5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!

Untuk dapat menikmati liburan atau traveling saat peak season, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!

Berlibur memang menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi di tengah kesibukan yang kamu miliki, sehingga dapat memberikan efek rileksasi tersendiri. Namun, sering kali pemilihan waktu liburan yang keliru justru bisa mengurangi keseruannya.

Salah satunya adalah bila kamu memilih untuk berlibur pada saat peak season. Jelas saja jika peak season menjadi momen di mana banyak orang memutuskan untuk berlibur, sehingga akan jauh lebih ramai. Untuk dapat menikmati liburan atau traveling saat peak season, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Memesan tiket transportasi dan hotel sejak jauh-jauh hari

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!ilustrasi pesawat (unsplash.com/@kovah)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan mungkin berkaitan dengan tiket transportasi dan hotel. Biasanya pada saat peak season justru harga dari keduanya cukup meningkat dengan pesat. Bahkan kamu bisa saja sampai kehabisan dan harus membeli yang lebih mahal lagi.

Sebaiknya belilah tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari agar lebih aman. Setidaknya cara ini akan membantumu untuk berlibur dengan tenang tanpa khawatir harga tiket dan hotel yang melonjak tinggi.

2. Buat itinerary liburanmu

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!ilustrasi turis (unsplash.com/@gabriellefaithhenderson)

Membuat itinerary merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi biasanya kunjungan turis juga cukup meningkat pada saat peak season tiba, sehingga kamu perlu mempersiapkannya dengan baik.

Setidaknya dengan mempersiapkan itinerary yang cermat, maka kamu jadi tahu akan kemana dalam berlibur. Tentu saja harus melakukan survei untuk mencegah kepadatan turis jika sampai salah memilih lokasi liburan.

3. Waspada dengan membludaknya turis di lokasi wisata

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!ilustrasi busway (unsplash.com/@azka_ryhns)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Peak season identik dengan turis yang membludak, apalagi jika kamu memilih destinasi wisata yang ramai pengunjung. Kamu harus mengantisipasi hal ini karena dapat membuat aktivitas berliburmu jadi tak menyenangkan.

Sebaiknya pilihlah destinasi yang lebih minim pengunjung. Walau pun mungkin tetap bersikeras ingin mengunjungi destinasi tersebut, usahakan untuk berkunjung di jam-jam tertentu agar tak terlalu padat.

Baca Juga: 5 Risiko Berlibur saat Peak Season, Penuh Turis!

4. Jaga kesehatan tubuh

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!ilustrasi makan bersama (pexels.com/@fauxels)

Melakukan traveling selama peak season mungkin akan cukup melelahkan. Apalagi dengan ramainya turis yang membuat tubuh jadi terasa lebih lelah, sehingga bisa saja justru mengganggu proses liburan.

Cara terbaik dalam mengantisipasinya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh semaksimal mungkin. Caranya bisa dengan beristirahat dengan cukup, minum vitamin, dan makan makanan yang sehat. Jika tubuh bugar, maka liburan pun akan menyenangkan.

5. Membeli oleh-oleh di tempat yang terjangkau

5 Tips Traveling saat Peak Season, Buat Perencanaan!ilustrasi belanja (pexels.com/@rodnae-prod)

Tidak lengkap jika melakukan traveling tanpa membeli oleh-oleh. Tentu saja kamu perlu membeli oleh-oleh untuk dibawa pada keluarga tercinta. Namun, perlu diperhatikan bahwa membeli oleh-oleh saat peak season jangan dilakukan secara sembarangan.

Biasanya harga yang dibanderol bisa lumayan mahal dan cukup merogok kocek dalam. Sebaiknya carilah pusat oleh-oleh yang lebih terjangkau, sehingga tak menghabiskan budget-mu untuk membeli oleh-oleh.

Berlibur selama peak season tentunya tetap bisa menyenangkan jika kamu memperhatikan tips traveling saat peak season di atas. Terpenting jagalah kesehatan dan buatlah perencanaan yang matang sebelum berlibur. Nikmati liburanmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Berkendara agar Tak Terjebak Macet pada Musim Liburan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.