Berebut Kursi PSSI 1, Fary Djemi Siap Bersaing dengan La Nyalla dan Iwan Bule

BREAKINGNEWS.CO.ID - Fary Djemi Francis menyatakan dirinya tidak gentar menjalani kerasnya persaingan untuk memperebutkan posisi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Pemilihan yang berlangsung 2 November 2019 mendatang.

Berebut Kursi PSSI 1, Fary Djemi Siap Bersaing dengan La Nyalla dan Iwan Bule

BREAKINGNEWS.CO.ID - Fary Djemi Francis menyatakan dirinya tidak gentar menjalani kerasnya persaingan untuk memperebutkan posisi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Pemilihan yang berlangsung 2 November 2019 mendatang.

Politisi dari Partai Gerindra tersebut dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk berseteru dengan dua nama yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat: La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Mochamad Iriawan, atau Iwan Bule.

"Mari bersaing secara sehat. Fair. Calon-calon lain tentunya ingin seperti itu juga," ujarnya, Minggu (6/10/2019).

Berbekal misi & visi yang kuat serta pemahamannya akan permasalahan sepak bola nasional, Fary Djemi Francis juga menegaskan komitmennya untuk membuat PSSI lebih dicintai masyarakat. " Untuk itu saya siap mencurahkan waktu, tenaga, dan pastinya berkorban juga untuk PSSI," tegas anggota DPR dua periode terakhir itu.

Fary Djemi Francis sudah memaparkan visi & misi-nya kepada media, Sabtu (5/10) sore. Dia mengurai tekadnya untuk membuat "One stop complex" sepak bola nasional. Yakni, membangun tempat latihan terpadu yang refresentatif dan lengkap. Dilengkapi gedung untuk kantor pusat PSSI, sehingga nantinya PSSI tak perlu nomaden, berpindah-pindah tempat.

"Tantangan kita ke depan, membuat organisasi PSSI dan timnas Indonesia lebih dicintai dan membanggakan masyarakat," ungkap mantan ketua Komisi V DPR yang membidangi infrastruktur dan perhubungan itu.

"Saya siap berjuang untuk membuat PSSI lebih baik lagi," tutur Fary Djemi Francis, kelahiran Watampone, Sulsel, 7 Februari 1968 silam. Dia sudah mengabdi di PSSI pada kepengurusan 2016-2019, sebagai ketua departemen sport intelijen

Perjuangan Fary Djemi Francis dalam merebut kursi ketua umum PSSI periode 2019-2024 didukung sejumlah mantan pemain dan tokoh sepak bola nasional. Mereka ikut mendampingi Fary Djemi Francis saat memberikan keterangan kepada media. Beberapa di antaranya tampaknya masuk dalam paket Exco. Misalnya, Yesayas Octavianus, untuk posisi wakil ketua umum. Serta Dede Sulaeman dan Nasir Salassa untuk anggota Exco.

Bob Hippy, salah satu legenda timnas dan Exco PSSI 2011-2015, menyebut Fary Djemi Francis sebagai tokoh yang mampu membuat kinerja organisasi PSSI semakin baik sehingga otomatis meningkatkan performa timnas.

"Figur seperti Fary Djemi Francis dan Yesayas Octavianus adalah tokoh-tokoh reformis sepak bola yang patut didukung," ujar Bob Hippy.

Dua nama itu pula yang disebut AKBP Rafli A Razak, SH, mantan wasit FIFA dan direktur perangkat pertandingan PSSI.

"Atas nama keluarga besar perangkat pertandingan, baik wasit, pengawas pertandingan, instruktur wasit dan pengawas wasit, kami mengapresiasi dan mendukung pencalonan Fary Djemi Francis dan Yesayas Octavianus," ungkap Rafli A.Razak.

"Saya yakin Pak Fary Djemi Francis dan Yesayas Octavianus akan membawa warna baru untuk PSSI. Mereka bisa meningkatkan prestasi timnas ke tingkat dunia," ujar Dede Sulaeman.

Yesayas Octavianus menyatakan, setelah pengumuman lolos-tidaknya para bakal calon Exco oleh Komite Pemilihan (KP) pada 10 Oktober nanti, ia bersama Fary Djemi Francis merencanakan "road show" ke beberapa daerah.

"Ya, ini sebagai bentuk penggalangan dukungan dari pemilik suara atau voters," ungkap Yesayas.

Untuk Kongres Pemilihan Exco PSSI 2019-2024 ini terdaftar sebanyak 11 bakal calon ketua umum, 21 wakil ketua umum, dan 91 anggota. Kongres hanya akan memilih seorang ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota Exco.

Sementara itu, di tengah ketatnya perseteruan memperebutkan 12 Exco, tokoh sepak bola nasional yang juga ketua Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI) Ronny Tanuwijaya memberikan dukungannya kepada Ary Julianta Tridjaka.

"Maju terus, Mas, saya dukung," demikian dikemukakan Rotan -sapaan akrabnya- dalam komunikasinya dengan Ary kemarin.

Ary Julianta Tridjaka, wartawan olahraga senior dan pengurus PWI Jaya, mendaftar sebagai anggota Exco dengan dukungan dari klub Trisakti. Dia juga wakil ketua komite etik Federasi Futsal Indonesia (FFI), yang dijabatnya sejak 2014.