Game Final Fantasy XVI Dibanned di Arab Saudi

VGAR Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka Game Final Fantasy XVI Dibanned di Arab Saudi karena beberapa hal yang tidak sesuai.

Game Final Fantasy XVI Dibanned di Arab Saudi

Baru – baru ini Age Classification of Electronic Games General Authority for Audiovisual Media atau VGAR Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka melakukan Banned untuk game Final Fantasy XVI.

Berbeda dari game – game sebelumnya yang memiliki rating Teen atau Remaja, game Final Fantasy XVI memiliki rating Mature atau Dewasa. Masih belum dijelaskan secara spesifik konten apa yang membuat game ini mendapatkan rating Dewasa oleh ESRB.

Game Final Fantasy XVI Dibanned Karena Terdapat Konten Dewasa?

Game Final Fantasy Xvi
Game Final Fantasy XVI

VGAR Arab Saudi mengumumkan pemberitahuan dibannednya game tersebut melalui akun sosial media Twitter mereka. Pada tweet tersebut, dijelaskan bahwa game dari Square Enix ini tidak rilis karena beberapa hal.

Tidak dijelaskan secara spesifik apa saja yang membuat game ini dibanned. Namun dapat dipastikan hal tersebut tentunya tidak sesuai dengan norma ataupun budaya di Timur Tengah. Pihak Square Enix juga dikatakan tidak mau memodifikasi hal – hal tersebut agar dapat rilis di Arab Saudi

Salah seorang pengguna Twitter dengan nama pengguna Super_HunTTer mengatakan bahwa terdapat satu atau dua adegan pendek yang diminta Arab Saudi agar dihapus, namun Square Enix menolak hal tersebut.

Oleh karena itu, Final Fantasy XVI dapat dipastikan tidak dapat rilis di Arab Saudi. Untuk mengapa game ini mendapat rating Dewasa mungkin dikarenakan bahasa, adegan dewasa, atau adegan kekerasan yang ada pada game.

Arab Saudi Memiliki Sistem Sensor yang Ketat

Gta V Dibanned Arab Saudi
Gta V Dibanned Arab Saudi

Arab Saudi sendiri memang memiliki peraturan dan sensor yang ketat karena negara ini memiliki nilai budaya dan agama yang kuat. Sebelumnya, game seperti seri God of War dan juga Grand Theft Auto (GTA) telah dibanned karena memiliki tema game yang terlalu dewasa.

Jika sebuah game tidak mengurangi unsur – unsur yang dilarang ataupun tidak sesuai dengan norma dan budaya di Arab Saudi, maka game tersebut tidak dapat rilis di Arab Saudi sama sekali.

Final Fantasy XVI dari Square Enix direncanakan rilis secara global pada tanggal 22 Juni 2023. Game ini akan rilis untuk platform PlayStation 5 dan akan menyusul untuk platform PC setelahnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]