BREAKINGNEWS : Resmikan Papua Football Academy, Jokowi Sebut Legenda Sepakbola Rully Nere hingga Elie Aiboy

Presiden Jokowi menyebut nama legenda sepakbola Papua Rully Nere sebagai pemain yang banyak disukai pada masanya.

BREAKINGNEWS : Resmikan Papua Football Academy, Jokowi Sebut Legenda Sepakbola Rully Nere hingga Elie Aiboy
image

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi ini meresmikan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut beberapa nama legenda sepakbola asal tanah Papua. 

Nama-nama pesepakbola legendaris asal Papua tersebut seperti, Rully Nere, Johanes Sauri, Aples Tecuari, hingga Alexander Pulalo. 

"Ada juga yang agak ke sini, Boaz Solossa. Ada juga Elie Aiboy, kalau ke sini lagi ada juga Ramai Rumakiek. Dan yang paling senang saya lihat Ricky Kambuaya," ujar Jokowi dalam sambutan yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 31 Agustus 2022. 

Jokowi menyebut istrinya, Iriana Jokowi, sangat senang dengan Rully Nere. Menurut Jokowi, baik laki atau perempuan akan sangat mengidolai Rully saat melihat permainannya. 

Melalui Papua Football Academy, Jokowi berharap akan melahirkan legenda sepakbola lainnya dari Papua. 

"Ingin seperti mereka? Jalannya sudah ada, Papua Football Academy. Di mana di sini nanti untuk meraih prestasi anak-anak digembleng kedisplinan, digembleng pelatihan yang rutin dan terus didampingi oleh coach yang memilki reputasi baik," ujar Jokowi. 

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan pembuatan Papua Football Academy merupakan komitmen Direktur Utama PT Freeport Tony Wenas kepada dirinya sejak PON XX 2021 di Papua. Saat pembukaan PON, Jokowi mengundang Tony untuk bertemu dan membahas keberlanjutan penggunaan fasilitas PON untuk peningkatan SDM. 

"Tadi pak Dirut sudah menyampaikan, ada 477 anak yg diseleksi dan sekarang hanya tinggal 30 anak. Ini adalah bibit-bibit talenta yang diseleksi dengan baik, talenta yang berbakat dan juga tidak hanya sepakbola, disiapkan juga pendidikan formalnya," kata Jokowi dalam peresmian Papua Football Academy. 

 Baca juga: Jokowi Siang Ini ke Jayapura, Resmikan Akademi Sepakbola dan Bagi-bagi NIB UMKM

M JULNIS FIRMANSYAH 

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.