Google Search Terpopuler 2022: Apa Arti Bestie, Citayam Fashion Week

'Citayam Fashion Week' dan 'Apa Arti Bestie' mendominasi jajaran top google search 2022. Simak daftar pencarian favorit warganet RI lainnya.

Google Search Terpopuler 2022: Apa Arti Bestie, Citayam Fashion Week
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Google mengungkap 'Citayam Fashion Week' dan 'Apa Arti Bestie' jadi jawara kata kunci pencarian selama 2022. Apa lagi pencarian favorit lainnya?

Dalam ajang Year in Search 2022, Google merilis kata kunci apa saja yang paling sering dicari masyarakat Indonesia sepanjang 2022. Meski begitu, perusahaan tak menyertakan data jumlah pencariannya.

Termasuk Tren Penelusuran Keseluruhan, ada sembilan kategori pencarian yang diumumkan. Yakni, Mengapa, Apa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga.

"Year in Search 2022 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2022 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran," tulis Google dalam rilis resminya.

"Tahun ini pun tak lepas dari rasa duka akan beberapa musibah yang melanda dari tragedi "Kanjuruhan", "Eril ditemukan" hingga "Gempa" dahsyat yang menelan banyak korban jiwa," menurut keterangan Google.

"Terlepas dari semua itu, masyarakat Indonesia bersatu lebih dari sebelumnya. Hal ini dapat terlihat jelas ketika Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan 'G20', atau momen kreatif yang membuat kegembiraan bersama dan berkembang sepei 'Citayam Fashion Week' dan 'apa itu cepmek'," lanjut pernyataan itu.

Pertama, kategori Tren Keseluruhan, 'Apa arti Bestie' dan 'Citayam Fashion week' memimpin. Berikutnya, ada 'Gempa hari ini', 'G20', 'Deep talk', dan 'Love language'.

Urutan ketujuh hingga kesepuluh ditempati oleh 'Gerhana bulan', 'BLT BBM', 'NFT', serta 'Hepatitis akut'.

Kedua, kategori 'Mengapa'. Masyarakat Indonesia ternyata paling sering mencari dengan kata kunci antara lain 'Mengapa bumi bulat' serta 'Mengapa Rusia Ukraina Perang'.

Ketiga, kategori 'Apa', masyarakat Indonesia paling sering mencari 'Apa itu love bombing' serta 'Apa itu cepmek'.

Pada Year on Search tahun ini, Google untuk pertama kalinya merilis kategori 'Olahraga'. Dalam kategori ini, masyarakat Indonesia tidak hanya mencari soal olahraga melainkan hal yang berkaitan seperti kesehatan, nama penyakit, hingga tempat olahraga terdekat.

"Selain topik seputar kesehatan, keadaan ekonomi juga mencuri perhatian masyarakat mulai dari 'mengapa harga BBM naik' arti dari 'resesi' hingga 'blt bbm" tulis Google.

Lebih lanjut, untuk kategori 'Peristiwa Nasional' beberapa kata kunci yang dicari masyarakat Indonesia antara lain: minyak goreng, perubahan iklim, gempa hari ini, gejala omicron, kanjuruhan, eril ditemukan, Piala Presiden 2022, Persib, Hollywings, dan lokasi vaksin Covid terdekat.

(lth/arh)

[Gambas:Video CNN]