ASPEKPIR dan BPDPKS Membuat Film Dokumenter Desa Tranmigrasi Sawit

PEKANBARU, SAWIT INDONESIA - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) Indonesia bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) saat ini sedang membuat Film...

ASPEKPIR dan BPDPKS Membuat Film Dokumenter Desa Tranmigrasi Sawit
image

PEKANBARU, SAWIT INDONESIA – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) Indonesia bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) saat ini sedang membuat Film Dokumenter Desa Transmigrasi Sawit.

Hal itu diketahui saat Ketua Umum ASPEKPIR Setiyono bersama jajaran melakukan audiensi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Kediaman, Selasa (30/5/2023).

“Ada 3 Film Desa Transmigrasi Sawit yang kita buat. Sekarang ini masih proses pembuatan film nya,” kata Humas Aspekpir yang biasa disapa Aji.

“Setelah pembuatan film selesai bulan Juni atau Juli 2023 nanti akan tayang,” tambahnya. 

Ada tiga desa yang terpilih untuk dijadikan Film Desa Dokumenter Transmigrasi Sawit diantaranya yaitu Desa Teluk Merbau, Kabupaten Siak, Desa Bono Tapung Rokan Hulu dan Desa Bumi Kencana di Musi Banyuasin. 

“Kita buat ada 3 film Transmigrasi Sawit,” terangnya. 

Dari tiga desa tersebut, dua diantaranya dari Provinsi Riau, maka dari itu Gubernur Riau Syamsuar saat audiensi menyampaikan bahwa desa-desa transmigrasi sawit harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. 

“Penerapan teknologi digital ini menjadi satu cerita yang menarik dalam Film Dokumenter Desa Transmigrasi Sawit,”ujarnya

Jelasnya, nanti penerapan teknologi digital pada Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Sejahtera di Desa Bono Tapung juga akan tersaji pada Film Dokumenter Desa Transmigrasi Sawit.

“Penerapan (Teknologi KUD) ini diharapkan dapat dicontoh KUD lainya di Indonesia. Besar harapan kita karya filmnya nanti membawa kemajuan bagi petani sawit Indonesia,” tutupnya. 

Sebagai informasi, Desa Teluk Merbau adalah desa yang terbentuk dari system Pola Inti Rakyat dari PT. PTPN. Otomatis Kebun sawit adalah menjadi Sumber Utama Penghasilan mayarakat Desa Teluk Merbau.

Sedangkan KUD Tani Sejahtera sendiri diketahui merupakan binaan dari PTPN V, salah satu anak usaha Holding Perkebunan yang sudah menggunakan aplikasi Smartcoop sejak bulan November 2022 lalu sehingga perkembangan begitu cepat.

Sumber: riau.go.id