Festival Film Internasional Busan Segera Digelar, Ternyata Ada Film Indonesia yang Bakal Diputar di BIFF 2022 - Pikiran-Rakyat.com

Festival Film Internasional Busan (BIFF) akan kembali digelar pada bulan Oktober 2022 setelah bertahun-tahun terkendala pandemi Covid-19.

Festival Film Internasional Busan Segera Digelar, Ternyata Ada Film Indonesia yang Bakal Diputar di BIFF 2022 - Pikiran-Rakyat.com
image

PIKIRAN RAKYAT - Festival Film Internasional Busan (BIFF) akan kembali digelar pada bulan Oktober 2022 setelah bertahun-tahun terkendala oleh pandemi Covid-19.

BIFF 2022 merupakan acara bergengsi di Asia yang akan diadakan pada tanggal 5-14 Oktober 2022 di kota pelabuhan selatan Busan, menampilkan 243 film dari 71 negara.

Sederet film pilihan akan ditampilkan di tujuh bioskop di Busan, termasuk Busan Cinema Center, lokasi utama BIFF 2022.

Festival Film Internasional Busan mengatakan semua acara dan pemutaran yang direncanakan akan diadakan dengan kapasitas penuh dengan 100 persen tempat duduk tersedia seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Baca Juga: Reza Gunawan Meninggal Dunia, Sang Adik Ungkap Ruangan yang Berbau Harum Bunga

Sebelumnya, upacara pembukaan tatap muka berlangsung dengan protokol kesehatan ketat terhadap pedoman social distancing.

Film drama Iran ‘Scent of Wind’ oleh Hadi Mohaghegh akan membuka BIFF tahun ini, dan ‘A Man; karya sutradara Jepang Kei Ishikawa akan ditayangkan terakhir.

Dua film akan ditayangkan di Gala Presentation yang bergengsi yaitu ‘Nobody's Hero’ karya Alain Guiraudie dari Prancis dan ‘Scarlet’ karya Pietro Marcello dari Italia.

Adapun 20 film dalam kompetisi ‘New Currents’ tahun ini, termasuk ‘A Wild Roomer’ oleh sutradara Korea Lee Jeong-hong, ‘Shivamma’ oleh Jaishankar Aryar dari India dan ‘Thousand and One Nights’ oleh Nao Kubota dari Jepang, mereka akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan tersebut.