Android atau iPhone, Mana yang Layak Dibeli? Simak Penjelasannya

Android atau iPhone, selalu menjadi perdebatan. Namun, simak dulu penjelasan ringkas ini sebelum menjatuhkan pilihan Android atau iPhone.

Android atau iPhone, Mana yang Layak Dibeli? Simak Penjelasannya
Kamis, 25 Mei 2023 19:12 Reporter : Merdeka
Android atau iPhone, Mana yang Layak Dibeli? Simak Penjelasannya Android atau iPhone, Mana yang Layak Dibeli? Simak Penjelasannya. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, hal pertama yang harus diperhatikan adalah, ponsel apa yang ingin dibeli? Android, atau iPhone? Mana yang lebih Baik?

Perbandingan iPhone vs Android tentang siapa yang lebih baik adalah perdebatan tanpa akhir yang selalu hangat dibahas pasar ponsel. Rasanya perdebatan ini tidak akan memiliki pemenangnya. Tapi mungkin perbandingan ini bisa membantu dalam memilih ponsel yang ingin dibeli.

taboola mid article

Baik Android atau iPhone sama-sama telah meluncurkan sistem operasi terbaru mereka yaitu Android 13 dan iOS 16. Ponsel terbaru manapun yang anda pilih, benda pintar itu pasti akan menjalankan salah satu dari kedua OS ini. Dan keduanya sama-sama berusaha untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pengguna mereka.

Jadi mana yang lebih baik, iPhone atau Android ? Dilansir dari Wirecutter by The New York Times, Kamis (25/5), berikut penjelasannya:

Android

samsung galaxy s23 akhirnya dirilis bawa keunggulan lebih di sisi kamera

Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani©2023

Pilihan perangkat keras yang lebih beragam
Keuntungan terbesar untuk Android sebenarnya adalah perangkat keras, bukan perangkat lunak. Android tersedia di berbagai macam bentuk perangkat keras, termasuk pilihan untuk orang-orang yang menginginkan layar yang lebih besar, hingga masa pakai baterai yang tahan berhari-hari.

Hal ini akan memudahkan anda untuk berpindah dari satu ponsel ke ponsel yang lain, misalnya brand ponsel favorit anda menghapus fitur sidik jari pada perangkat mereka, jika anda masih menginginkan fitur itu, anda bisa mencarinya di perangkat Android lain.

Tersedia dalam semua harga
Salah satu keunggulan Android adalah, mereka bisa ditemukan dalam semua harga. Android memang menyediakan pilihan smartphone mahal yang harganya sama seperti perangkat terbaru iPhone.

Namun, Android juga menyediakan pilihan smartphone dengan harga terjangkau yang pastinya tetap dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan. Hal yang tidak bisa anda dapatkan di iPhone.

Lebih banyak opsi penyesuaian
Jika Anda suka memiliki kebebasan untuk menyesuaikan ponsel agar sesuai dengan kebutuhan Anda, iOS mungkin tidak cukup fleksibel untuk dijadikan sebuah pilihan.

Android menawarkan penyesuaian yang lebih beragam, bahkan memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi default Anda sendiri untuk menangani tugas atau jenis file yang berbeda dan menambahkan kemampuan untuk mengubah browser web default hingga aplikasi email.

Opsi penyimpanan yang lebih luas
Android memiliki slot kartu microSD yang memungkinkan anda memperluas jumlah penyimpanan internal, hal yang tidak bisa dilakukan iPhone.

iPhone memang memiliki layanan iCloud, tetapi jika anda adalah orang yang gemar menyimpan banyak hal, maka memori external yang dapat digunakan pada Android adalah jalan keluarnya.

2 dari 3 halaman

iPhone

telkomsel hadirkan iphone 14 series di grapari

©2022 Merdeka.com/Repoter Magang, Dinda Khansa Berlian

Pembaruan perangkat lunak yang konsisten setiap tahun
Keuntungan terbesar yang dimiliki iOS dibandingkan dengan Android adalah pembaruan perangkat lunaknya.

Secara keseluruhan, Apple mendukung iPhone dengan pembaruan iOS selama lima hingga enam tahun setelah ponsel itu dirilis, dan semua perangkat tersebut mendapatkan pembaruan yang sama pada waktu yang sama yaitu setahun sekali.

Sedangkan untuk Android, hanya ponsel Pixel Google dan ponsel dalam program Android One yang dijamin pembaruan cepat.

Nilai jangka panjang
Jika diukur waktu pemakaian jangka panjang, tentu iPhone adalah pemenangnya.

Hal ini karena Apple mendukung perangkat iOS untuk waktu yang relatif lama, jadi jika suatu saat ponsel akan berpindah tangan, anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas aplikasi atau risiko keamanan selama umur ponsel itu tidak lebih dari lima tahun.

iPhone juga lebih unggul jika dilihat dari nilai jualnya dibanding dengan perangkat Android.

Penyediaan aplikasi yang lebih baik
App Store Apple menyediakan pilihan aplikasi yang sedikit lebih baik daripada pilihan di Google Play Store Android.

Aplikasi dan permainan sering muncul ke iOS terlebih dulu jika dibandingkan dengan Android. Kualitas aplikasi yang dimiliki pun umumnya lebih baik dan maksimal jika digunakan pada iPhone.

Keamanan dan privasi yang lebih baik
Jika dibandingkan dengan Android, Apple memang berusaha lebih keras untuk menjaga keamanan perangkatnya dan data pribadi penggunanya.

Perusahaan juga terus melakukan upaya untuk memperbaiki kesalahan yang tidak sengaja dibuat pengguna mereka. Contohnya, layanan Apple seperti iMessage, FaceTime, dan iCloud menggunakan enkripsi secara ekstensif untuk melindungi data yang bepergian keluar masuk dari ponsel Anda dan data yang disimpan di server Apple.

Keunggulan lain dari segi keamanan yang ditonjolkan Apple adalah, mereka menggunakan data pengguna untuk melihat tren secara anonim, sehingga perusahaan dapat melihat tren tanpa tahu bagaimana individu menggunakan ponsel mereka.

Sebaliknya, ada laporan bahwa Android mengumpulkan sejumlah besar data untuk mempelajari perilaku pengguna dilihat dari kebiasaan menjelajah, lokasi, hingga penggunaan aplikasi.

3 dari 3 halaman

Jadi, mana yang harus dipilih? Android atau iPhone?

Pada akhirnya, semua pilihan ini kembali berujung pada kebutuhan ponsel yang diharapkan. Jika anda perlu ponsel untuk keperluan bekerja yang menyimpan banyak data penting, mungkin iPhone adalah jalan keluar yang perlu dicoba. 

Namun jika anda membelinya untuk keperluan game yang membutuhkan penyimpanan raksasa, Android mungkin solusi yang terbaik.

Reporter magang: Safira Tiur Margaretha

[faz]