Anatomy of a Fall Menang Palme d'Or Cannes Film Festival 2023

Palme d'Or dianugerahkan kepada film Anatomy of a Fall ketika Cannes Film Festival 2023 mencapai malam puncaknya pada Sabtu (27/5).

Anatomy of a Fall Menang Palme d'Or Cannes Film Festival 2023
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Penghargaan tertinggi Palme d'Or dianugerahkan kepada film Anatomy of a Fall ketika Cannes Film Festival 2023 mencapai malam puncaknya pada Sabtu (27/5).

Justine Triet selaku sutradara film tersebut menerima penghargaannya. Saat menyampaikan pidato kemenangannya, Triet menyinggung Presiden Emmanuel Macron soal batas usia pensiun pekerja di Prancis.

"Komersialisasi budaya yang didukung pemerintah neoliberal ini sedang dalam proses mendobrak budaya pengecualian Prnacis. Tanpanya, saya tidak akan berada di sini hari ini," kata Justine Triet di Palais des Festivals et des Congrès, Prancis, dikutip dari AFP pada Sabtu (27/5).

Anatomy of a Fall merupakan film thriller Prancis yang disutradarai oleh Justine Triet. Sedangkan, skenarionya ditulis oleh Triet bersama dengan Arthur Harari.

Aktris Sandra Huller didapuk sebagai pemeran utama film tersebut sebagai Sandra. Selainnya, Anatomy of a Fall juga dimeriahkan oleh Swann Arlaund, Milo Machado-Graner, hingga Antoine Reinartz.

Film Anatomy of a Fall berkisah tentang seorang penulis asal Jerman bernama Sandra yang ditahan karena diduga membunuh suaminya.

Suaminya itu ditemukan tak bernyawa di bawah tumpukan salju. Sandra pun berusaha untuk membuktikan bahwa ia tak bersalah atas kematian suaminya di dalam persidangan.

Selain itu, Cannes Film Festival juga mengumumkan jajaran pemenang lain dari kategori kompetisi. Nominasi Best Director jatuh ke tangan Tran Anh Hung sebagai sutradara film The Pot-au-Feu.

Koji Yakusho berhasil membawa pulang piala Best Actor berkat aktingnya dalam film Perfect days, sedangkan Best Actress jatuh kepada Merve Dizdar yang membintangi film About Dry Grasses.

Penghargaan kedua dengan gelar Grand Prix diberikan kepada Jonathan Glazer berkat penyutradaraannya untuk film The Zone of Interest, sementara penghargaan ketiga Jury Prize jatuh kepada Aki Kaurismaki untuk Fallen Leaves.

Sedangkan, Best Screenplay dimenangkan oleh Yuji Sakamoto untuk film Monster dan penghargaan Best Short Film jatuh ke tangan Flore Anna Buda untuk 27.

[Gambas:Video CNN]

Berikut daftar lengkap pemenang Cannes Film Festival 2023.

Palme d'Or
Justine Triet - Anatomy of a Fall

Grand Prix
Jonathan Glazer - The Zone of Interest

Best Director
Tran Anh Hung - The Pot-au-Feu

Best Actress
Merve Dizdar - About Dry Grasses

Best Actor
Koji Yakusho - Perfect Days

Best Screenplay
Yuji Sakamoto -Monster

Jury Prize
Aki Kaurismaki - Fallen Leaves

Camera d'Or untuk Best First Film
Thien An Pham - Inside the Yellow Cocoon Shell

Best Short Film
Flora Anna Buda - 27

(pra)