54 Judul Film Masuk Penilaian Festival Film Wartawan Indonesia 2022

54 judul film itu dipilih dari 123 judul film Indonesia yang tayang dari mulai 1 Oktober 2021 sampai 30 September 2022.

54 Judul Film Masuk Penilaian Festival Film Wartawan Indonesia 2022

Selasa, 27 September 2022 - 10:28 WIB

VIVA Showbiz-  Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII telah menentukan 54 judul film pilihan yang akan dinilai. 54 judul film itu dipilih dari 123 judul film Indonesia yang tayang dari mulai 1 Oktober 2021 sampai 30 September 2022, baik  tayang di bioskop maupun di Over The Top (OTT). 

54 film tersebut terbagi dalam tiga genre, yakni Drama 30 film, Komedi 13 film, dan Horor 11 film. Sebelumnya, sempat disampaikan bahwa film genre laga akan diikutsertakan. Namun hal itu, tidak jadi dilakukan. Scroll untuk selengkapnya.

Baca Juga :

Para pemain film Paranoia.

Para pemain film Paranoia.

Photo :
  • Miles Films

Dalam rapat Panitia FFWI 2022 yang digelar di  Hotel Swissbellin, Bogor, Jawa Barat  bersama Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek, belum lama ini, telah jatuh putusan, genre film laga tidak disertakan dalam FFWI 2022, karena  jumlah  film yang  masih kurang. Film kategori laga yang masuk perhitungan FFWI 2022 hanya empat dari semula diprediksi ada 11  judul. 

“Tiga judul Clandeistein, Kamu Tidak Sendiri, dan Paranoia, setelah melalui perdebatan sengit,  dialihkan ke genre lain. Sedangkan tiga judul lainnya Sri Asih, Ahsiap Man, dan Preman, ternyata tayang setelah batas penilaian, sehingga  bakal dinilai tahun depan,” kata Ketua Bidang Penjurian Yan Widjaya dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Film Miracle In Cell No 7

Film Miracle In Cell No 7

Photo :
  • IG @miracleincellno7movie

Dengan demikian, lantaran  jumlah film laga masih di bawah lima judul sebagai ambang batas, maka genre ini belum bisa diikutsertakan dalam FFWI 2022. Kasus ini sama dengan genre film Animasi yang baru menghasilkan tiga judul, yakni Nussa, Si Juki Anak Kosan, dan Si Juki Anak Kosan 2.

Ketua Dewan Juri Awal FFWI, Kintoko, menegaskan Dewan Juri Awal siap menilai seluruh 54 film pilihan sesuai dengan jadwal. Kintoko yakin, Dewan Juri Awal yang seluruhnya terdiri dari wartawan di beberapa kota di Indonesia, bakal bersikap profesional. 

Film animasi Nussa.

Film animasi Nussa.

“Makanya bukan tidak mungkin terjadi debat keras antara sesama Dewan Juri Awal untuk menentukan nominasi masing-masing genre, “ kata Kintoko.

Nominasi hasil rapat Dewan Juri Awal akan dimumumkan pada pada 21 Oktober 2022. Sedangkan para pemenang FFWI bakal umumkan dan ditayangkan pada 28 Oktober. 

Para pemeran film Keluarga Cemara 2

Para pemeran film Keluarga Cemara 2

Photo :
  • IG @visinemaid

Berikut daftar Film Pilihan FFWI XII Tahun 2022.

Baca Juga :