9 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Kungfu merupakan seni bela diri yang kerap dijadikan tema film dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Berikut film kungfu terbaik.

9 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa
Jakarta, CNN Indonesia --

Kungfu merupakan seni bela diri yang kerap dijadikan tema film dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tak mengherankan ada cukup banyak film kungfu terbaik dan terpopuler sepanjang masa.

Pasalnya, tak hanya menampilkan beragam jurus dan aksi yang memukau, tetapi film-film ini juga menyajikan alur cerita yang menarik. Selain itu, meski beberapa di antaranya merupakan film lawas, tetapi masih tetap seru disaksikan saat ini.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi film kungfu terbaik dan terpopuler sepanjang masa yang sayang untuk dilewatkan, dihimpun dari berbagai sumber.

1. The Way of Dragon (1972)

Dirilis pada 1972, film lawas berjudul The Way of Dragon ini bercerita tentang Tang Lung, seorang ahli bela diri yang berkunjung ke Roma. Namun, saat tiba, ia langsung berurusan dengan bos sindikat serta dua seniman bela diri dari Jepang dan Eropa.

Sampai akhirnya terjadi duel petarung tangguh, antara Tang Lung dan seorang ahli bela diri asal Amerika bernama Colt.

2. Snake in The Eagle's Shadow (1978)

Snake in the Eagle's Shadow (1978)Film kungfu terbaik, salah satunya Snake in The Eagle's Shadow (Seasonal Film Corporation via Imdb)

Snake in The Eagle's Shadow merupakan salah satu film kungfu terbaik yang menampilkan kisah sebuah perguruan silat di era kekaisaran China di masa lalu. Namun, seiring waktu jurus dari perguruan tersebut hilang.

Hanya ada satu jurus yang tersisa yakni kungfu ular. Keadaan buruk tersebut dijadikan kesempatan untuk perguruan lain untuk menyerang.

3. The Shaolin Temple (1982)

Berikutnya adalah film berjudul The Shaolin Temple yang bercerita tentang anak dari seorang budak yang berhasil meloloskan diri dan menuju kuil Shaolin. Di sana, ia mempelajari ilmu kungfu.

Keinginan belajar ilmu bela diri dilakukan untuk membalaskan dendamnya kepada seorang jenderal pengkhianat yang telah membunuh ayahnya.

4. Once Upon a Time in China (1991)

Once Upon a Time in China menceritakan tentang kisah romantis antara Wong Fei Hung dan bibi ke-13. Akan tetapi keduanya tidak bisa hidup bersama karena adanya tradisi yang menghalangi mereka.

Meski terbilang sebagai film jadul, tetapi film yang satu ini tetap seru untuk ditonton saat ini dan masuk dalam film kungfu terbaik sepanjang masa.

5. The Legend of Drunken Master (1994)

Film klasik berjudul The Legend of Drunken Master ini merupakan salah satu film kungfu terbaik yang bercerita tentang seorang ahli kungfu bernama Wong Fei Hung.

Diceritakan Wong Fei Hung bersama sang ayah pergi untuk mendapatkan rempah-rempah pengobatan. Demi mendapatkan rempah-rempah yang masih langka, Wong Fei Hung melakukan aksinya.

6. Kungfu Hustle (2004)

Kungfu Hustle (2004)Film kungfu terbaik, salah satunya Kungfu Hustle (Columbia Pictures Film Production Asia via Imdb)

Kungfu Hustle merupakan film bergenre action comedy yang tetap seru meski telah ditonton berulang kali. Film ini bercerita tentang seorang pria gelandangan yang ternyata adalah seorang ahli bela diri.

Ia mencoba masuk ke dalam geng Kapak, tetapi gagal. Namun seiring berjalannya waktu ia berhasil mengetahui identitas aslinya yakni seorang ahli bela diri dengan jurus yang dahsyat

7. Ip Man (2008)

Ip Man merupakan film kungfu yang bercerita tentang seorang pria ahli bela diri bernama Ip Man. Kehidupan Ip Man yang tenang tiba-tiba berubah saat Jepang melakukan invasi terhadap China.

Alur cerita yang menarik dan adegan laga yang memukau membuat film ini berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam ajang perfilman.

8. The Karate Kid (2010)

The Karate Kid (2010)Film kungfu terbaik, salah satunya The Karate Kid (dok. Columbia Pictures via IMDb)

Film The Karate Kid ini tak hanya menyuguhkan alur cerita yang menarik, tetapi juga menampilkan aksi kungfu yang memukau.

Film ini bercerita tentang seorang anak kecil bernama Dre Parker yang pindah dari Amerika ke Beijing karena masalah ekonomi. Dre kemudian bertemu seorang pria tua yang mengajarinya bela diri.

9. Enter The Fat Dragon (2020)

Enter The Fat Dragon merupakan film yang terbilang baru karena dirilis pada tahun 2020. Film ini menceritakan tentang seorang polisi yang baru saja diputuskan oleh pacarnya sehingga membuatnya makan terus-menerus.

Film yang satu ini mampu menghadirkan komedi yang segar dan adegan perkelahian yang menarik.

Itulah sejumlah film kungfu terbaik dan terpopuler sepanjang masa. Selamat menonton.

(juh)

[Gambas:Video CNN]