Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Hadiri Indonesian Day di London

Menurut Sandiaga uno, Indonesian Day bisa jadi sarana untuk memperkenalkan bukan hanya pariwisata Indonesia tapi juga produk-produk ekonomi kreatif.

Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Hadiri Indonesian Day di London
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di dalam negeri.

Salah satu upaya yang dilakukan Sandiaga Uno dengan menghadiri acara Indonesian Day di Vinegar Yard London, Inggris, Minggu (6/11).

Indonesian Day merupakan rangkaian acara Experience Indonesia yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di London yang berlangsung 6-8 November 2022.

Menurut Sandiaga, Indonesian Day bisa menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan bukan hanya pariwisata destinasi Indonesia tapi juga produk-produk ekonomi kreatif Indonesia.

"Ada kuliner, ada fashion, ada juga budaya culture, ada fotografi dan lain-lain. Kami yakin kegiatan ini yang sangat tepat dan juga di waktu yang sangat strategis saat kita sudah mulai bangkit kembali membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan dari wisatawan khususnya dari UK," ujar Sandiaga di sela-sela acara Indonesian Day, London, Inggris, dikutip Senin (7/11).

Sandiaga memaparkan, saat ini wisatawan asal UK menempati nomor lima terbanyak yang berkunjung ke Indonesia. Namun, ditargetkan akan terus mengalami peningkatan seiring telah pulihnya sektor pariwisata di Indonesia, lantaran suksesnya pemerintah menangani pandemi Covid-19.

"Jika kita berkolaborasi angka yang dulu 400.000 wisatawan pada 2019 ini bisa ditingkatkan dengan paket-paket wisata yang lebih mengarah kepada eco-tourism, wellness tourism dan juga promosi kita termasuk promosi ekonomi kreatifnya seperti kuliner dan juga fashion, kriya, dan film-film Indonesia bisa ditingkatkan. Saya melihat bahwa ada peluang-peluang naik dari posisi 5 ke posisi 3 sehingga ini menjadi sasaran pasar utama kita," tutur Sandiaga.

Selain menghadiri Indonesian Day, Menparekraf dijadwalkan akan menghadiri World Travel Market. Keterwakilan Indonesia tahun ini, merupakan pertama kali hadir kembali secara fisik.

"Kita membawa 36 pelaku industri parekraf yang nanti akan menawarkan destinasi-destinasi baru baik yang Bali maupun 5 destinasi super prioritas Ada Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Likupang. Tapi nanti kita juga akan bawa pendekatan-pendekatan baru seperti eco-tourism, sport tourism, dan wellness tourism," pungkas Sandiaga Uno.

(inh)