Ant-Man 3 Cetak Rekor Penurunan Penjualan Tiket dalam Sejarah MCU

Ant-Man and the Wasp: Quantumania cetak rekor penurunan penjualan tiket dalam sejarah MCU. Beberapa hal jadi faktor penurunan box office itu.

Ant-Man 3 Cetak Rekor Penurunan Penjualan Tiket dalam Sejarah MCU
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Ant-Man and the Wasp: Quantumania mencetak rekor baru imbas penurunan pendapatan box office. Penjualan tiket film tersebut menurun drastis hingga 69 persen pada pekan kedua penayangan.

Film ketiga Ant-Man itu hanya berhasil meraih pendapatan box office Amerika Utara sebesar US$32 juta, menurun jauh dibanding torehan pekan pertama sebesar US$105 juta.

Catatan itu menempatkan Ant-Man 3 sebagai film dengan penurunan pendapatan terbesar untuk penayangan pekan kedua dalam sejarah waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU).

Analis Paul Dergarabedian menilai situasi tersebut disebabkan capaian pekan pertama yang begitu tinggi, sehingga semakin berisiko mengalami penurunan drastis.

"Terkait penurunan akhir pekan kedua, segala hal yang ada di titik 70 persen memang cukup signifikan," tutur Dergarabedian, seperti diberitakan Variety pada Senin (27/2).

"Namun, film yang dibuka dengan lebih dari US$100 juta umumnya berat di awal. Dalam sejumlah kasus, 'semakin besar suatu hal, semakin tajam jatuhnya' ikut berperan," lanjutnya.

Hasil ini juga memicu kekhawatiran terhadap tren buruk yang dialami berbagai rilisan MCU. Pasalnya, Quantumania bukan satu-satunya film MCU yang mengalami penurunan drastis pada pekan kedua.

Sebagian film yang dirilis pada Fase Keempat MCU mengalami penurunan dari pekan pertama ke pekan kedua penayangan, seperti Black Widow (2021) dengan penurunan 67,8 persen.

[Gambas:Video CNN]

Ada pula Thor: Love and Thunder dengan 67,6 persen, Spider-Man: No Way Home yang turun 67,5 persen, dan penurunan Doctor Strange 2 67 persen.

Meski demikian, capaian buruk Ant-Man 3 pada pekan kedua tak bisa sepenuhnya menjadi tolok ukur kegagalan film tersebut di bioskop. Film itu disebut baru bisa dianggap berhasil atau gagal jika sudah meninggalkan layar lebar.

Penurunan tersebut juga tak lepas dari kebiasaan penggemar MCU yang ingin menonton rilisan terbaru secepat mungkin demi menghindari spoiler. Hal itu memicu pendapatan box office film-film Marvel nyaris selalu besar di pekan perdana.

Lanjut ke sebelah...

Ant-Man 3 Cetak Rekor Penurunan Penjualan Tiket dalam Sejarah MCU

BACA HALAMAN BERIKUTNYA