9 Film Action Indonesia yang Mendunia, Java Heat hingga Gundala

Indonesia memiliki sejumlah film laga yang tak kalah menarik dengan film-film Hollywood. Berikut film action Indonesia yang mendunia.

9 Film Action Indonesia yang Mendunia, Java Heat hingga Gundala
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia memiliki sejumlah film laga yang tak kalah menarik dengan film-film Hollywood. Bahkan beberapa film action Indonesia diketahui berhasil menembus bioskop internasional dan mendunia.

Tidak hanya memiliki alur cerita yang menarik dan aksi laga yang memukau, tetapi efek CGI yang ditampilkan juga begitu apik sehingga tak heran apabila film-film tersebut berhasil menarik perhatian dan mendapat apresiasi di mata dunia.

Lantas apa saja judul-judul film tersebut? Berikut ini sejumlah film action Indonesia yang mendunia dan wajib Anda tonton!

1. Java Heat (2013)

Java Heat (2013)Rekomendasifilm action Indonesia yang mendunia, salah satunya Java Heat (IFC Films)

Film Indonesia yang mendunia pertama adalah Java Heat. Selain di Indonesia, film yang disutradarai oleh Conor Allyn ini sempat rilis di Jerman dan Amerika Serikat.

Java Heat mengisahkan tentang dua orang detektif yang berbeda negara bekerja sama dalam misi memberantas teroris yang ada di Indonesia. Film ini mengambil latar di Kota Magelang, tepatnya di daerah sekitar Candi Borobudur.

2. Killers (2014)

Dari sutradara The Mo Brothers (Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto), ada film berjudul Killers yang merupakan film hasil kolaborasi Indonesia dan Jepang.

Film ini menceritakan tentang dua orang pembunuh yang dipisahkan oleh dua negara yakni Jakarta, Indonesia dan Tokyo, Jepang.

3. The Raid (2014)

The Raid: Redemption (2011) dan The Raid 2: Berandal (2014) merupakan dua film action Indonesia yang sukses dan mendunia. Dua film ini berhasil mendapat rating yang baik dan diputar di sejumlah negara.

Film yang disutradarai oleh Gareth Evans ini tak hanya membuat nama aktor Indonesia semakin dikenal dunia, tetapi juga berhasil memperkenalkan bela diri asli Indonesia, yakni pencak silat.

4. Headshot (2016)

Headshot (2016)Rekomendasi film action Indonesia yang mendunia, salah satunya Headshot (Foto: Infinite Frameworks Studios)

Dirilis 2016, Headshot merupakan film yang juga disutradarai oleh The Mo Brothers. Sebelum tayang di Indonesia, Headshot melakukan premiere di Toronto International Film Festival 2016.

Headshot menceritakan tentang seorang pemuda yang terdampar di pantai dan lupa ingatan. Ia diselamatkan oleh seorang perempuan yang juga seorang ahli kesehatan.

Rupanya pria itu dulunya adalah anggota kelompok penjahat yang kejam. Ia pun menjadi buronan teman-temannya.

5. Night Bus (2017)

Film action Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Night Bus. Film yang disutradarai oleh Emil Heradi ini terinspirasi dari konflik dan pemberontakan yang terjadi di Aceh.

Night Bus menceritakan tentang sebuah bus yang menuju kota yang sedang berkonflik dengan kota lain. Di dalam bus tersebut terdapat seorang penyusup yang ternyata adalah buronan dari dua pihak yang sedang konflik.

6. The Night Comes for Us (2018)

Disutradarai oleh Timo Tjahjanto, The Night Comes for Us berhasil tayang di Amerika dan Italia, serta mendapat sejumlah penghargaan. Salah satunya, Penghargaan Piala Maya 2019 dalam kategori Special Mention: Film Indonesia Berkibar di Platform Digital Internasional.

Film ini menceritakan tentang seorang anggota geng yang terpaksa harus mengkhianati teman-temannya untuk menyelamatkan seorang gadis. Alhasil, ia menjadi buronan anggota geng yang lain dan harus bertarung menghadapi teman-temannya sendiri.

7. Buffalo Boys (2018)

Buffalo Boys merupakan film kerja sama dua negara yakni Indonesia dan Singapura yang disutradarai oleh Mike Wiluan.

Film ini mengisahkan tentang dua orang yang sedang berusaha menyelamatkan penduduk Indonesia dari penjajahan kolonial.

8. Foxtrot Six (2019)

Foxtrot Six (2019)Rekomendasi film action Indonesia yang mendunia, salah satunya Foxtrot Six (MD Entertainment)

Dari sutradara Randy Korompis, Foxtrot Six merupakan film yang menampilkan tontonan dengan kualitas Hollywood.

Foxtrot Six menceritakan tentang seorang mantan marinir yang berjuang bersama teman-temannya untuk menyelamatkan Indonesia dari kemiskinan. Film ini berlatarkan kondisi Indonesia di masa depan.

9. Gundala (2019)

Film garapan Joko Anwar berjudul Gundala ini sempat membuat heboh bioskop tanah air dan mendapatkan respons positif dari penonton.

Gundala menceritakan tentang superhero Indonesia yang memiliki kekuatan petir. Selain di Indonesia, film ini juga tayang di Malaysia dan Festival Film Internasional Toronto 2019.

Itulah sejumlah film action Indonesia yang mendunia. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]