5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!

Tidak semua game dari Nintendo hanya ada di konsol buatan mereka. Sejauh ini, ada lima game Nintendo yang tersedia untuk Android dan iOS.

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!

Nintendo dikenal perusahaan video game yang hanya merilis gamenya di konsol buatan mereka sendiri. Selain itu, Nintendo juga memiliki perusahaan patungan, The Pokemon Company. Perusahaan ini mengembangkan game-game Pokemon yang mayoritas gamenya hanya tersedia di konsol Nintendo. 

Akan tetapi, tidak semua game dari Nintendo hanya ada di konsol buatan mereka. Sejauh ini, ada lima game Nintendo yang tersedia untuk Android dan iOS. Tiga di antaranya adalah game Pokemon, sementara dua dari seri lainnya merupakan Super Mario. Game-game tersebut terbilang seru dan layak untuk kamu mainkan. 

1. Pokemon Unite

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!Pokemon Unite (play.google.com)

Pokemon Unite adalah game Pokemon bergaya MOBA lima lawan lima. Setiap pemain mengendalikan satu Pokemon untuk saling bertarung di sebuah arena. Pemain harus mencetak poin untuk memenangkan pertandingan, dengan cara mencetak gol. Untuk mencetak gol, pemain harus mengumpulkan energi yang didapat dengan cara menghabisi Pokemon lawan. Pokemon Unite dikhususkan bagi para penggemar Pokemon yang juga menyukai game bergenre MOBA ala Mobile Legends.

Baca Juga: 5 Game Creature Collector Selain Pokemon, Terbaru ada Palworld!

2. Pokemon Quest

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!Pokemon Quest (play.google.com)

Ini adalah game Pokemon di Android dan iOS dengan gaya yang unik. Pokemon Quest adalah game berjenis action RPG yang memiliki gaya visual kubus dengan gameplay sederhana. Di game ini kamu akan bertarung melawan Pokemon liar dengan cara membangun tim untuk menyelesaikan misi. Game ini berlatar di Pulau Tumblecube, di mana kamu dapat menjelajahi berbagai area untuk menemukan Pokemon liar dan menyelesaikan misi.

Setiap area memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Tujuan utamanya adalah mengumpulkan berbagai jenis Pokemon. Setiap Pokemon dapat dijinakkan dan ditambahkan ke Pokedex. Setiap Pokemon yang kamu temukan memiliki tipe dan kemampuan unik.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Pokemon Go

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!Pokemon Go (dok. Niantic/Pokemon Go)

Inilah game yang pada 2016 sempat viral di seluruh dunia. Pokemon Go adalah game yang mengajak pemainnya untuk menjelajahi dunia nyata guna berburu Pokemon dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) pada smartphone. Terdapat banyak sekali jenis Pokemon yang harus dikoleksi pemain. Selain itu, terdapat gym yang terletak di tempat-tempat tertentu di dunia nyata yang berfungsi sebagai tempat bertarung dengan pemain lain. Ada juga Pokestop untuk menambah item, seperti Pokeball dan lainnya. Meski tidak seramai dulu lagi, game ini tetap layak dimainkan untuk sekadar nostalgia atau melengkapi Pokedex. 

4. Super Mario Run

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!Super Mario Run (dok. Nintendo/Super Mario Run)

Ini merupakan satu-satunya game platformer Super Mario yang berada di luar konsol Nintendo era modern. Berbeda dengan game Super Mario versi Nintendo, Super Mario Run hadir dengan gameplay berlari otomatis seperti halnya Subway Surfer atau Jetpack Joyride. Dalam game ini, kamu akan mengendalikan Mario yang berlari secara otomatis melalui level dengan tujuan mencapai akhir tanpa jatuh atau tertangkap oleh musuh. Gameplay-nya menggabungkan elemen platformer klasik dengan kontrol yang disederhanakan untuk perangkat Android dan iOS.

5. Mario Kart Tour

5 Game Nintendo yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Gratis!Mario Kart Tour (dok. