8 Tips Solo Traveling untuk Pemula, Tetap Aman dan Nyaman!

Simak 8 tips solo traveling untuk pemula agar liburanmu tetap nyaman dan aman! Salah satu tipsnya adalah membuat itinerary!

8 Tips Solo Traveling untuk Pemula, Tetap Aman dan Nyaman!

Ingin melakukan traveling seorang diri atau solo traveling? Bisa banget! Namun, sebelum memutuskan pergi, kamu bisa simak tips solo traveling untuk pemula berikut ini!

8 Tips Solo Traveling untuk Pemula, Tetap Aman dan Nyaman!

Traveling tidak selamanya harus bersama teman atau keluarga. Kamu bisa loh pergi traveling seorang diri atau menjalankan solo traveling.

Apalagi, dengan solo traveling kamu tidak perlu repot mengatur waktu atau berkompromi memilih destinasi liburan. Semua bisa kamu tentukan sendiri, sesukamu!

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin solo traveling, terlebih untuk kamu yang baru pertama kali ingin melakukan solo traveling.

Agar seluruh perjalanan tetap aman, kamu bisa simak 8 tips solo traveling untuk pemula berikut ini!

8 Tips Solo Traveling untuk Pemula

1. Tentukan Destinasi yang Ingin Dituju

Tips solo traveling untuk pemula yang pertama adalah menentukan destinasi atau tempat liburan yang ingin dituju.

Pilihlah destinasi yang cocok untuk dijelajahi seorang diri. Agar mendapat bayangan terkait tempat yang ingin dituju, kamu bisa bertanya ke orang terdekatmu yang pernah berkunjung lebih dulu.

2. Buatlah Itinerary

Setelah menentukan destinasi yang kana dituju, tips solo traveling untuk pemula selanjutnya adalah membuat itinerary.

Meski bepergian seorang diri dan bebas pergi kemanapun, bukan berarti kamu tidak memerlukan persiapan.

Dengan menyusun itinerary, kamu jadi tahu tempat apa saja yang akan dikunjungi. Waktumu juga tidak akan terbuang sia-sia akibat bingung ingin pergi kemana.

Terlebih, bingung saat sendirian di daerah asing memiliki resiko terjadinya tindakan kriminal. Jadi, siapkan itinerary mu sebaik mungkin sebelum pergi!

(Baca Juga: 7 Daftar Kartu Kredit untuk Liburan ke Luar Negeri)

3. Cari Tahu Akses Transportasi

Ketika berlibur, kamu pasti ingin berkunjung ke banyak tempat. Untuk pergi dari satu tempat ketempat lainnya, pasti membutuhkan transportasi.

Maka dari itu, mencari tahu akses transportasi sebelum bepergian menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan.

Untuk menghemat budget, kamu bisa gunakan transportasi umum seperti kereta atau angkutan umum sebagai alat transportasi.

Cari tahu juga jarak antar suatu tempat agar kamu bisa memperkirakan berapa banyak waktu yang perlu ditempuh.

4. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Tips solo traveling untuk pemula selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Misal kamu pergi keluar negeri. Jangan lupa siapkan paspor, KTP, tiket pesawat, dan dokumen penting lainnya.

Selalu perhatikan dokumen penting tersebut. Jangan sampai ceroboh dan hilang. Kamu bisa simpan dokumen tersebut di dalam tasmu.

5. Kunjungi Destinasi Favorit

Kamu bisa riset terlebih dahulu terkait destinasi terfavorit yang ada di tempat tujuanmu. Dan atur jadwal untuk mengunjungi destinasi favoritmu.

Jika sudah pergi jauh, pasti sayang bukan jika melewatkan destinasi favorit di suatu tempat. Terlebih, jika tempat tersebut memiliki pemandangan yang cantik dengan suasana yang menenangkan.

Selain mengunjungi tempat-tempat yang cantik, jangan lupa untuk mencicipi masakan khas tempatmu berlibur.

Kamu bisa coba makanan khas dari tempatmu berlibur. Terkadang, banyak hidden gem restoran yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, riset terlebih dahulu untuk bisa mengunjunginya!

6. Membawa Obat-obatan Pribadi

Karena traveling seorang diri, kamu harus bisa menjaga dirimu sendiri. Siapkan obat-obatan pribadi yang harus kamu bawa.

Bawa juga beberapa obat-obatan umum, seperti parasetamol, vitamin, hansaplast, dan obat lainnya untuk antisipasi terjadi sesuatu.

7. Catat Nomor Darurat

Bepergian sendiri ke tempat baru dan bertemu orang asing, tentu perlu meningkatkan waspada. Selalu berhati-hati, untuk menjaga keselamatan diri maupun barang berharga.

Oleh sebab itu, mencatat nomor darurat menjadi tips solo traveling untuk pemula yang perlu diperhatikan.

Kamu bisa catat nomor penting seperti pasangan, keluarga, ataupun teman dekat. Jangan lupa untuk mencatat nomor darurat tempat yang kamu tuju, terlebih ketika berlibur ke luar negeri.

Simpan nomor darurat seperti nomor polisi atau rumah sakit, sehingga ketika terjadi sesuatu, kamu bisa menghubungi nomor tersebut.

8. Rancang Budget Pengeluaran

Tips solo traveling untuk pemula selanjutnya adalah dengan menyusun rancangan budget pengeluaran untuk liburan.

Kamu bisa hitung biaya transportasi, makan, masuk destinasi hiburan, dan lainnya. Tujuannya, agar kamu tetap bisa mengontrol keuangan, dan tidak kehabisan biaya di perjalanan.

Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit milikmu untuk pergi berlibur. Terlebih, jika kamu memilih berlibur keluar negeri.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu repot menukarkan uang ke money change. Proses belanjapun akan lebih mudah dan praktis.

Kartu kredit juga memberikan banyak promo seperti diskon, cashback, hingga reward poin yang bisa kamu manfaatkan.

Untuk menghemat budget, kamu bahkan bisa memanfaatkan reward poin kartu kredit yang kamu miliki untuk mendapatkan akses free lounge!

(Baca Juga: 5 Kartu Kredit Terbaik untuk Liburan dan Sederet Keuntungannya)

Bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Tenang saja, kamu bisa segera memiliki kartu kredit! Ada banyak pilihan kartu kredit terbaik yang bisa dipilih, diantaranya:

Rekomendasi kartu kredit di atas bisa dapatkan dengan mudah melalui CekAja. Proses pengajuan di sana juga terbilang cukup cepat, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dan tentu tidak mengganggu rencana liburanmu.

Tiap kartu kredit memiliki keunggulan tersendiri, pilihlah jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu!

Itu dia beberapa tips solo traveling untuk pemula yang bisa kamu simak. Agar bisa segera pergi berlibur, yuk ajukan kartu kredit favoritmu sekarang juga melalui CekAja!