6 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Ini Sayang Dilewatkan

Layak dijadikan tontonan, berikut rekomendasi film Indonesia.

6 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Ini Sayang Dilewatkan
image

Industri perfilman di Indonesia dapat dikatakan cukup pesat. Hal ini mengacu pada rilisan yang kerap mewarnai layar lebar. Setiap bulannya, film Indonesia rasanya tak pernah absen dari sinema kesayangan.

Mulai dari horror, drama, action, hingga comedy, film Indonesia dibintangi oleh sejumlah aktor kenamaan. Selain itu, alur ceritanya juga tak kalah menarik untuk ditonton.

Misalnya saja pada awal 2023, terdapat beberapa film Indonesia yang banyak dibicarakan, seperti Puisi Cinta yang Membunuh. Proyek garapan sutradara sekaligus penulis Garin Nugroho ini menggaet Mawar de Jongh, Baskara Mahendra, dan Morgan Oey sebagai pemeran utama.

Untuk lengkapnya, kali ini Katadata.co.id akan membahas rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa. Sayang untuk dilewatkan, berikut pembahasannya.

Rekomendasi Film Indonesia

1. Ngeri-ngeri Sedap

Rekomendasi film Indonesia satu ini rilis pada 2 Juni 2022. Digarap oleh sutradara Bene Dion Rajagukguk, Ngeri-ngeri Sedap berhasil menggaet jutaan penonton.

Film ini bercerita tentang empat orang anak dari Pak dan Mak Domu. Tiga darinya merantau, yaitu Domu yang bekerja di Kota Bandung. Lalu Gabe yang menjajaki kariernya sebagai artis di Ibu Kota Jakarta, kemudian Sahat yang tampak betah hidup di Yogyakarta.

Meski rindu, Pak Domu kerap menentang pilihan anak-anaknya. Misalnya Domu yang memiliki keinginan menikahi gadis bersuku Sunda. Demikian dengan Gabe dan Sahat yang dikuliahkan menjadi Sarjana Hukum namun menapaki jalan yang berbeda.

Sementara di rumah, mereka memiliki saudara perempuan bernama Sarma yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kotanya. Sarmalah yang menemani kedua orang tuanya di kampung halaman.

Diketahui bahwa ketiga anak yang merantau enggan pulang dalam waktu yang lama. Maka dari itu, Pak dan Mak Domu memutuskan untuk bersandiwara akan bercerai agar mereka kembali ke rumah.

2. Ayat-ayat Cinta

Rekomendasi film Indonesia kali ini berjudul Ayat-ayat Cinta. Per tahun 2023, film ini sudah merilis satu sekuel setelah peluncuran perdananya pada 2008 silam.

Ayat-ayat Cinta mengangkat latar kehidupan seorang muslim asal Indonesia yang hidup di Mesir. Namanya pria tersebut adalah Fahri. Diperankan oleh Fedi Nuril, sosoknya dikenal sebagai pria tekun yang tengah menempuh pendidikan di perguruan Al-Azhar.

Fahri dengan kepribadiannya yang ramah berhasil membuat beberapa wanita di dekatnya jatuh hati. Di antaranya yaitu Maria, Nurul, dan Noura.

Suatu waktu, seorang guru menyampaikan bahwa Fahri sudah siap menikah. Ia juga disarankan untuk melakukan taaruf. Tentu hal ini tidak dapat begitu saja diterima oleh Fahri. Pasalnya, saat itu Fahri belum memiliki pekerjaan. Dia juga berasal dari keluarga sederhana.

Meski begitu, ternyata dorongan dari sahabat-sahabatnya membuat Fahri akhirnya yakin. Fahri memberanikan diri untuk melakukan taaruf dengan perempuan bercadar bernama Aisha. Diketahui bahwa Aisha merupakan perempuan pilihan gurunya. Fahri dan Aisha akhirnya menikah.

Kehidupan rumah tangga mereka berjalan baik dan harmonis. Namun, perbedaan kebiasaan baik perilaku dan perspektif tentu ada dan kadang menjadi masalah.

Masalah besar muncul Fahri didesak untuk menikahi Noura atas tuduhan memperkosa wanita tersebut. Hal tersebut membuat Fahri akhirnya diadili.

3. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Imperfect merupakan film yang dibintangi Jessica Mila Agnesia dan Reza Rahadian. Keduanya menjadi kekasih dengan segala keterbatasan yang masing-masing bisa menerimanya.

Gadis itu bernama Rara. Ia memiliki perawakan gemuk dan kulit yang kecoklatan. Diketahui bahwa Rara mirip dengan sang Ayah. Ia juga terbiasa makan dalam porsi yang banyak. Selain itu, dirinya suka ngemil coklat hingga sang Ibu khawatir dengan berat badannya.

