Cinta Laura dan Putri Marino Bakal Hadir di Red Carpet Cannes 2023, Representasikan Perempuan Indonesia di Industri Film

Cinta Laura Kiehl dan Putri Marino dua ikon perfilman Indonesia, akan menghadiri red carpet Festival Film Cannes 2023 pada 26-27 Mei 2023.

Cinta Laura dan Putri Marino Bakal Hadir di Red Carpet Cannes 2023, Representasikan Perempuan Indonesia di Industri Film

Liputan6.com, Jakarta - Kabar membanggakan datang dari Cinta Laura Kiehl dan Putri Marino yang akan menghadiri red carpet Cannes Film Festival 2023 pada 26-27 Mei 2023. Dua ikon lokal perfilman Indonesia itu akan hadir bersama spokesperson global L'Oréal Paris dan aktris ternama dunia seperti Kate Winslet, Eva Longoria, Gemma Chan, Aishwarya Rai, Jane Fonda dan lainnya.

Cinta Laura merasa terhormat bisa mewakili Indonesia di Cannes Film Festival 2023 dan bertemu dengan spokesperson L'Oréal Paris lainnya. "Sebagai perempuan, kita semua berjuang agar representasi perempuan dalam kehidupan nyata dan di layar kaca sebagai bentuk pernyataan value atas karya kita semakin meningkat," ungkap Cinta saat konferensi pers di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin, 22 Mei 2023. 

Dia begitu bersemangat untuk bergabung dalam momen red carpet bersama para perempuan lainnya untuk mengirimkan pesan bahwa ketika seorang perempuan diberdayakan dengan penghargaan diri yang kuat. Ia pun akan memaksimalkan potensinya dan mendapatkan tempat yang layak di masyarakat.

Cinta menambahkan, "Saya ingin menggunakan kehadiran saya di Cannes untuk menyuarakan kompleksitas, keragaman, dan kekayaan cerita perempuan Indonesia kepada khalayak internasional."

Hal senada diutarakan Putri Marino, sebagai L'Oréal Paris Worth It Squad ia berterima kasih atas dukungan kepada perempuan di industri perfilman, dengan menggunakan Festival Film Cannes 2023 sebagai wadah untuk bersuara. "Kehadiran saya di Cannes Film Festival adalah representasi dari semua wanita di industri perfilman, sebuah peran yang saya jalani dengan serius dan saya banggakan," sebut istri dari aktor Chicco Jerikho di kesempatan yang sama. 

2 dari 4 halaman

Inspirasi Unik Busana di Red Carpet

Adapun untuk memastikan Cinta Laura Kiehl dan Putri Marino siap tampil di red carpet Cannes Film Festival 2023, festival, L'Oréal Paris berkolaborasi dengan para talenta di bidang fesyen dan kecantikan terbaik Indonesia. Makeup Artist Selebriti Bubah Alfian dan Aditya diajak mendandani kedua aktris tersebut untuk menciptakan tampilan makeup yang cantik dan flawless.

Pengarah gaya dan fashion director dari Krama Creative Consultant, Yoland Handoko membentuk tim yang terdiri dari enam perancang busana, fesyen, dan label aksesori untuk mengeksplorasi lebih dalam budaya Indonesia. Mereka mengambil inspirasi dari berbagai referensi arca, gaya busana kerajaan masa lampau, cerita rakyat, serta kain wastra warisan budaya Nusantara.

Inspirasi itu kemudian dikurasi menjadi dua konsep yaitu The Modern Day Indonesian Deity untuk Cinta Laura Kiehl dan The New Regal untuk Putri Marino. Tim di balik penampilan Cinta Laura adalah Tex Saverio, Maison Met – Mety Choa, dan Jacob Wil; sedangkan Putri Marino akan mengenakan gaun karya Hian Tjen, Toton, SOE Jakarta dan aksesoris dari TULOLA Designs. "Terinspirasi dari dewi-dewi di Indonesia, saya akan membuat Cinta seperti bidadari yang turun dari khayangan," sebut Mety Choa di kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Raline Shah di Cannes 2023

Selain Putri Marino dan Cinta Laura yang akan tampil di Cannes 2023, sebelumnya Raline Shah telah lebih dulu berada di ajang tersebut. Sejak beberapa tahun terakhir, Raline Shah tak pernah absen di karpet merah Festival Film Cannes.

Kalau biasanya mengenakan gaun mewah, Puteri Indonesia Favorit 2008 itu kini memutuskan mengenakan busana nasional kebanggaan Indonesia di festival film bergengsi tersebut. Ia melangkah di karpet merah premier film Firebrand berbalut kebaya jawa berwarna biru gelap dari Maison Baaz Couture yang dipadukan bersama kain batik bermotif pucuk rebung pada Minggu, 21 Mei 2023.

Kebaya itu tampak megah dengan tambahan ekor panjang dari bahan serupa menyapu lantai. Aura anggun makin terpancar dengan rambutnya yang disanggul modern. Ia menambahkan aksesori kalung berlian bermata safir biru yang senada dengan cincin berlian yang dikenakannya.

Keduanya adalah keluaran Chopard. Raline sempat mengenakan koleksi brand perhiasan asal Swiss itu di hari ia menghadiri premier film Killers of The Flower Moon pada Sabtu, 20 Mei 2023.

4 dari 4 halaman

Tampil dengan Kebaya dan Kain Batik

"Hi everyone, it's a sunny day in Cannes. Finally, ada matahari karena beberapa hari ini hujan deras dan dingin sekali. Dan kali ini, aku gunakan kebaya aku dan batik buat premier film yang kedua," kata Raline saat menyapa warganet via Instagram Story-nya sebelum keluar dari mobil yang mengantarkannya, dikutip Senin (22/5/2023).

Raline mengaku begitu bersemangat bisa tampil di karpet merah dengan kebaya dan batik. Wajahnya yang dipulas dengan riasan natural terlihat berseri-seri. Tangannya melambai ke arah barisan fotografer yang menjepretnya.

Mengutip laman IMDB, Firebrand adalah film yang dibintangi Alicia Vikander dan Jude Law. Mereka masing-masing memerankan karakter Katherine Parr dan Raja Henry VIII.

Film tersebut bercerita mengenai perjuangan istri ke-6 sekaligus istri terakhir Raja Henry VIII dalam berjuang hidup menghadapi suaminya yang sadis dan tak segan menghukum mereka yang dianggap tak sejalan dengan keinginannya.