Butuh Healing? Ini 9 Aplikasi Perjalanan Gratis Biar Ga Bokek

Beragam aplikasi pilihan untuk mengatur budget liburan, itinerary biar eksis, sampai memesan tiket hotel dan pesawat yang banjir promo.

Butuh Healing? Ini 9 Aplikasi Perjalanan Gratis Biar Ga Bokek

Jakarta, CNBC Indonesia - Kurang dari dua minggu lagi kita akan menyambut tahun baru 2023. Mungkin kamu sudah menyiapkan beberapa rencana untuk healing akhir tahun ini.

Jika belum ada rencana tahun baru nanti, segera rencanakan dari sekarang. Ada sejumlah aplikasi gratis yang bisa diinstal untuk membantu kamu membuat itinerary, mengatur budget, hingga memesan hotel, tiket wisata, serta transportasi termurah.

Berikut beberapa aplikasi tersebut, dirangkum CNBC Indonesia, Kamis (22/12/2022):

1. Trabee Pocker

Liburan akhir tahun jangan sampai bikin bokek. Untuk mengatur keuangan selama berlibur supaya tak melebihi, kamu bisa menggunakan Trabee Pocker.

Aplikasi ini bisa melacak pengeluaran kamu selama liburan dan bisa dipantau dalam format statistik. Kamu bisa menganalisa pengeluaran paling banyak ada di kategori apa, misalnya makan, belanja, transportasi, atau penginapan. Statistik ini bisa diekspor ke format PDF sebagai bahan evaluasi.

Trabee Pocket juga menyediakan fitur untuk menggunakan sejumlah mata uang, jadi memudahkan pengguna saat berlibur di luar negeri. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store.

2. Klook

Bagi pemburu diskon, Klook adalah salah satu aplikasi travelling yang wajib diinstal. Ada banyak promo yang tersedia untuk pemesanan tiket wisata di daerah tertentu, restoran lezat, taman hiburan, dan pertunjukan di luar kota atau sekitar tempat tinggal kamu.

Fitur terbaru Klook bertajuk "Klook LIVE" memungkinkan pengguna melihat beragam video untuk rekomendasi liburan yang banjir diskon. Aplikasi ini tersedia di App Store maupun Play Store.

3. Wanderlog

Langkah pertama dan utama saat akan berlibur adalah menyiapkan rencana perjalanan. Salah satu yang bisa digunakan adalah aplikasi Wanderlog. Aplikasi gratis ini membantu mengorganisir, hingga memetakan rencana perjalanan.

Jika liburan bareng teman atau keluarga, Wanderlog memungkinkan kolaborasi antar-pengguna untuk merencanakan perjalanan bersama-sama secara real time. Ketika memasukkan tempat wisata, Wanderlog akan memasukkannya ke fitur peta berbasis Google Maps dan mencarikan rute dengan jarak tempuh paling efisien tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Untuk memudahkan pengguna, Wanderlog juga menyediakan berbagai rekomendasi objek wisata dan restoran yang tersedia di daerah tujuan. Pengguna bisa melihat informasi penting seperti gambar tempat, rating pengunjung beserta tautan ke ulasan, jam buka, situs web, dan nomor telepon.

Kamu bisa menginstal aplikasi Wanderlog di App Store dan Play Store.

4. PackPoint 

Salah satu hal yang mungkin paling sulit dalam travelling adalah packing. Kita terkadang bingung membawa apa saja atau bahkan ada barang yang tertinggal.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan PackPoint. Aplikasi ini akan merekomendasikan barang-barang yang dibutuhkan sesuai dengan lama perjalanan, cuaca di tempat tujuan, serta aktivitas apapun yang bakal dilakukan.

Dengan begitu, proses packing akan lebih efektif dan efisien. Tak perlu lagi takut kelebihan bagasi karena ada fitur pintar yang akan mengingatkan pengguna. Setiap list barang yang sudah dimasukkan ke koper bisa dihapus dengan mudah, pun untuk menambah kuantitas barang.

Kamu bisa menginstal aplikasi PackPoint di App Store dan Play Store.

5. Accuweather

Kamu dapat menggunakan Accuweather untuk mengecek cuaca di destinasi liburan. Ini membantu pengguna menyiapkan baju yang hendak digunakan, atau kapan waktu terbaik mengunjungi tempat wisata tanpa terhalang cuaca.

Kamu tinggal memasukkan lokasi liburan di Accuweather, maka akan terlihat cuaca hingga suhu daerah tersebut. Aplikasi ini bisa diinstal di Play Store dan AppStore.

6. Circa

Berencana menghabiskan waktu tahun baru di luar negeri? Kamu bisa menggunakan aplikasi Circa untuk melihat zona waktu setempat secara akurat.

