8 Wisata Murah di Kediri, Bisa Buat Libur Lebaran

Ada sejumlah destinasi wisata murah di Kediri yang menarik untuk dikunjungi termasuk pada saat libur Lebaran 2023.

8 Wisata Murah di Kediri, Bisa Buat Libur Lebaran

KOMPAS.com - Kediri merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Ada sejumlah destinasi wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi termasuk pada saat libur Lebaran 2023.

Berwisata di Kediri tidak melulu harus merogoh kocek dalam-dalam. Ada sejumlah wisata murah di Kediri yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran 2023.

Baca juga: 9 Kafe Instagramable Kediri, Cocok buat Tempat Ngopi dan Nongkrong

Baca juga: Itinerary Wisata Alam 2 Hari 1 Malam di Kediri

Wisatawan bisa mengunjungi ikon Kota Kediri atau menikmati panorama alam.

Berikut sejumlah tempat wisata murah di Kediri seperti dihimpun Kompas.com.

1. Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIM Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Simpang Lima Gumul merupakan ikon Kabupaten Kediri. Mengutip Kompas.com (26/8/2022), keunikan Simpang Lima Gumul adalah bangunan berbentuk gapura mirip Arc de Triomphe yang ada di Paris, Perancis.

Monumen yang diresmikan pada 2008 ini, berada di Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang bangunan Simpang Gumul atau menyaksikan foto-foto wisata dan budaya Kabupaten Kediri.

2. Alun-alun Kota Kediri

Selain Simpang Lima Gumul, ikon Kota Kediri lainnya adalah Alun-alun Kota Kediri. Lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Jalan Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kota Kediri.

Berbeda dengan alun-alun yang berupa tanah lapang, Alun-alun Kediri justru menyerupai taman. Terdapat patung emas di tengah alun-alun yang merupakan patung Mayor Bismo, proklamator kemerdekaan RI di Kediri.

Tempat publik ini tidak pernah sepi dari pengunjung, termasuk pada malam hari. Ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di Alun-alun Kediri seperti olahraga, duduk santai, atau wisata kuliner.

Baca juga: Goa Selomangleng di Kediri: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Aktivitas

Baca juga: Rute ke Simpang Gumul Kediri yang Mirip Arc de Triomphe di Paris

3. Gunung Kelud 

Kawah Gunung Kelud dari spot panorama pada Kamis (4/8/2022).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Kelud dari spot panorama pada Kamis (4/8/2022).

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung yang berada di Kediri dengan ketinggian 1.731 meter. Menariknya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan hingga mendekati puncak gunung.

Mengutip Kompas.com (20/8/2022), terdapat sebuah kawah di puncak Gunung Kelud. Perjalanan menuju kawah Gunung Kelud dari area parkir memakan waktu sekitar satu jam berjalan kaki.

Sepanjang jalur menuju puncak gunung, pendaki bisa menikmati pemandangan Kota Kediri dan sekitarnya. Namun demikian, pendaki dilarang mendekati area kawah Gunung Kelud.