FFWI Dukung Keragaman Festival Film Di Indonesia

JAKARTA (Waspada): Ketua penyelenggara Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022, Wina Armada Sukardi mengatakan pihaknya mendukung penuh keragaman

FFWI Dukung Keragaman Festival Film Di Indonesia
image

JAKARTA (Waspada): Ketua penyelenggara Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022, Wina Armada Sukardi mengatakan pihaknya mendukung penuh keragaman festival film yang belakangan banyak tumbuh di Indonesia. Dengan beragamnya festival film yang memiliki kekhasan masing-masing, sangat bagus untuk pertumbuhan ekosistem perfilman Indonesia.

“Semakin banyak festival, sesungguhnya bakal semakin baik. Dengan demikian lebih banyak batu uji dan sudut pandang, sehingga membantu pemahaman terhadap perfilman Indonesia dan karya-karya film Indonesia,”ujar Wina dalam rapat terakhir Panitia FFWI sekaligus menandai pembubaran panitia di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Wina menggarisbawahi pentingnya ciri khas dalam setiap festival. Hal itu menjadi syarat penting kesuksesan sebuah festival di tengah keragamannya saat ini.

FFWI sendiri, lanjut Wina, punya ciri tersendiri. Berbeda dengan penyelenggaran festival film lain, pada FFWI film dinilai berdasarkan genre. Lantas setiap pemenang genre, diadu lagi untuk memperoleh Piala Gunungan khusus film Best of The Best atau film terbaik dari yang terbaik.

Ke depan, FFWI akan melakukan serangkaian perubahan besar-besaran, baik terhadap bentuk acara, sistem penjurian maupun struktur kepanitiannya.

”Rencananya akan lebih banyak wartawan perempuan dilibatkan sebagai penyelenggara FFWI,” ungkap Wina.

Susunan Panitia FFWI XIII Tahun 2023 akan diumumkan pertengahan Desember 2022 atau awal Januari 2023. Sedangkan dalam sistem penjurian para wartawan senior dari film dan kebudayaan akan diminta pula untuk menjadi juri.

“Selebihnya, tunggu waktunya,”imbuh Wina.

Dalam kaitan ini, Wina mengungkapkan, FFWI juga mendukung pembiayaan dana dari negara terhadap berbagai festival film yang ada.

”Ini bagian dari strategi pemajuan kebudayaan bangsa,” kata Wina.

Kendati begitu, Wina mengingatkan, tidak semua festival patut dibantu pendanaannya dari negara. Festival-festival film asing dan festival eksklusif yang tidak melibatkan masyarakat luas, tidak perlu diberikan pendanaan dari negara.

Panitia FFWI XII Tahun 2022 secara resmi dinyatakan dibubarkan sesuai dengan masa kerjanya. Terbentuk sejak Maret dan bekerja hingga November 2022, panitia berhasil menjalankan kegiatan dengan lancar.

Dalam acara pembubaran panitia diserahkan pula Piala Gunungan kepada para pemenang yang tidak sempat hadir dalam acara Puncak Malam Anugerah FFWI 2022 pada akhir Okrober 2022 di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta.

Tahun ini piala Best of The Best dimenangkan oleh film Ngeri-Ngeri Sedap. Sedangkan dua piala Life Time Achievement Award diberikan kepada Deddy Mizwar dari kalangan perfilman dan Wina Armada Sukardi dari unsur wartawan.(J02)


Festival Film Wartawan Indonesia FFWI 2022 Film Indonesia Panitia FFWI Wina Armada Sukardi
Editor: Dian W