5 Wisata Cirebon Dekat Stasiun, Jelajahi Tempat Bersejarah Halaman all

Rekomendasi beberapa tempat wisata yang lokasinya berdekatan dengan Stasiun Cirebon di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Halaman all

5 Wisata Cirebon Dekat Stasiun, Jelajahi Tempat Bersejarah Halaman all

KOMPAS.com - Stasiun Cirebon menjadi salah satu stasiun yang ada di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Alamatnya di Jalan Stasiun Nomor 6, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. 

Bangunan cagar budaya yang diresmikan pada tahun 1912 ini menjadi tempat pemberhentian kereta api Kelas Bisnis dan Eksekutif, dilansir dari direktoripariwisata.id. 

Baca juga: 

Namun, berdasarkan situs web PT Kereta Api Indonesia atau KAI, ada pula kereta api Ekonomi yang berhenti di stasiun ini.

Stasiun Cirebon berlokasi dekat dengan sejumlah tempat wisata yang bisa dicapai baik dengan berjalan kaki maupun naik kendaraan, berikut beberapa rekomendasinya:

Tempat wisata yang dekat Stasiun Cirebon

1. Alun-alun Kejaksan

Ilustrasi Alun-Alun Kejaksan di Cirebon, Jawa Barat, yang menjadi salah satu tempat wisata dekat Stasiun Cirebon.Dok. ANTARA/Khaerul Izan Ilustrasi Alun-Alun Kejaksan di Cirebon, Jawa Barat, yang menjadi salah satu tempat wisata dekat Stasiun Cirebon.

Alun-alun Kejaksan berjarak 750 meter dari Stasiun Cirebon, jadi bisa dicapai dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit.

Wisatawan bisa nongkrong pada sore hari di tempat ini sembari berfoto-foto dengan latar gapura yang khas. Di dekatnya ada juga Masjid Raya At-Taqwa yang didirikan pada tahun 1918, dikutip dari laman resminya.

Baca juga: Itinerary 1 Hari di Cirebon, Makan Empal Gentong dan Nongkrong di Alun-alun

2. Pasar Kanoman

Suasana Pasar Kanoman, Cirebon.KOMPAS/WINDORO ADI Suasana Pasar Kanoman, Cirebon.

Pasar Kanoman cocok dijadikan tempat berburu oleh-oleh. Jaraknya 2-3 kilometer dari Stasiun Cirebon dengan durasi berkendara kurang dari 10 menit. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (20/6/2018), wisatawan bisa membeli buah tangan berupa mangga gincu, aneka kerupuk, petis atau terasi cirebon, sirup tjampolay, dan ikan asin.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Cirebon Selain Batik Megamendung