Daftar Festival Film yang Digelar di Indonesia

Daftar Festival Film yang Digelar di Indonesia
image

12 November 2022 09:32

Perhelatan festival film semakin hari semakin lumrah terutama di Indonesia. Dulu Festival Film Indonesia (FFI) adalah satu-satunya festival yang dengan konsisten menjadi penanda bagi pencapaian film Indonesia setiap tahunnya. Namun kini banyak sekali festival film yang melakukan usaha serupa. Banyaknya festival film tersebut disertai keragaman penempatan diri.

Berikut 6 deretan festival film yang digelar di Indonesia:

1. Festival Film Wartawan Indonesia

Anugerah Piala Gunungan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022 sudah memasuki tahun ke-12 selama penyelenggaraannya sejak 2010. Penghargaan ini diberikan oleh wartawan di seluruh Indonesia untuk mendukung sineas pembuat film yang ada di Indonesia. Penghargaan ini juga didukung penuh oleh Kemendikbusristek Republik Indonesia.

2. Jakarta Film Week

Sebelum Festival Film Wartawan, Jakarta Film Week hadir untuk memenuhi kerinduan para penggemar. Jakarta Film Week 2022 yang mengusung tema "Emerge" diharapkan menjadi bentuk perayaan bagi kebangkitan film Indonesia setelah sempat terpuruk karena pandemi covid-19. 

3. Sundance Film Festival: Asia 2022

Untuk pertama kalinya, Sundance Film Festival: Asia 2022 dihadirkan secara offline di Jakarta. Selain menyediakan ruang untuk berdiskusi, festival tersebut juga menyediakan meet and greet dengan beberapa sutradara film yang akan ditayangkan pada film screen selama festival film berlangsung. 

4. Japanese Film Festival 2022

Setelah tahun lalu digelar secara daring, Japanese Film Festival atau JFF 2022 kembali bisa diikuti secara langsung. Acara tahunan itu bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir pekan sambil menonton film. Festival tersebut selain menambah tontonan film juga bisa menambah wawasan para penonton untuk mengenal budaya Jepang.

5. Eagle Award 2022

Eagle Award merupakan ajang kompetisi bagi insan perfilman Indonesia terutama generasi muda yang mengkhususkan pada film dokumenter yang diselenggarakan oleh Metro TV. Melalu Eagle Award, Metro TV menyediakan wadah dan memfasilitasi pemuda kreatif untuk kritis terhadap sebuah fakta peristiwa dan masalah yang terjadi di dalam masyarakat luas. 

6. World Cinema Week

Pagelaran festival film World Cinema Week menghadirkan film terbaik dari 38 negara. Film-film yang hadir di World Cinema Week merupakan film pilihan yang sudah ditunggu penayangannya di Indonesia.