Game "Minecraft Classic" Bisa Dimainkan Gratis tanpa Instal, Begini Caranya

Minecraft Classic sendiri memang digratiskan oleh Mojang sejak 2019 lalu. Kini game tersebut bisa dimainkan tanpa perlu diinstal.

Game "Minecraft Classic" Bisa Dimainkan Gratis tanpa Instal, Begini Caranya
image

KOMPAS.com - "Minecraft" merupakan salah satu game yang paling laku di pasaran, dengan jumlah terjual sebanyak 238 juta kopi per April 2021.

Untuk memainkannya, game survival ini harus dibeli dulu dengan harga 29.99 dollar AS (sekitar Rp 448.000) di PC dan Nintendo Switch, Rp 279.000 di PlayStation 4, Rp 260.000 di Xbox, Rp 109.000 di perangkat Android, serta Rp 119.000 di iOS.

Selain versi berbayar, permainan sandbox ini juga memiliki edisi "Minecraft Classic" yang dapat dimainkan secara gratis tanpa harus menginstal aplikasi.

Pengguna hanya perlu mempersiapkan laptop atau komputer (PC), mesin peramban (browser), serta koneksi internet.

Baca juga: Setelah 11 Tahun, Bug Bandel di Game Minecraft Ini Akhirnya Diperbaiki

Apabila belum familier, "Minecraft Classic" adalah versi orisinal dari "Minecraft" yang diluncurkan pada 2009.

Versi klasik ini sudah tersedia di Windows, Mac, Linux sedari dulu dengan catatan pengguna sudah menginstal aplikasi pemrograman Java.

Pada akhirnya, Mojang selaku pengembang game tersebut merilis versi "Classic" secara cuma-cuma untuk mesin peramban di PC sejak 2019, sebagai perayaan hari jadi game tersebut yang ke-10.

Sebagai versi orisinal, pastinya fitur yang dimiliki juga terbatas. Contohnya saja mode bertahan hidup alias "Survival Mode" yang absen di versi lawas itu, sehingga pemain hanya bisa menjajal mode kreatif "Creative Mode" untuk mendirikan struktur bangunan dan lain-lain.

Cara main Minecraft tanpa instal

Nah, untuk mencoba "Minecraft Classic", pengguna bisa mengunjungi situs resminya lewat tautan berikut ini.

Perlu dicatat, gamers wajib menggunakan browser di PC untuk memainkan game ini. Jika membuka link di atas lewat perangkat mobile, maka pengguna bakal melihat tulisan "Sorry! This version of Minecraft requires a keyboard. Please try again on another device." (Maaf! Versi Minecraft ini membutuhkan keyboard. Coba gunakan perangkat yang lain).