara resmi.