Festival Film Wartawan Indonesia Putuskan 54 Film Pilihan

Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia yang menayang dari 1 Oktober 2021 sampai 30 September 2022

Festival Film Wartawan Indonesia Putuskan 54 Film Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia yang menayang dari 1 Oktober 2021 sampai 30 September 2022, baik tayang di bioskop maupun di Over The Top (OTT).

Daftar 54 judul film tersebut telah diserahkan Ketua Bidang Penjurian FFWI 2022 Yan Widjaya kepada Ketua Juri Awal, Irwan Kintoko pada Sabtu, 24 September 2022.

Ketua Dewan Juri Awal FFWI, Irwan Kintoko, dalam keterangannya kepada pewarta menegaskan Dewan Juri Awal siap menilai seluruh 54 film pilihan sesuai dengan jadwal.

Kintoko yakin, Dewan Juri Awal yang seluruhnya terdiri dari wartawan di beberapa kota di Indonesia itu bakal bersikap profesional. “Makanya bukan tidak mungkin terjadi debat keras antara sesama Dewan Juri Awal untuk menentukan nominasi masing-masing genre,“ kata Irwan Kintoko.

2 dari 4 halaman

Dibagi dalam Tiga Genre

Ke 54 film tersebut terbagi dalam tiga genre yakni, Drama (30 film), Komedi (13 film) dan Horor (11 film). Pada FFWI XII tahun ini ternyata juga belum menyertakan genre laga.

Dalam rapat Panitia FFWI 2022 yang digelar di Hotel Swissbellin, Bogor, Jawa Barat bersama Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek 22-24 September 2022, telah jatuh putusan, genre film laga tahun ini kembali tidak disertakan dalam FFWI 2022, karena jumlah film yang masih kurang.

Film kategori laga yang masuk perhitungan FFWI 2022 hanya empat dari semula diprediksi ada 11 judul. “Tiga Judul Clandeistein, Kamu Tidak Sendiri dan Paranoia setelah melalui perdebatan sengit, dialihkan ke genre lain,” kata Ketua Bidang Penjurian Yan Widjaya.

3 dari 4 halaman

Film yang Dinilai Tahun Depan

Sedangkan tiga judul lainnya Sri Asih, Ahsiap Man dan Preman, tambah Yan Widjaya, ternyata tayang setelah batas penilaian, sehingga bakal dinilai tahun depan.

Dengan demikian, lantaran jumlah film laga masih di bawah lima judul sebagai ambang batas, maka genre ini belum bisa diikutsertakan dalam FFWI 2022.

Kasus ini sama dengan genre film animasi yang baru menghasilkan tiga judul, yakni: Nussa, Si Juki Anak Kosan, dan Si Juki Anak Kosan 2.

4 dari 4 halaman

Thriller Digabungkan ke Horor

Sementara itu, genre thriller atau film tegang, tahun ini digabungkan dengan genre horor, atau yang lebih kental nuansanya hingga bisa juga ke drama.

Sebagai contoh film Kadet 1947, film berlatar Perang Udara ini, atas berbagai pertimbangan dimasukkan ke dalam genre drama bukan laga.

Nominasi hasil kerja Dewan Juri Awal akan dimumumkan pada pada 21 Oktober 2022. Sedangkan para pemenang FFWI bakal ditayangkan 28 Oktober mendatang.