Beda Nasib Drakor dan K-pop di Pasar Hiburan Digital Indonesia

Berdasarkan hasil survei perusahaan riset Jakpat, drama Korea (drakor) menjadi tontonan favorit pengguna hiburan digital di Indonesia. Dari 1.109 responden, persentase penonton film atau serial TV asal Korea Selatan di layanan digital streaming mencapai 72 persen, tertinggi dibanding film atau serial TV asal negara lainnya. Rasio penonton drakor unggul tiga persen dibanding jumlah penonton film atau serial TV produksi Indonesia, yang menempati peringkat kedua. Dalam laporannya, Jakpat menyebut bahwa pada segmen kelompok usia milenial, serial atau film asal Korea Selatan lebih populer dibanding serial atau film lokal.   Meski drakor menjadi favorit penonton Indonesia, tidak lantas musik asal Korea Selatan—K-pop—menempati posisi serupa di kalangan pendengar musik. Dari 1.217 responden pengguna layanan digital streaming musik, lagu asal Korea Selatan hanya sering didengarkan oleh 48 persen responden. Jumlah itu kalah dibanding lagu Indonesia (88 persen), dan lagu Amerika atau Inggris (78 persen). Pengumpulan data dilakukan Jakpat secara daring pada setiap bulan sepanjang tahun 2022, dengan jumlah responden 2.435 orang pengguna layanan hiburan digital. 53 persen responden merupakan kelompok generasi milenial, 37 persen Gen Z, dan sembilan persen Gen X.

Beda Nasib Drakor dan K-pop di Pasar Hiburan Digital Indonesia
image

Berdasarkan hasil survei perusahaan riset Jakpat, drama Korea (drakor) menjadi tontonan favorit pengguna hiburan digital di Indonesia. Dari 1.109 responden, persentase penonton film atau serial TV asal Korea Selatan di layanan digital streaming mencapai 72 persen, tertinggi dibanding film atau serial TV asal negara lainnya.

Rasio penonton drakor unggul tiga persen dibanding jumlah penonton film atau serial TV produksi Indonesia, yang menempati peringkat kedua. Dalam laporannya, Jakpat menyebut bahwa pada segmen kelompok usia milenial, serial atau film asal Korea Selatan lebih populer dibanding serial atau film lokal.

Meski drakor menjadi favorit penonton Indonesia, tidak lantas musik asal Korea Selatan—K-pop—menempati posisi serupa di kalangan pendengar musik. Dari 1.217 responden pengguna layanan digital streaming musik, lagu asal Korea Selatan hanya sering didengarkan oleh 48 persen responden. Jumlah itu kalah dibanding lagu Indonesia (88 persen), dan lagu Amerika atau Inggris (78 persen).

Pengumpulan data dilakukan Jakpat secara daring pada setiap bulan sepanjang tahun 2022, dengan jumlah responden 2.435 orang pengguna layanan hiburan digital. 53 persen responden merupakan kelompok generasi milenial, 37 persen Gen Z, dan sembilan persen Gen X.