5 Negara dengan Piala Oscar Best International Feature Film Terbanyak

Berikut 5 negara dengan kemenangan Oscar kategori Best International Feature Film terbanyak sejak pertama kali diadakan pada 1947.

5 Negara dengan Piala Oscar Best International Feature Film Terbanyak
image
Jakarta, CNN Indonesia --

The Academy Award alias ajang Piala Oscar untuk kategori Best International Feature Film sebelumnya dikenal sebagai Best Foreign Language Film sebelum diganti pada 2020.

Penghargaan ini merupakan gelar yang diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat dan non berbahasa Inggris.

Berikut 5 negara dengan kemenangan kategori Best International Feature Film terbanyak sejak pertama kali diadakan pada 1947.

1. Italia

Italia menjadi negara dengan kemenangan Best International Feature Film terbanyak, yaitu 14 kemenangan. Italia juga sekaligus negara pertama yang memenangkan kategori ini melalui Shie Shine (Sciuscia) pada 1947.

Italia juga pernah memenangkan kategori ini melalui film hasil kerja sama dengan Perancis pada 1950 melalui film The Walls of Malapaga (Le mura di Malapaga).

Negara pasta ini punya pola unik dalam memenangkan kategori prestisius tersebut. Italia pernah menang dua tahun berturut-turut selama dua kali.

Momentum itu terjadi pada 1963 dengan film 81/2 karya Federico Fellini dan 1964 dengan film Yesterday, Today and Tomorrow (Ieri, oggi, domani) karya Vittorio De Sica.

Kemudian terjadi kembali pada 1970 melalui Investigation of a Citizen Above Suspicion (Indagine su un cittadino al di sopra di ogni sospetto) dan 1971 dengan The Garden of the Finzi Continis (Il giardino dei Finzi-Contini).

Terakhir kali, Italia memenangkan kategori ini melalui The Great Beauty (La grande bellezza) pada 2013.

[Gambas:Youtube]

2. Perancis

Setelah Italia, Perancis adalah negara kedua terbanyak yang mengoleksi Piala Oscar kategori Best International Feature Film dengan 12 kemenangan.

Piala pertama kali diraih Perancis pada 1948, setahun setelah Italia memenangkan kategori ini pertama kali. Perancis membawa pulang piala tahun itu melalui Monsieur Vincent.

Berbeda dari Italia, Perancis hanya mengalami sekali kemenangan dua tahun berturut-turut, yaitu apda 1972 melalui The Discreet Charm of the Bourgeoisie (Le Charme discret de la bourgeoisie) dan 1973 dengan Day for Night (La Nuit américaine).

Meski begitu, Perancis belum pernah memenangkan piala Oscar kategori ini di abad ke-21. Terakhir kali, Perancis memenangkan Piala Oscar Best International Feature Film pada 1992 melalui Indochine.

Lanjut ke sebelah...

Negara dengan Piala Oscar Best International Feature Film Terbanyak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA