9 Rekomendasi Film Netflix tentang Bencana Alam yang Menegangkan

Film tentang bencana alam dengan visual yang memukau di Netflix kerap menjadi rekomendasi tontonan. Berikut daftarnya.

9 Rekomendasi Film Netflix tentang Bencana Alam yang Menegangkan
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkembangan zaman yang makin canggih membuat industri film terus menyuguhkan konsep-konsep visual yang tak terduga. Film tentang bencana alam dengan visual yang memukau di Netflix pun kerap menjadi rekomendasi.

Cerita bencana identik dengan kisah perjuangan dan aksi penyelamatan diri yang menarik. Hal inilah yang membuatnya semakin menegangkan dan seru untuk ditonton.

Maka tak heran, platform streaming online Netflix tidak ingin ketinggalan untuk memasukkan referensi film-film bertema bencana alam.

Di bawah ini rekomendasi film di Netflix tentang bencana alam yang semoga dapat menjadi referensi menonton Anda.

1. The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow (2004)Ilustrasi rekomendasi film Netflix tentang bencana alam, The Day After Tomorrow (Foto: Twentieth Century Fox via Imdb)

The Day After Tomorrow adalah film tentang bencana alam yang diproduksi tahun 2004. Film fiksi ini menceritakan terjadinya perubahan iklim drastis yang membuat seluruh dunia membeku dalam waktu singkat.

Film ini mengangkat kisah perjuangan seorang ayah yang ingin bertemu kembali dengan anaknya. Dengan kemasan yang begitu menegangkan, Film ini cocok untuk ditonton keluarga di akhir pekan.

2. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Di akhir tahun 2004, terjadi tsunami besar yang meratakan wilayah Utara, Aceh. Kejadian tersebut menjadi inspirasi dari film berjudul Hafalan Shalat Delisa yang tayang pada tahun 2011 tersebut.

Film karya anak bangsa ini membawa kisah seorang anak perempuan bernama Delisa, yang ditinggal di pantai Aceh bersama ayah, Ibu dan kedua kakaknya.

Ketika hendak melaksanakan ujian praktik salat, terjadi gempa besar yang menimbulkan tsunami yang akhirnya memisahkan Delisa dengan keluarganya.

Sepanjang film, Anda akan merasakan betapa besar perjuangan Delisa untuk kembali menemukan keluarganya. Prosesnya pun disajikan penuh haru dan air mata.

3. Pandora (2016)

Pandora (2016)Rekomendasi film di Netflix tentang bencana, Pandora (Foto: Cinema Park via Imdb)

Pandora adalah film asal negeri ginseng Korea Selatan yang mengisahkan tragedi gempa bumi yang menggemparkan. Bencana ini bukan hal biasa karena memicu ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Peristiwa tersebut mengakibatkan warga terpapar radiasi dan mengancam keselamatan negara.

Film yang disutradarai oleh Park Jung Woo ini dibintangi banyak aktor dan aktris ternama Korea, seperti Kim Young Ae, Choi Seung Hoon, Baek Do Bin, dan lain lain.

Pandora memberikan ketegangan dalam cerita bencana alam yang dibumbui drama dengan efek CGI yang canggih, dan membuat film ini sangat sayang untuk dilewatkan.

4. 2012 (2009)

2012 adalah film yang sempat menggemparkan dunia karena terinspirasi dari ramalan suku Maya yang memprediksikan terjadinya kiamat pada tahun 2012. Ramalan itulah yang menjadikan alasan produksi film 2012 dilakukan.

Film ini memang mengangkat kisah bagaimana hancurnya bumi ketika kiamat datang, visualisasi yang ciamik membuat film ini sangat menarik dan menegangkan untuk ditonton.

5. 7:19 (2016)

7:19 adalah film yang mengangkat kisah gempa bumi berkekuatan 8,0 pada 19 September 1985 di Mexico City. Film ini menceritakan bagaimana gempa besar tersebut berhasil meratakan kota, dan menewaskan sekitar 5.000 orang.

Film 7:19 juga mengangkat tentang aksi heroik para sukarelawan yang berusaha menyelamatkan korban bencana dan memulihkan keadaan.

6. How It Ends (2018)

How It Ends (2018)Rekomendasi film di Netflix tentang bencana, How It Ends (Foto: Paul Schiff Productions via Imdb)

How It Ends adalah film bertema bencana alam yang tayang di tahun 2018. Film ini dibintangi oleh aktor kenamaan Theo James, Forest Whitaker, dan Sam Sutherland.

Dalam film ini diceritakan seorang pengacara yang akan melamar kekasihnya, tetapi tiba-tiba muncul bencana misterius yang mengguncang Pantai Barat, mematikan listrik, menghentikan semua penerbangan, dan membahayakan kota.

Dalam suasana menegangkan ini akhirnya pengacara tersebut melakukan aksi penyelamatan yang berbahaya.

7. The Wandering Earth (2019)

The Wandering Earth adalah film bergenre sci-fi asal China yang merupakan salah satu film dengan biaya produksi termahal pada saat itu. Film ini mengangkat kisah dari novel karya Liu Cixin dan didistribusikan di Netflix.

Film ini bercerita tentang bagaimana masa depan Matahari ketika kondisinya mulai sekarat dan bumi menjadi dingin. Ketika itulah manusia akan berlomba-lomba membangun permukiman bawah tanah atau bahkan berencana pindah ke planet lain.

8. Chernobyl 1986 (2021)

Chernobyl 1986 adalah film tentang bencana alam yang menceritakan tentang ledakan nuklir di wilayah Chernobyl, Republik Sosialis Sovier Ukraina pada April 1986.

Film ini bercerita tentang Alexey (Danila Kozlovsky) yang baru saja pensiun dari perkejaannya sebagai pemadam kebakaran dan ingin bersama kekasihnya (Oksana Akinshina).

Namun, sebuah peristiwa ledakan nuklir terjadi di sebuah pembangkit listrik di wilayah Chernobyl.

9. Don't Look Up (2021)

DON'T LOOK UP, LEONARDO DICAPRIO as DR. RANDALL MINDY. Cr. NIKO TAVERNISE/NETFLIX © 2021Rekomendasi film di Netflix tentang bencana, Don't Look Up (NIKO TAVERNISE/NETFLIX/NIKO TAVERNISE/NETFLIX)

Film tentang bencana selanjutnya adalah Don't Look Up. Berbeda dengan film bencana kebanyakan, film yang satu ini hadir dengan unsur komedi.

Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa pascasarjana Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan profesor Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCarpio) yang menemukan sebuah komet yang mengorbit di dalam tata surya.

Komet berukuran besar tersebut diprediksi akan bertabrakan langsung dengan bumi. Mereka berdua berusaha untuk memperingatkan semua orang.

Demikian rekomendasi film di Netflix tentang bencana alam, semoga bisa menjadi referensi tayangan untuk mengisi libur akhir pekan Anda. Selamat menonton.

(ira/juh)

[Gambas:Video CNN]