8 Tempat Wisata di Ubud yang Paling Indah pada Tahun 2023

Tempat wisata di Ubud selalu menghadirkan keindahan alam yang mengesankan. Cocok untuk Anda yang ingin berlibur dan mencari ketenangan sekaligus belajar budaya lokal.

8 Tempat Wisata di Ubud yang Paling Indah pada Tahun 2023

Apa yang AutoFamily pikirkan saat mendengar tempat wisata di Ubud? Apakah pemandangan alam yang indah? Tentu saja, Ubud memiliki keindahan alam yang memesona dan menakjubkan. Namun tidak hanya itu, di Ubud juga ada tempat wisata sejarah, wisata religi, dan wahana seru yang dapat Anda nikmati dengan keluarga. Kalau begitu, yuk simak rekomendasi tempat wisata Ubud paling indah yang wajib Anda kunjungi. 

8 Tempat Wisata di Ubud yang Paling Indah pada Tahun 2023

Ubud termasuk wisata populer di Bali yang terkenal akan keindahan alam, seni, dan budayanya. Sebenarnya, ada banyak tempat wisata yang dapat Anda nikmati selama di Ubud. Untuk itu, penting bagi AutoFamily menyusun itinerary, agar perjalanan liburan Anda makin lancar. Lalu, tempat wisata mana saja yang sebaiknya dikunjungi? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Istana Ubud

Istana Ubud atau Ubud Palace didirikan pada zaman di mana Bali dikuasai oleh beberapa kerajaan. Dahulu, Istana ini digunakan sebagai tempat tinggal resmi keluarga Kerajaan Ubud dan menjadi pusat pemerintahan. 

Saat ini, kompleks bangunan bersejarah yang terletak di tengah-tengah Ubud telah diubah fungsinya menjadi museum dan pusat seni tradisional Bali. Bagi AutoFamily yang ingin belajar kesenian Bali bisa berkunjung ke sini.

2. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau Campuhan Ridge Walk terletak di Jalan Bangkiang Sidem yang berdekatan dengan Pura Gunung Lebah. Terdapat dua anak sungai yang mengalir di sekitarnya, sehingga menambah suasana sejuk di tempat tersebut.

Di sini, AutoFamily bisa melakukan berbagai aktivitas seperti jogging atau bersepeda sambil menikmati pemandangan senja yang indah di bukit ini. Selama berjalan, AutoFamily juga dapat mengambil foto yang menarik.

Di bukit ini tersedia fasilitas parkir yang luas, kamar mandi, tempat istirahat, dan layanan sewa sepeda. Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Bukit Campuhan, tetapi AutoFamily hanya perlu membayar biaya parkir dan biaya sewa sepeda jika ingin menggunakannya.

image

3. Desa Petulu

Salah satu daya tarik dari Desa Petulu adalah kehadiran ribuan burung bangau yang terbang di atas persawahan dan pohon. Jenis burung bangau tersebut yaitu bangau putih atau disebut juga kokoan oleh masyarakat Bali. Waktu terbaik untuk melihat kelompok kokoan saat sore hari, karena jumlahnya lebih banyak. 

Desa Petulu terletak sekitar 2,8 km dari pusat Ubud dan dapat dicapai dalam waktu 10 menit dengan berkendara. AutoFamily juga bisa berkeliling menggunakan mobil untuk menikmati keindahan Desa Petulu secara keseluruhan. 

Pastikan mobil yang Anda gunakan dalam keadaan optimal, termasuk mesin, sistem rem, hingga sistem kelistrikan. Tentu agar tidak terjadi kendala saat digunakan menikmati keindahan alam di desa ini. Untuk itu, penting bagi AutoFamily melakukan perawatan rutin mobil di bengkel Auto2000. Anda bisa menggunakan Layanan Bengkel Toyota yang selalu siap meningkatkan performa mobil Anda.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Instagramable dan Seru

4. Puri Saren

Puri Saren adalah kediaman resmi dari keluarga Raja Ubud yang telah berdiri sejak tanggal 19 April 1771. Puri Saren awalnya dibangun oleh Raja Gianyar I, Ida Dewata Manggis Sakti. AutoFamily bisa menyaksikan kekentalan arsitektur Bali pada bangunan puri ini. 