Apalagi kalau kamu berlibur dengan membawa utang pekerjaan. Tak perlu lagi ada salah paham dengan rekan kerja karena jadwal meeting yang terpaut perbedaan waktu.

Sebelum pergi, kamu bisa install aplikasi ini lebih dulu. Circa tersedia di App Store.

7. RedBus

Aplikasi ini cocok untuk yang berencana liburan dengan memanfaatkan moda transportasi darat seperti bus, kereta, atau mobil travel. RedBus merupakan layanan agregator untuk memesan dan membeli tiket bus tanpa biaya admin tambahan.

Ada beragam promo selama periode liburan akhir tahun ini. Kamu juga bisa mengikuti "Loyalty Program" yang memungkinkan pengguna mendapat cashback 100 persen setelah melakukan beberapa kali perjalanan.

Tersedia berbagai pilihan transportasi darat dari perusahaan terpercaya seperti Nusantara, Pahala Kencana, Lintas, Xtrans, Sumber Alam, Lorena, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa melacak perjalanan dan melihat rest stop, serta menentukan titik turun yang terdekat. Aplikasi ini tersedia di App Store dan Play Store.


8. Travelio & AirBnb

FILE PHOTO: The logo of Airbnb is displayed at an Airbnb event in Tokyo, Japan, June 14, 2018. REUTERS/Issei Kato/File PhotoFoto: Airbnb (REUTERS/Issei Kato)
FILE PHOTO: The logo of Airbnb is displayed at an Airbnb event in Tokyo, Japan, June 14, 2018. REUTERS/Issei Kato/File Photo

Menghabiskan waktu akhir tahun juga bisa dihabiskan di penginapan estetik nan Instagrammable, atau yang dikenal dengan sebutan staycation. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Travelio dan AirBnB yang menawarkan beragam penginapan terjangkau untuk harian, mingguan, hingga bulanan.

Kedua aplikasi itu bisa untuk memesan tempat seperti apartemen, rumah, vila, hingga guest house. Kamu tinggal memilih lokasi dan tanggal menginap untuk mencari tempat staycation. Travelio dan AirBnB bisa diinstal di App Store dan Play Store.

9. Beragam Aplikasi Booking Hotel & Pesawat

fitur Mart di aplikasi TravelokaFoto: novina
Aplikasi Traveloka

Untuk memesan hotel dan tiket pesawat, ada banyak aplikasi gratis yang bisa menjadi opsi. Beberapa di antaranya adalah Traveloka, Agoda, Tiket.com, Booking.com, dan Trivago untuk. Traveloka misalnya menyediakan pembelian tiket pesawat, travel dan kereta api, serta ada juga untuk memesan tempat menginap.

Sama seperti aplikasi pemesanan lainnya, kamu bisa mencari tempat menginap atau transportasi dengan memasukkan lokasi tujuan dan tanggal liburan. Kamu juga bisa mengatur filter tertentu untuk menyesuaikan budget dan fasilitas lainnya yang diinginkan. Setelahnya, aplikasi bakal mencari daftar pilihan paling tepat untuk dipertimbangkan. 

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu instal melalui App Store dan Play Store.

10. Beragam Aplikasi Peta Digital

Malu bertanya, sesat di jalan. Ketika liburan ke tempat yang masih asing, hal paling krusial adalah menginstal aplikasi peta digital. Ada beragam pilihan yang tersedia di toko aplikasi. 

Beberapa di antaranya adalah Google Maps, Waze, MAPS.ME, dan Polaris GPS. Kamu bisa memilih rute perjalanan dengan berbagai moda transportasi umum dan privat, atau rute jalan kaki paling dekat menggunakan Google Maps. Jika mau menghindari macet dan lewat jalan tikus, Waze juaranya.

Kedua aplikasi tersebut juga memberi tahu jika ada halangan di rute jalan tertentu, seperti tabrakan atau kemacetan. Bagi warga Jakarta, dua aplikasi ini sangat membantu merencanakan perjalanan agar tak kena tilang ketika aturan ganjil-genap berlangsung. 

Bagi yang ingin bepergian ke daerah terpencil, MAPS.ME dan Polaris GPS bisa diandalkan karena aksesnya tidak membutuhkan jaringan internet. Selain hemat data internet, MAPS.ME juga tidak bikin HP kamu tersiksa karena ukurannya kecil. Tak perlu khawatir HP jadul kamu jadi lemot.

Sementara itu, Polaris GPS menyediakan beragam fitur yang cocok untuk para petualang sejati yang hobi offroad atau memancing. Ada fitur seperti tracking, kompas, hingga sunrise dan sunsetSemua aplikasi ini tersedia di App Store dan Play Store.


[Gambas:Video CNBC]