Free Fire vs PUBG Mobile, Mana yang Cocok untuk HP RAM 2 GB?

HP RAM 2 GB lebih cocok dipakai untuk main Free Fire atau PUBGM ya? Begini analisanya.

Free Fire vs PUBG Mobile, Mana yang Cocok untuk HP RAM 2 GB?
image

Hitekno.com - Banyak orang berpikir jika memainkan game battle royale di mobile harus disertai dengan perangkat dengan spesifikasi dewa.

Padahal, beberapa game populer bahkan bisa dimainkan di perangkat dengan spesifikasi biasa saja lho. Dua diantara game yang sering dimainkan oleh pengguna HP kentang adalah Free Fire dan PUBG Mobile.

Baca Juga: - Melongo Lihat Bagian Belakang Mobil 70-an yang Dimodifikasi Ini, Netizen: Transformers Juga Bingung Ini Mah - 9 Syarat dan Cara Daftar IMEI HP dari Luar Negeri - 3 Cara untuk Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di HP Android dan iPhone

Ya, Free Fire dan PUBG Mobile memang menjadi dua game mobile paling berpengaruh dalam beberapa tahun terakhir. 

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Free Fire dan PUBG Mobile adalah mode Battle Royale-nya. Secara garis besar, gamers dapat menemukan banyak kesamaan di antara kedua game tersebut, baik itu di peta BR yang terisolasi, kelas senjata yang berbeda, atau pengalaman medan perang yang penting.

Namun, meski memiliki pola gameplay yang serupa, kedua game tersebut juga memiliki banyak fitur unik yang membedakan keduanya.

PUBG Mobile lebih membumi dan realistis dengan aksi medan pertempurannya, sedangkan Free Fire mencakup aspek bermain peran dengan kemampuan karakter.

Ketika berbicara tentang dua game tersebut, maka sebagian dari kamu akan bertanya tentang game mana yang kiranya lebih cocok dimainkan di HP RAM 2GB.

Tenang saja, Hitekno.com telah menemukan informasi tentang spesifikasi minimum untuk bisa memainkan Free Fire dan PUBG Mobile. Berikut adalah perinciannya:

Minimum spesifikasi perangkat untuk bermain Free Fire:

  • Versi Android minimum - Android 4.1 atau lebih tinggi
  • RAM - 1 GB (disarankan 2 GB)
  • Versi saat ini - 1.94.8
  • Ukuran Download - 363,93 MB (variabel)
  • Sumber daya yang dapat diunduh: Konten dalam game tambahan tersedia dengan ukuran file lebih dari 2 GB

Minimum spesifikasi perangkat untuk bermain PUBG Mobile:

  • Versi Android minimum - Android 5.1.1 atau lebih tinggi
  • RAM - 2 GB (disarankan 3 GB)
  • Versi saat ini - 2.3.1.16946
  • Ukuran Unduhan - 1,1 GB (tersedia juga dalam varian spesifikasi rendah dengan ukuran 559 MB)
  • Sumber daya yang dapat diunduh: Konten dalam game tambahan tersedia dengan ukuran file lebih dari 3 GB (tidak termasuk Paket Grafik Klasik)

Saat membandingkan persyaratan sistem minimum dan spesifikasi dari kedua game battle royale tersebut, terlihat jelas bahwa game Free Fire jauh lebih kompatibel dengan perangkat kelas bawah daripada PUBG Mobile. 

Meskipun PUBG Mobile juga menawarkan varian spesifikasi rendah sebagai APK, namun Free Fire menawarkan game aslinya dengan kualitas yang bersaing.

Memang, dua game ini akan mengalami penurunan kualitas dan grafis saat dimainkan pada perangkat RAM 2 GB. 

Namun, masalah frame drop dan lag dengan Garena FF tidak separah yang kamu kira kok. Ini berbeda dengan PUBG Mobile yang  menjadi tidak dapat dimainkan setelah beberapa waktu dengan kinerja lamban yang terus-menerus, meskipun menggunakan pengaturan serendah mungkin.

Selain gagap dan lemot, PUBG Mobile menyebabkan panas berlebih pada smartphone Android RAM 2 GB. 

FF juga menyebabkan panas pada ponsel, tetapi hasil keseluruhan tampak jauh lebih memuaskan, dan pemain dapat menikmati pengalaman bermain game yang lebih lancar tanpa harus khawatir merusak ponsel mereka.

Meskipun PUBG Mobile menawarkan lebih banyak fitur dalam game dan grafik yang lebih baik daripada Free Fire, tapi jika kamu hanya punya HP RAM 2GB, Hitekno.com sarankan lebih memilih untuk memainkan Free Fire saja.

Kontributor: Damai Lestari