Lokasinya berada di Jalan Raya Ubud Nomor 8, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Tidak hanya itu, AutoFamily yang beruntung dapat menyaksikan penduduk setempat yang sedang berlatih tarian tradisional Bali. Anda pun bisa belajar tentang kesenian Bali secara lebih dalam melalui seni tari.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Agung Rai Museum Art (ARMA)

Museum ARMA menampung koleksi lukisan dari seniman-seniman Indonesia, Bali, dan luar negeri. Koleksi ini meliputi karya-karya tradisional dan kontemporer, seperti lukisan klasik Kamasan pada kulit kayu, karya seniman Batuan pada tahun 1930-an dan 1940-an, dan karya-karya Raden Saleh dan Syarif Bustaman.

Di antara karya-karya tersebut, terdapat lukisan dari seniman-seniman Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, Anak Agung Gede Sobrat, dan I Gusti Made Deblog. Terdapat juga karya seniman asing seperti Willem Gerard Hofker, Rudolf Bonnet, dan Willem Dooijewaard. Walter Spies, seorang pelukis Jerman yang sangat berperan dalam perkembangan seni rupa Bali, juga memiliki tempat khusus dalam koleksi museum.

Selain menikmati koleksi seni, AutoFamily juga dapat menikmati pertunjukan teater, kelas tari, musik, dan lukisan, dan memanfaatkan toko buku, perpustakaan, serta ruang baca yang tersedia. Museum ini juga menyediakan lokakarya budaya, konferensi, seminar, dan pelatihan. ARMA juga menawarkan resor dengan berbagai pilihan kamar, paket pernikahan, restoran, dan warung kopi.

Baca juga: 30 Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut Saat Bepergian

6. Terasering Tegalalang

Tegalalang menawarkan pemandangan panorama yang indah dan menawan. Lokasi ini terdiri dari persawahan terasering yang disertai dengan suasana yang sejuk. Tegalalang Rice Terrace adalah nama lain yang dikenal untuk tempat wisata di Ubud ini. 

Menariknya, sistem pertanian di sini masih menggunakan metode tradisional, yaitu dengan menggunakan irigasi subak. Selain menikmati pemandangan alam, AutoFamily juga dapat mencoba bali swing dengan latar belakang persawahan Tegalalang yang indah dan menakjubkan. 

7. Gua Gajah

Gua Gajah merupakan situs purbakala yang menakjubkan. Pada pintu masuk gua, terdapat tonjolan berbentuk mulut raksasa yang besar dan unik, serta bentuk-bentuk seperti batu karang, daun, kera, dan babi.

Di dalam gua, AutoFamily dapat melihat beberapa arca dan patung, termasuk arca Ganesha. Gua Gajah dikenal juga sebagai Kunjarakunja Pada atau 'asmara kunjara.' Kata "kunjara" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti gajah.

Baca juga: Cara Mengemudi Mobil di Tanjakan Curam untuk Pemula

8. Pasar Seni Ubud

Setelah seharian berkeliling di Ubud, AutoFamily bisa mengunjungi Pasar Seni Ubud. Di sini, AutoFamily dapat melihat banyak pilihan cenderamata khas Bali yang dapat dibeli untuk oleh-oleh. 

Selain itu, terdapat juga kafe, toko perhiasan, toko baju, dan toko oleh-oleh khas Bali. Sebagai pasar tradisional, proses tawar-menawar harga di sini bisa menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi AutoFamily. 

Pasar Seni Ubud dapat ditemukan di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Pada pagi hari, pasar ini digunakan sebagai pasar sembako, sedangkan pada sore hari digunakan untuk menjual berbagai macam suvenir.

image

Bagi AutoFamily yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata di Ubud, sebaiknya coba mengunjungi destinasi wisata menggunakan mobil pribadi. Tujuannya agar itinerary yang telah Anda susun bisa dikunjungi dengan maksimal.

Pastikan juga mobil yang Anda gunakan dalam keadaan optimal, agar perjalanan Anda makin aman dan lancar. Penting untuk melakukan perawatan rutin pada mobil Anda dengan memanfaatkan Paket Servis Toyota di bengkel Auto2000. Perjalanan liburan Anda di Ubud pun bisa terasa lebih seru dan menyenangkan.

Sebelum berkunjung ke bengkel Auto2000, AutoFamily sebaiknya booking online jadwal untuk servis rutin mobil agar prosesnya dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.  Booking jadwal dapat dilakukan melalui Auto2000 Digiroom. Yuk kunjungi Auto2000 sekarang dan tingkatkan performa mobil Anda. 

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.