Apa Makna Gong Xi Fa Cai? Sering Diucapkan Saat Imlek Halaman all

Gong Xi Fa Cai merupakan kalimat yang sering diucapkan saat Imlek. Ketahui arti dan makna ucapannya. Halaman all

Apa Makna Gong Xi Fa Cai? Sering Diucapkan Saat Imlek Halaman all
image

KOMPAS.com - Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada Minggu (22/1/2023) yang akan datang. Dalam merayakannya, banyak ucapan Imlek yang menggunakan kalimat Gong Xi Fa Cai. 

Tak sedikit orang yang mengartikan Gong Xi Fa Cai sebagai Selamat Tahun Baru Imlek, padahal sebenarnya bukan.

Lantas, apa arti dari Gong Xi Fa Cai?

Baca juga:

"Ucapan yang berarti Selamat Tahun Baru adalah Chunjie hao atau Guo nian Hao. Sedangkan ucapan tambahan Gong Xi Fa Cai itu artinya selamat, semoga makmur," kata Guru Besar Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Indonesia (UI) Hermina Sutami kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Selain itu, ia menambahkan, ada juga kalimat tambahan Wan Shi Ruyi yang memiliki arti "semua hal terwujud sesuai keinginan". 

Makna Gong Xi Fa Cai

Dengan demikian, kamu bisa mengucapkan Gong Xi Fa Cai saat merayakan Imlek 2023 sebagai tambahan dari ucapan selamat tahun baru sebelumnya.

Sebab, secara harfiah Gong Xi Fa Cai artinya adalah semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran, seperti dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Minggu (15/1/2023). 

Baca juga: 5 Aktivitas Wisata di Lampion Imlek Pasar Gede, Bisa Naik Perahu

Ucapan ini terdiri dari dua kalimat, yaitu Gong Xi (congrats atau selamat) dan Fa Cai (get rich atau mendapat berkah).

Sehingga, biasanya diucapkan sebagai ungkapan harapan agar rezeki lawan bicara dapat bertambah dan mendapatkan hal-hal baik.

Sementara itu, ditulis Kompas.com (1/2/2022), kalimat Gong hay fat choy biasanya diucapkan orang-orang di Hong Kong, provinsi Guangzhou, dan sekitarnya.

Baca juga: