Dakwaan Pembunuhan Akan Batal, Pihak Halyna Lanjut Gugat Alec Baldwin

Keluarga Halyna Hutchins akan lanjut gugat Alec Baldwin usai tahu dakwaan pembunuhan tak sengaja akan dibatalkan.

Dakwaan Pembunuhan Akan Batal, Pihak Halyna Lanjut Gugat Alec Baldwin
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Keluarga mendiang Halyna Hutchins bakal tetap melanjutkan gugatan terhadap Alec Baldwin. Langkah itu dipastikan kuasa hukum keluarga sinematografer itu menyusul dakwaan pembunuhan tak sengaja Alec Baldwin akan dibatalkan.

"Baldwin mungkin berpura-pura tidak bertanggung jawab dalam menarik pelatuk dan mengeluarkan peluru tajam yang mengakhiri hidup Halyna," kata Gloria Allred selaku pengacara keluarga Halyna Hutchins seperti diberitakan Deadline, Sabtu (22/4).

"Dia bisa lari ke Montana dan berpura-pura hanya seorang aktor dalam film barat yang liar, tetapi, dalam kehidupan nyata, dia tidak dapat melarikan diri dari kenyataan memiliki peran utama dalam tragedi yang memiliki konsekuensi kehidupan nyata."

Gloria Allred mewakili orang tua Halyna Hutchins, Olga Solovey dan Anatolii Androsovych, serta saudara perempuan mendiang, Svetlana Zemko.

Namun, ia tak mendetailkan tuntutan perdata atau gugatan sipil yang akan diajukan atas Alec Baldwin. 

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, pengacara Baldwin menyatakan langkah tersebut "salah arah" dan dipastikan tidak mungkin lolos dari pengawasan hukum.

Dalam Rust, Baldwin memegang peran sebagai bintang sekaligus produser film itu. Ia juga disebut telah mencapai kesepakatan dengan pasangan Halyna Hutchins. Namun, kuasa hukum merahasiakan kesepakatan itu.

Baldwin dijadwalkan hadir di pengadilan pada 3 Mei untuk sidang pendahuluan, tetapi dakwaan tersebut secara resmi ditarik pada Jumat (21/4), setelah jaksa menerima "informasi lain".

Sebelumnya jaksa menuding Baldwin dengan lalai menggunakan senjata api Colt.45 selama persiapan syuting Rust di Bonanza Creek Ranch. Baldwin menyatakan dia tidak menarik pelatuknya, dan tidak tahu pistol itu bisa berisi peluru tajam.

Namun, berdasarkan sumber, informasi baru menunjukkan Colt.45 yang dipegang Baldwin sudah dimodifikasi sebelum penembakan terjadi. Hal itu membuat Kejaksaan Wilayah sulit membuktikan bahwa Baldwin benar menarik pelatuk.

Sementara itu, pembuat senjata film tersebut Hannah Gutierrez-Reed tetap didakwa dengan dua tuduhan pembunuhan tidak disengaja.

Syuting film Rust pun sudah dilakukan kembali di Montana. Sutradara Joel Souza menilai langkah itu "bittersweet" dan bersumpah menyelesaikan film tersebut atas nama Halyna Hutchins.

"Tidak ada senjata api yang berfungsi atau amunisi yang diizinkan di lokasi syuting untuk film tersebut, yang diperkirakan selesai pada Mei ini," kata Joel Souza.

(chri)

[Gambas:Video CNN]