Dua HP Realme Ini Dapat Update Realme UI 4.0 Berbasis Android 13

Update Realme UI 4.0 berbasis Android 13 menghadirkan sejumlah fitur baru.

Dua HP Realme Ini Dapat Update Realme UI 4.0 Berbasis Android 13

Hitekno.com - Perusahaan telah menggulirkan update User Interface atau antarmuka terbaru pada sejumlah smartphone kelas menengah. Dua HP Realme ini baru saja memperoleh update Realme UI 4.0 berbasis Android 13.

Perlu diketahui, perusahaan sebelumnya mengenalkan Realme UI 4.0 saat perilisan Realme 10 Pro pada 8 Desember di pasar global.

Baca Juga: - 8 HP dengan Radiasi Tertinggi, Ada Sony Xperia Hingga Oppo Reno - Apa Perbedaan eSports dan Game? Petinggi Garudaku Ungkap 5 Poin Pembedanya - Turun Rp 700 Ribu, Ini Update Harga Realme 8i Terbaru dan Versi Second-nya

Dua HP Realme yang memperoleh update antarmuka terbaru berbasis Android 13 adalah Realme 9 Pro dan Realme 9i 5G.

Update masih diluncurkan ke sejumlah pengguna. Meski begitu, perusahaan akan menyediakan update ke pengguna yang lebih banyak secara bertahap.

Realme 9 Pro memperoleh update Realme UI 4.0 dengan versi firmware RMX3471_11.C.08. Cukup aneh, Realme 9i 5G juga menerima pembaruan dengan versi firmware sama. Perusahaan kemungkinan salah ketik saat mempublikasikan pengumuman.

Realme 9 Pro dapat update Realme UI 4.0 berbasis Android 13. (Realme)
Realme 9 Pro dapat update Realme UI 4.0 berbasis Android 13. (Realme)

Kabar update Android 13 ini diunggah oleh Realme melalui situs resmi Realme Community. Perangkat lunak bakal meluncur secara acak menuju 15 persen pemilik smartphone.

Jika tidak ditemukan bug, update lebih luas akan tersedia pada akhir Desember 2022. Dikutip dari Gizmochina, Realme mengungkap bahwa perangkat kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama untuk booting pertama kali, terutama jika banyak aplikasi pihak ketiga yang diinstal.

Setelah update, smartphone dapat menghabiskan lebih banyak daya untuk beberapa waktu. Ini karena sistem akan menggunakan lebih banyak CPU, memori, dan sumber daya lain.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Realme UI 4.0 membawa sejumlah fitur baru dan peningkatan di sektor tertentu.

Update antarmuka meningkatkan performa sebesar 10 persen, suhu maksimum berkurang 1 derajat Celcius, dan masa pakai baterai selama bermain game meningkat sebesar 4,7 persen.

Realme mengklaim bahwa Realme UI 4.0 memungkinkan pengguna menjalankan 18 aplikasi secara bersamaan.

Deretan fitur yang ditawarkan termasuk Dynamic Computing Engine, Quantum Animation Engine 4.0, folder lebih besar, kustomisasi Home Screen Widget anyar, Multi-screen Connect, Auto Pixelate, dan Private Safe.

Untuk mengecek apakah update Realme UI 4.0 berbasis Android 13 sudah tersedia di HP Realme atau tidak, kalian bisa mengecek secara berkala melalui menu Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak.