Dorong Industri Kreatif Nasional, Sandiaga Temui Bos CJ ENM di Korsel

Pada pertemuan yang bertujuan mendorong industri film dan musik nasional itu, Sandiaga menyampaikan beberapa tawaran kerja sama pada CEO CJ ENM, Koo Chang-Gun.

Dorong Industri Kreatif Nasional, Sandiaga Temui Bos CJ ENM di Korsel
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan CEO CJ Entertainment and Merchandising (CJ ENM) selaku perusahaan hiburan dan ritel Korea Selatan, Koo Chang-gun di Seoul pada Kamis (4/5).

Pada pertemuan yang bertujuan mendorong industri film dan musik nasional itu, Sandiaga menyampaikan beberapa tawaran kerja sama, mencakup acara televisi, film, musik, konten digital, hingga animasi. Sandiaga yakin, dengan kerja sama sektor ekonomi kreatif kedua negara akan dapat bertumbuh.

"Kami suka sekali dengan karya-karya dari CJ ENM, mulai dari film, musik dan pertunjukan. Karena itu kami ingin leih dekat dan menjalin kerja sama dengan CJ ENM," kata Sandiaga dalam perjumpaan dengan Koo Chang-gun.

Di sisi lain, Koo Chang-gun pun menyatakan menyambut tawaran kerja sama. Koo Chang-gun mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir CJ ENM secara agresif mendorong pertumbuhan dunia hiburan di Korsel.

Salah satunya, lewat investasi senilai lebih dari USS4,5 miliar untuk pembuatan konten selama lima tahun sejak 2021.

Menurut Koo Chang-gun, kerja sama dengan pemerintah Indonesia sejalan dengan visi perusahaan untuk memperluas bisnis di luar Korea Selatan.

"Terima kasih atas penawaran kerjasama yang sangat menarik ini, kami menyambut baik dan berharap kerja sama yang terjalin mampu menggeliatkan industri film, musik, dan seni pertunjukan Indonesia-Korea Selatan," kata Koo Chang-gun.

Nama CJ ENM sendiri menjadi sangat populer antara lain setelah film Parasite dirilis dan meraih berbagai penghargaan dunia. Baru-baru ini, mereka memperluas struktur multi-studio secara internasional dan meluncurkan CJ ENM Studios yang berfokus pada produksi konten untuk platform OTT di Korea dan global.

Selain itu, CJ ENM juga memperluas bisnis digital dan teknologi melalui investasi di Amerika Serikat, serta menjalin kemitraan bersama Line Digital Frontier di Jepang, berbasis joint venture dengan Studio Drago Japan.

Adapun salah satu film produksi CJ ENM, Confidential Assignment 2: International, meraup hampir US$49 juta di tengah pemulihan box office lokal.

(rea)

[Gambas:Video CNN]