Film Terbaru Tony Leung Jadi Wakil Hong Kong ke Oscar 2023

Where the Wind Blows, film terbaru Tony Leung dan Aaron Kwok jadi wakil Hong Kong ke Oscar 2023 untuk kategori Best International Feature Film.

Film Terbaru Tony Leung Jadi Wakil Hong Kong ke Oscar 2023
Jakarta, CNN Indonesia --

Where the Wind Blows, film terbaru Tony Leung dan Aaron Kwok terpilih untuk mewakili Hong Kong ke Oscar 2023 untuk kategori Best International Feature Film.

Where the Wind Blows dibintangi oleh Tony Leung, Aaron Kwok, Patrick Tan, dan Michael Chow dan menjadi salah satu film termahal dalam sejarah perfilman Hong Kong karena dikabarkan menghabiskan US$38 juta atau sekitar Rp579,6 miliar (US$1=Rp15.253,05) untuk proses produksinya.

"Sebagai orang Hong Kong yang lahir dan besar di sini, kisah Hong Kong ini memiliki arti yang berbeda bagiku dan membangkitkan perasaan yang berbeda," kata Leung dalam jumpa pers promosi di Festival Film Internasional Shanghai pada 2019 lalu, seperti dikutip NME.

https://www.nme.com/en_asia/news/film/hong-kong-submits-tony-leung-starring-crime-thriller-where-the-wind-blows-for-the-oscars-3319239

"Warnanya, peristiwanya. Saya memiliki hubungan yang mendalam dengan mereka, jadi berakting dalam cerita semacam ini memiliki makna tersendiri untuk saya," lanjut dia.

Film arahan sutradara Philip Yung itu mengisahkan empat petugas polisi korup di Hong Kong yang naik ke puncak kekuasaan pada 1960-an.

Where the Wind Blows sempat mengalami masalah terkait perilisannya. Film ini mulanya dijadwalkan rilis pada 2018, namun ditunda karena masalah dengan otoritas film Tiongkok.

Film tersebut lalu direncanakan untuk menjadi pembuka Festival Film Internasional Hong Kong 2021. Akan tetapi batal dan ditarik dari daftar tiga hari sebelum pemutarannya karena "alasan teknis".

Where the Wind Blows akhirnya tayang perdana pada awal Agustus dengan menjadi pembuka acara Festival Film Internasional Hong Kong ke-46.

Jika Hong Kong mengajukan film terbaru Tony Leung dan Aaron Kwok ke Oscar 2023, Indonesia akan diwakili oleh Ngeri Ngeri Sedap untuk kategori Best International Feature Film di Academy Awards ke-95 tahun depan.

Dalam pernyataan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang diketuai oleh Deddy Mizwar, mereka mengatakan telah mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus mulai Senin (12/9) pagi hingga petang dan dilanjutkan dengan diskusi anggota juri.

Sebanyak tujuh dari sembilan anggota Komite secara aklamasi memutuskan Ngeri-Ngeri Sedap untuk maju ke Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy dalam pernyataannya.

Ngeri Ngeri Sedap merupakan film drama komedi yang berlatar belakang kuat dari keluarga suku Batak di Sumatera Utara yang diarahkan sutradara Bene Dion.

Gif banner Allo Bank
(blq/chri)

[Gambas:Video CNN]