Datang di Premiere Film Kembang Api, Sutradara dan Aktris Jepang Iri Lihat Kehebohan Penonton Indonesia

Sutradara dan aktris Jepang ikut menghadiri premier film Kembang Api, alami gegar budaya melihat penonton film Indonesia memenuhi bioskop.

Datang di Premiere Film Kembang Api, Sutradara dan Aktris Jepang Iri Lihat Kehebohan Penonton Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Sutradara Yoshio Kato dan Aktris Shinobu Tsuji turut hadir dalam premiere film Kembang Api di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan. Keduanya hadir sebagai perwakilan dan wujud terima kasih atas remake film 3ft Ball & Soul.

“Saya sangat bangga dan ingin memohon maaf karena tidak mempersiapkan apa pun untuk acara ini. Saya sangat mengapresiasi Falcon Pictures yang telah mempersiapkan (acara premiere) seperti ini,” ujar Sutrada Yoshio Kato dalam konferensi pers, Rabu, 22 Februari 2023. “Rasanya bahagia dan menjadi suatu kehormatan karena dapat dipanggil ke Indonesia (untuk promosi film).” 

Antusiasme Penggemar Indonesia Bikin Iri Sutradara Jepang

Yoshio Kato menyatakan iri melihat antusiasme penggemar Indonesia yang memenuhi kursi bioskop. "Ada rasa iri karena begitu banyak penggemar yang sangat suka menonton bioskop dilihat dari persentase perfilman," tutur Yoshio Kato lewat penerjermah.

Aktris Jepang, Shinobu Tsuji merasakan gegar budaya melihat kehebohan penonton selama film berlangsung. "Hal yang mengagetkan saat di sini karena ketika di Jepang kalau nonton bioskop enggak sampai seseru ini," ujarnya.

Dinamika respon yang dikeluarkan oleh penonton Indonesia selama film memberikan perasaan tambahan bagi aktris kelahiran 1968 tersebut.  "(Di Jepang) kalau lucu biasa saja, sedih juga biasa saja, tetapi di sini sangat heboh ya. Hal tersebut membuat saya merasa 'wah' saat melihat dan menyaksikan kondisi di bioskop ini," kata dia. 

imagePoster Film Kembang Api. Foto: Falcon Pictures. 

Film Kembang Api Terinspirasi dari Kisah Nyata Yoshio Kato

Film asli Jepang 3ft Ball & Soul berasal dari kisah nyata yang dialami oleh Yoshio Kato. "Cerita pada film diambil dan terinspirasi dari pengalaman bunuh diri yang dilakukan oleh kakak laki-laki saya. Saya sedang menelepon kakak, tidak lama kemudian suaranya menjadi tidak jelas," tutur Yoshio Kato lewat penerjermah.

Film Kembang Api merupakan hasil remake dari 3ft Ball & Soul. Kedua film ini mengangkat isu sensitif terkait bunuh diri dan diharapkan dapat memberikan inspirasi positif terkait isu kesehatan mental bagi publik. Film Kembang Api tayang di bioskop Indonesia pada 2 Maret 2023.

GABRIELLA AMANDA

Pilihan Editor:  Film Kembang Api Bicara Soal Kesehatan Mental, Tayang di Bioskop Mulai 2 Maret 2023

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.