9 Film Jepang Terbaik Versi IMDb yang Tak Lekang Waktu

Sejumlah film asal Jepang berhasil mencuri perhatian penonton di seluruh dunia. Berikut ini film Jepang terbaik versi IMDb.

9 Film Jepang Terbaik Versi IMDb yang Tak Lekang Waktu
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain dikenal dengan manga dan anime, Jepang juga memiliki deretan film-film yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Bahkan bisa dikatakan kalau beberapa di antaranya merupakan film Jepang terbaik.

Hadir dengan genre dan tema yang beragam membuat deretan film tersebut menjadi alternatif tontonan yang menarik. Tak mengherankan kalau film-film tersebut berhasil meraih rating tinggi di IMDb dan mencuri perhatian penontonnya di seluruh dunia. 

Jika Anda sedang mencari referensi tontonan dari Jepang, beberapa film di bawah ini dapat menjadi pilihan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah film Jepang terbaik versi IMDb yang tak lekang oleh waktu.

1. Ringu (1998)

Sadako dalam film Ringu (1998) atau the RingFilm terbaik Jepang, salah satunya Ringu (Foto: (dok. Basara Pictures/Imagica/Asmik Ace Entertainment/Kadokawa Shoten Publishing Co./Omega Project/Pony Canyon/Toho Company via IMDb)

Ringu merupakan film horor legendaris yang menceritakan tentang kejadian misterius yang menyebabkan kematian banyak orang. Setelah dilakukan penelusuran, rupanya penyebab kematian orang-orang adalah sebuah video.

Sadako Yamamura adalah sosok ikonis di film Ringu dan membuat film ini populer dan diperbincangkan. Kepopuleran film ini membuatnya banyak dibuat versi remake, tetapi versi asli Ringu tetap yang paling menyeramkan.

Tak heran kalau IMDb memberikan rating cukup tinggi yakni 7,2/10 untuk film yang satu ini.

2. Battle Royale (2000)

Hadir dengan genre aksi yang penuh dengan pertumpahan darah, Battle Royale merupakan salah satu film Jepang terbaik. Film ini menceritakan tentang kisah menarik dari penanganan kenakalan remaja di Jepang.

Pemerintah memaksa para remaja untuk ikut program militer. Mereka diculik lalu dikumpulkan di sebuah pulau kecil dan diberi senjata agar saling membunuh dalam waktu tiga hari. Battle Royale berhasil meraih rating 7,6/10 di IMDb.

3. Swing Girls (2004)

Swing Girls merupakan film asal Jepang yang bercerita tentang sekumpulan siswi di sebuah sekolah yang menghindari kelas tambahan musim panas dengan mengikuti kegiatan grup orkestra.

Pada awalnya, mereka melakukan hal tersebut untuk mengelabui guru-guru. Namun, mereka malah diminta mengikuti kontes besar. Film bergenre komedi ini memiliki rating 7,5/10 di IMDb.

4. The Taste of Tea (2004)

The Taste of Tea (2004)Film terbaik Jepang, salah satunya The Taste of Tea (Foto: Grasshoppa)

Berbeda dengan beberapa film di atas, The Taste of Tea merupakan film dengan format omnibus. Film ini diceritakan lewat beberapa karakter berbeda yang memiliki benang merah satu sama lain.

Syuting film ini dilakukan di daerah perdesaan di Jepang dan dibuat dengan sinematografi yang indah. The Taste of Tea berhasil meraih rating IMDb 7,6/10.

5. Nobody Knows (2004) 

Diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1980-an di Tokyo, Nobody Knows siap membuat sedih para penontonnya. Film ini berkisah tentang seorang ibu yang menelantarkan lima anak di bawah umur.

Anak-anak berusia 5-12 tahun tersebut berjuang hidup dengan cara mereka sendiri. Sejak tahun perilisannya dan hingga kini, Nobody Knows menjadi film Jepang terbaik yang menyentuh dengan rating 8/10 di IMDb.

6. Linda Linda Linda (2005)

Linda Linda Linda merupakan film yang mengisahkan tentang sekumpulan siswa SMA yang membentuk grup band. Mereka harus tampil di acara sekolah tetapi dua anggota band memutuskan keluar.

Tiga anggota yang tersisa mencari posisi penggantinya. Namun mereka hanya mendapatkan murid pindahan dari Korea Selatan yang belum lancar berbahasa Jepang. Ceritanya yang menarik membuat film ini meraih rating IMDb 7,5/10.

7. Our Little Sister (2015)

Our Little Sister (2015)Film terbaik Jepang, salah satunya Our Little Sister (Foto: Toho)

Our Little Sister merupakan film yang bercerita tentang empat perempuan bersaudara yang tinggal dalam satu rumah. Keempatnya menjalani keseharian dengan masalah yang dialami masing-masing.

Meski terlihat memiliki kisah yang sederhana, film yang diadaptasi dari manga berjudul Umimachi Diary ini berhasil menyentuh hati penontonnya dan meraih rating IMDb sebesar 7,5/10.

8. My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

Film yang satu ini memiliki tema yang menarik yakni tentang perjalanan waktu. My Tomorrow, Your Yesterday bercerita tentang dua orang yang menjalani waktu berbeda tetapi bertemu dalam rentang waktu lima tahun sekali.

Jangan lupa siapkan tisu, sebab film yang satu ini dapat membuat air matamu menetes. My Tomorrow, Your Yesterday sendiri berhasil meraih rating 7,4/10 di IMDb.

9. Shoplifters (2018)

Film 'The Shoplifters'. (dok. Aoi Pro, Inc/GAGA Pictures)Film terbaik Jepang, salah satunya Shoplifters (Foto: dok. Aoi Pro, Inc/GAGA Pictures)

Shoplifters merupakan salah satu film asal Jepang yang menyentuh hati. Film ini bercerita tentang kisah sebuah keluarga yang menggantungkan hidupnya dengan mencuri.

Perjuangan hidup yang ditampilkan di film ini akan menyentuh hati para penontonnya, ditambah lagi dengan ending yang dikemas apik dan mengharukan yang akan terkenang oleh penontonnya.

Kisahnya yang mengharukan tersebut membuat Shoplifters berhasil meraih rating IMDb sebesar 7,9/10.

Demikian sejumlah film terbaik Jepang versi IMDb yang tak lekang oleh waktu. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]