Sementara itu, Rara memiliki adik bernama Lulu yang memiliki penampilan berbanding terbalik dari dirinya. Wajah Lulu tampak blasteran, kulitnya lebih cerah dan perawakannya ramping.

Diketahui bahwa penampilan Rara membuatnya kerap digunjing oleh rekan kerja di kantor. Tak sedikit juga teman dari orang tuanya membandingkan Rara dengan lulu.

Hingga suatu waktu, Rara ditantang oleh atasannya untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Syaratnya adalah Rara merubah penampilan menjadi lebih menarik.

4. Eiffel… I’m in Love

Rekomendasi film Indonesia ini merupakan salah satu yang ikonik dari industri film Tanah Air. Perdana tayang pada 21 November 2023, pihaknya kembali merilis musim kedua pada 2018.

Shandy Aulia berperan sebagai sosok Tita yang identik dengan gaya bicara menye-menye dan centil. Berlatar belakang keluarga tajir melintir, Tita memiliki orang tua yang disiplin. Tita tidak bisa merasakan kehidupan anak muda pada zamannya.

Meski begitu, Tita memiliki kekasih bernama Ergi yang sudah berhubungan selama dua tahun. Bahkan, Tita dan Ergi tidak pernah berkencan sekali pun.

Suatu hari, teman dari orang tua Tita menginap di rumahnya. Beliau adalah Om Rizal dan Adit, anak laki-lakinya. Diketahui bahwa keduanya datang dari Prancis.

Pada satu kesempatan, Tita tak sengaja mendengar bahwa dirinya anak dijodohkan dengan Adit. Pasalnya, tipe ideal Tita sangat berbanding terbalik dengan kepribadian Adit.

Diketahui bahwa Adit adalah pria yang cuek dan galak. Meski begitu, orang tua Tita menganggap Adit sebagai pria yang dapat diandalkan. Tita hanya diperbolehkan keluar rumah dengan Adit.

5. Miracle in Cell No. 7

Rekomendasi film Indonesia satu ini diadaptasi dari Miracle in Cell No. 7 dari Korea Selatan. Adapun aktor dan aktris yang membintanginya yaitu Vino G. Bastian, Graciella Abigail dan Mawar Eva de Jongh.

Masalah terjadi ketika pria bernama Dodo Rozak dinyatakan sebagai tersangka pembunuhan dan pemerkosaan terhadap gadis kecil bernama Melati Wibisono. Sementara ia juga memiliki putri, yakni Kartika yang kala itu masih bersekolah.

Tidak memiliki Ibu, akhirnya Kartika hidup seorang diri dan dititipkan ke panti asuhan. Dodo terlanjur masuk ke dalam penjara dan tidak bisa menemui Kartika.

Diketahui bahwa orang tua dari Melati Wibisono merupakan orang berada dan berpengaruh. Hingga putusan keluar, Dodo ditetapkan sebagai tersangka dan akan dihukum mati.

Setelah itu, Dodo resmi dipindahkan ke lapas dan mendiami sel nomor tujuh. Sebelum beradaptasi, Dodo dianiaya oleh lima tahanan. Untungnya, Dodo diselamatkan oleh Japra yang merupakan ketua sel.

Tak hanya itu, Japra juga menanyakan keinginan Dodo. Tentu saja pria itu ingin bertemu dengan Kartika, putrinya.

6. Susah Sinyal

Susah Sinyal disutradarai oleh Ernest Prakasa yang juga turut berperan di dalamnya. adapun pemeran utamanya yaitu Adinia Wirasti dan Aurora Ribero.

Aurora Ribero berperan sebagai Kiara, yakni gadis periang yang eksis di media sosial. Kaira memiliki banyak pengikut di Instagram dan YouTube.

Setiap harinya, Kiara diurus oleh sang Nenek. Ia tidak memiliki figur ayah, sementara Ibunya merupakan wanita karier. Bukan hal yang yang mudah bagi Ellen untuk menjadi single parent sekaligus tulang punggung bagi keluarga, terlebih rumah tangganya yang menghadapi perceraian.

Menyedihkannya, Kiara harus kehilangan sosok nenek yang meninggal dunia di waktu yang tak terduga. Keadaan memaksa Kiara dan Ibunya untuk kembali berdampingan.

Ternyata bukanlah hal yang mudah untuk meruntuhkan tembok antara Ibu dan Anak. Pasalnya mereka berdua memiliki pandangan yang berbeda, khususnya mengenai masa depan Kiara.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi film Indonesia lengkap dengan ulasannya. Daftar tontonan di atas cocok untuk Anda yang suka dengan genre kekeluargaan dan drama.