Film 'Ngeri-Ngeri Sedap' Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023

Film Ngeri-Ngeri Sedap akan mewakili Indonesia di ajang penghargaan Piala Oscar 2023 dan Academy Awards ke-95.

Film 'Ngeri-Ngeri Sedap' Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023
image
Jakarta, Insertlive -

Film Ngeri-Ngeri Sedap akan mewakili Indonesia di ajang penghargaan Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95.

Film garapan sutradara Bene Dion ini akan bersaing dengan film lain di kategori Best International Feature Film.

Dilansir dari Antara, Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang diketuai Deddy Mizwar menyampaikan hal tersebut.


Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 diisi oleh Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Film Ngeri-Ngeri Sedap menjadi karya komedi kedua asal Indonesia yang masuk ke Oscar setelah Nagabonar (1986).

Film Nagabonar menjadi film komedi pertama Indonesia yang masuk Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film.

"Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia," kata Ilham Bintang perwakilan Komite yang dilansir dari Antara pada Selasa (13/9).

Selain itu, komite juga sudah melakukan seleksi terhadap film-film yang akan dipilih untuk bersaing di Oscar.

Tujuh dari sembilan anggota Komite secara aklamasi memutuskan film Ngeri-Ngeri Sedap mewakili Indonesia di ajang Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar.

Keputusan Komite Seleksi Indonesia ini cukup mengejutkan karena film Ngeri-Ngeri Sedap memang belum pernah berkompetisi di festival internasional.

Tercatat, film Ngeri-Ngeri Sedap masuk nominasi Festival Film Bandung. Film ini menerima banyak respons positif dengan menerima lima nominasi termasuk kategori Film Bioskop Terpuji.

Film-film yang sebelumnya mewakili Indonesia di ajang Oscar adalah Yuni (2021), Perempuan Tanah Jahanam (2019), Turah (2016), Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), dan Kucumbu Tubuh Indahku (2018).

(ikh/ikh)

Tonton juga video berikut: