7 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa versi IMDb

Berikut 7 film barat terbaik sepanjang masa versi rating IMDb. Film-film ini menarik baik dari segi cerita, sinematografi, dan lainnya.

7 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa versi IMDb
Jakarta, CNN Indonesia --

Industri film barat atau Hollywood tak pernah kehabisan ide untuk menghasilkan film-film menarik bagi penonton, baik dari sisi cerita, sinematografi, dan sebagainya.

Dari sini, lahirlah berbagai film barat terbaik sepanjang masa. Salah satunya merujuk pada penilaian di situs pengulas dan rating film serta serial TV, Internet Movie Database alias IMDb.

Rating dari IMDb menggunakan mekanisme voting dari para penonton. Rating ini kemudian menjadi salah satu acuan kualitas film-film di dunia.

Berikut 7 film barat terbaik sepanjang masa versi rating IMDb.

1. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption menjadi film dengan rating tertinggi sepanjang masa di IMDb, yaitu mencapai 9,3. Film ini diangkat dari novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption karya Stephen King.

Film ini berkisah tentang Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir yang masuk penjara karena tuduhan membunuh istrinya. Padahal hal tersebut tidak ia lakukan.

Di penjara, Andy berkenalan dengan Ellis 'Red' Redding (Morgan Freeman), narapidana yang sudah dipenjara selama 20 tahun.

Andy mengatakan harapannya ke Red untuk keluar dari penjara dan hidup di kota pesisir Meksiko, meski dianggap Red tidak realistis. Namun, Andy berhasil mewujudkan harapannya setelah menguak korupsi yang dilakukan Kepala Penjara Samuel Norton (Bob Gunton).


2. The Godfather (1972)

Ilustrasi Adegan Film The godfatherFilm barat terbaik sepanjang masa, The Godfather (Foto: Dok. Paramount Pictures)

Film dengan rating tertinggi IMDb selanjutnya adalah The Godfather mencapai 9,2. Tak hanya punya rating yang tinggi, The Godfather juga mengantongi berbagai penghargaan bergengsi dari Academy Awards, Golden Globe Awards, sampai Grammy Awards.

The Godfather mengangkat cerita tentang Vito Corleone (Marlon Brando), bos mafia judi, narkoba, prostitusi, dan lainnya yang ingin meneruskan bisnis dan kekuasaan kepada anaknya, Michael (Al Pacino).

Sampai akhirnya Michael benar-benar menjadi penerusnya dan dijuluki The Godfather.


3. The Dark Knight (2008)

Film barat terbaik sepanjang masa berikutnya adalah The Dark Knight karya sutradara Christopher Nolan dan produksi Warner Bros.

Film dengan rating 9 dari IMDb ini mengangkat kisah Bruce Wayne alias Batman (Christian Bale) yang tengah membongkar kejahatan terorganisir di Kota Gotham.

Namun, tiba-tiba muncul Joker (Heath Ledger) yang membuat ulah dan menjegal aksi Batman. Joker juga mengancam Batman untuk membuka identitas aslinya.


4. 12 Angry Men (1957)

Film karya sutradara Sidney Lumet ini mengisahkan tentang perdebatan 12 juri di ruang sidang terkait kasus pembunuhan seorang ayah yang dilakukan oleh anak laki-lakinya yang berusia 18 tahun.

Namun perdebatan ini rupanya tak hanya menyoalkan soal benar atau salah, tapi juga karakter asli mereka masing-masing. 12 Angry Men mendapat rating 9 dari IMDb.


5. Schindler's List (1993)

Schindler's ListFilm barat terbaik sepanjang masa, Schindler's List (Foto: Amblin Entertainment)

Film barat terbaik sepanjang masa ini juga mendapat rating 9 dari IMDb. Schindler's List bercerita tentang sikap berbeda seorang pengusaha Katolik asal Jerman bernama Oskar (Liam Neeson) yang justru menyelamatkan orang-orang Yahudi dari kamp konsentrasi.

Padahal, kala itu para tentara Jerman tengah menangkap para Yahudi. Tak hanya menyelamatkan, Oskar juga memberi orang-orang Yahudi pekerjaan di pabriknya.


6. The Lord of The Rings: The Return of The King (2003)

Sekuel ketiga dari The Lord of The Rings ini berkisah tentang kelanjutan perjuangan para hobbit untuk menahan serangan Sauron. Tak hanya itu, mereka juga berjuang untuk mengalahkan para penguasa kegelapan lain yang ingin menyerang Minas Tirith.

The Lord of The Rings: The Return of The King mendapat rating 9 dari IMDb. Film ini juga mengantongi 11 penghargaan dari 11 nominasi di Academy Awards ke-76.


7. Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction mengangkat tiga kisah dalam satu film. Salah satunya cerita tentang Vincent Vega (John Travolta) yang tengah mengawal bosnya, tetapi ia justru harus menemani istri bosnya, Mia Wallace (Uma Thurman) berdansa.

Adegan ini menjadi yang paling ikonis dari Pulp Fiction. Film barat terbaik sepanjang masa ini mendapat rating 8,9 dari IMDb dan mengantongi sejumlah penghargaan dari ajang bergengsi.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]