7 Rekomendasi Film yang Disutradarai Lucky Kuswandi, Ada Galih & Ratna

Dear David membuat nama Lucky Kuswandi sebagai sutradara jadi perbincangan. Simak rekomendasi film yang disutradarai Lucky Kuswandi.

7 Rekomendasi Film yang Disutradarai Lucky Kuswandi, Ada Galih & Ratna
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Indonesia Dear David membuat nama Lucky Kuswandi sebagai sutradara banyak diperbincangkan. Sebenarnya, ada cukup banyak film yang disutradarai Lucky Kuswandi selain Dear David.

Selain menjadi sutradara, pria kelahiran 29 Agustus 1980 ini juga sudah malang-melintang di dunia perfilman. Mulai dari menjadi produser, penulis skenario, hingga editor.

Sebagai sutradara, Lucky Kuswandi cukup berani membahas hal-hal yang dianggap tabu. Hal tersebut berhasil membuat industri perfilman Indonesia jadi lebih berwarna.

Lantas apa saja film yang disutradarai Lucky Kuswandi? Simak rekomendasinya berikut yang bisa menjadi pilihan tontonan, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Still (2005)

Di tahun 2005, Lucky Kuswandi merilis film pendek berjudul Still. Keunikan film ini adalah hadir tanpa dialog, seperti yang dikutip dari laman Indonesian Film Center.

Film ini menampilkan monolog internal dan lanskap emosional dari perjalanan seorang pria muda menuju penemuan diri, cinta, dan hubungan kembali dengan ayahnya.

Still sendiri merupakan film yang terinspirasi oleh kumpulan puisi yang ditulis Jason. Still merupakan eksplorasi visual dan emosional dari tulisan-tulisannya, yang mencerminkan rasa keterputusan, ketidakpuasan, dan kesepian.

2. Madame X (2010)

Madame X (2010)Rekomendasi film yang disutradarai Lucky Kuswandi, salah satunya Madam X (Kalyana Shira Films)

Madame X merupakan film garapan Lucky Kuswandi yang mengangkat nilai keberagaman dalam masyarakat. Madam X sendiri adalah karakter superhero yang diperankan oleh Aming.

Film ini bercerita dalam tone yang tidak biasa, mengambil latar dunia yang antah berantah dengan warna-warni yang terang.

3. Selamat Pagi, Malam (2014)

Melalui film Selamat Pagi, Malam, Lucky Kuswandi menampilkan wajah Jakarta di malam hari lewat tiga tokoh perempuan.

Masing-masing karakternya menghadapi problematika tersendiri tentang kehidupan dan bagaimana mereka melaluinya dalam satu malam.

4. The Fox Exploits The Tiger's Might (2015)

The Fox Exploits The Tiger's Might merupakan film berlatar di Indonesia pada era Orde Baru. Film ini menceritakan Aseng dan David, dua remaja laki-laki SMP.

Keduanya berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda, Aseng adalah anak pedagang tembakau beretnis Tionghoa. Sementara David adalah anak jenderal yang gemar memamerkan kekayaan ayahnya.

5. Galih dan Ratna (2017)

Poster Film Galih dan RatnaRekomendasi film yang disutradarai Lucky Kuswandi, salah satunya Galih dan Ratna (Dok. 360 Synergy dan Nant Entertainment)

Berbeda dengan karya-karya sebelumnya, Galih dan Ratna bisa dikatakan sebagai film Lucky Kuswandi yang ceritanya cukup mainstream. Film ini merupakan adaptasi bebas dari film Gita Cinta dari SMA yang dirilis pada era 70-an.

Masih dengan cerita yang sama, film ini menceritakan tentang Galih yang mencintai musik dan bertemu dengan anak baru di sekolahnya yakni Ratna.

Namun, meski memiliki cerita yang sama dengan film aslinya, di tangan Lucky Kuswandi film ini terasa berbeda karena menampilkan karakter-karakter yang penuh keberagaman.

6. Ali & Ratu-Ratu Queens (2021)

Dirilis di Netflix pada tahun 2021, Ali & Ratu-Ratu Queens juga merupakan salah satu karya Lucky Kuswandi yang menarik untuk disaksikan.

Film ini menceritakan tentang Ali, seorang remaja laki-laki yang berusaha mencari ibu kandungnya ke New York.

Melalui film ini, Lucky mendefinisikan arti keluarga yang jarang diangkat dalam perfilman Indonesia.

7. Dear David (2023)

Dear David (2023)Rekomendasi film yang disutradarai Lucky Kuswandi, salah satunya Dear David (dok. Netflix)

Terbaru ada Dear David yang menceritakan tentang Laras, seorang siswi SMA peraih beasiswa. Di luar aktivitas sekolahnya, Laras menulis cerita fantasi erotis tentang sosok siswa yang diam-diam ia sukai.

Dear David merupakan film Lucky Kuswandi yang berani mengangkat tema gairah remaja yang selama ini kerap dianggap tabu.

Itulah rekomendasi film yang disutradarai Lucky Kuswandi. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]