9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

Rekomendasi beberapa tempat wisata pantai di Labuan Bajo, NTT, yang bisa dikunjungi saat liburan. Di antaranya ada Pantai Long Beach dan Waecicu.

9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

KOMPAS.com - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya sederet pantai dengan keunikan masing-masing. Sebut saja Pink Beach, pantai ini populer dengan pasirnya yang berwarna merah muda.

Baca juga:

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah rekomendasi pantai di Labuan Bajo, NTT yang patut disinggahi saat kamu berwisata ke wilayah tersebut, yuk simak!

Rekomendasi pantai di Labuan Bajo

1. Long Beach

Ilustrasi Pantai Long Beach di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Pantai Long Beach di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Labuan Bajo terkenal akan pantai berwarna merah muda (pink). Ada dua pantai pasir pink yang bisa ditemukan yaitu Pink Beach di Pulau Komodo dan Long Beach di Pulau Padar, dikutip laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Laut dan pasir berwarna merah muda di kedua pantai ini menjadi spot Instagramable incaran para wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa snorkeling, melihat ekosistem bawah laut Labuan Bajo.

Jika berkunjung ke Pulau Padar, kamu juga bisa mendaki sedikit ke bukit untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian.

Baca juga: 4 Wisata Labuan Bajo yang Dikunjungi Jokowi dan Cucunya, Ada Pink Beach

2. Pink Beach Komodo

Pink Beach di Komodo National Park.SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Pink Beach di Komodo National Park.

Pantai Pink yang ada di Pulau Komodo, Flores, NTT ini tentunya cukup populer hingga mancanegara, dan jadi tempat wisata ikonis yang wajib masuk daftar saat jalan-jalan ke Labuan Bajo.

Sama seperti Long Beach, di Pink Beach wisatawan juga bisa snorkeling menikmati alam bawah lautnya.

Tak jarang warna pasir Pink Beach yang unik membuat wisatawan ingin membawa pulang pasir ataupun terumbu karang sebagai kenang-kenangan.

Namun, perlu diingat, wisatawan tidak boleh membawa pulang benda-benda, seperti pasir, karang, ataupun kerang dari Pink Beach, seperti dilaporkan Kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Bagi wisatawan yang melanggar akan dikenakan denda maksimal Rp 200 juta dan penjara paling lama 10 tahun.

Baca juga:

3. Taka Makassar

Pulau pasir unik Taka Makassar di Labuan Bajo, NTT.Dok. Shutterstock/Rachmad Bagus Pulau pasir unik Taka Makassar di Labuan Bajo, NTT.

Pulau Taka Makassar layak disebut sebagai pulau pasir ajaib yang unik. Lokasinya masih berada di satu kawasan dengan Pulau Komodo.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadikan Taka Makassar unik? Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (23/3/2023), pulau ini hanya muncul saat air laut surut, dan bisa tenggelam kala air laut meninggi.

Meski begitu, hamparan pasir putihnya sayang untuk dilewatkan. Jika mampir ke pulau ini, jangan lupa untuk menyelam atau snorkeling.

Dikutip dari Tribun Travel, Selasa (10/12/2019), Taka Makassar cocok dikunjungi dari siang hingga sore hari.

Untuk mencapai Pulau Taka Makassar, wisatawan bisa naik perahu yang disewakan oleh penduduk setempat.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Labuan Bajo, ke Pantai dan Lihat Komodo

[embedded content]