Dikunjungi Jokowi Saat Lebaran, Ini Itinerary 3 Hari di Labuan Bajo Halaman all

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan dan berwisata ke Labuan Bajo, NTT, saat libur Lebaran 2023. Simak itinerary-nya berikut ini. Halaman all

Dikunjungi Jokowi Saat Lebaran, Ini Itinerary 3 Hari di Labuan Bajo Halaman all

KOMPAS.com - Saat libur Lebaran 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), selama beberapa hari.

Tepatnya, Jokowi bersama keluarga dan cucunya, Jan Ethes, berkunjung sejak Sabtu (22/4/2023) hingga hari ini, Selasa (25/4/2023). 

Baca juga:

Menurut informasi Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, Presiden Jokowi datang dalam rangka liburan sekaligus mengecek kesiapan final KTT ASEAN Summit yang digelar mulai Selasa (9/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023) mendatang. 

"Cek lokasi wisata, venue (lokasi) acara, tes makanan, tes kapal, dan lainnya," kata Shana, seperti dilaporkan Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Jika berencana berkunjung ke Labuan Bajo, namun belum menyusun rencana perjalanan, berikut Kompas.com himpun itinerary ala Presiden Jokowi yang bisa jadi rekomendasi. 

Itinerary Labuan Bajo ala Presiden Jokowi

Hari pertama

Menikmati sunset di Puncak Waringin

Puncak WaringinKemenparekraf Puncak Waringin

Tiba saat sore hari di Labuan Bajo, tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Puncak Waringin.

Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Pada sore hari, Puncak Waringin kerap dipadati para wisatawan.

Terletak di atas bukit, wisatawan bisa berfoto dengan latar waterfront, laut, dan gugusan pulau kecil, seperti dilaporkan Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Wisatawan juga bisa melihat para nelayan yang mengayuh perahu ke pelabuhan Labuan Bajo. Kegiatan ini bisa dilakukan sembari menyeruput kopi dan melihat panorama matahari terbenam.

Baca juga:

Menginap di Hotel Meruorah

Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT Indonesia Ferry Properti. Hotel ini akan menjadi venue KTT ASEAN 2023 pada Mei mendatang.Meruorah Labuan Bajo Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT Indonesia Ferry Properti. Hotel ini akan menjadi venue KTT ASEAN 2023 pada Mei mendatang.

Salah satu pilihan tempat menginap ala Jokowi adalah di Hotel Meruorah, yang sudah berganti nama dari sebelumnya Hotel Inaya Bay Komodo. 

Hotel ini berlokasi dekat Puncak Waringin, atau sekitar 800 meter, dan menjadi pintu bagi para wisatawan yang ingin menjajal aktivitas island hopping (menjelajahi pulau), seperti dilaporkan Kompas.com (25/4/2023). 

Baca juga: Intip Fasilitas Venue KTT ASEAN 2023, Hotel Meruorah di Labuan Bajo

Hotel ini memiliki lima tipe kamar, yakni The Signature Hill View, The Signature Sea View, The Horison Hill View, The Phinizy, dan The Horison Sea View, dengan tarif menginap mulai dari Rp 1,5 juta per malam. 

Hotel Meruorah berjarak sekitar 2,5 kilometer (km) dari Bandara Internasional Komodo dengan waktu tempuh kira-kira tujuha menit jika menggunakan kendaraan.

[embedded content]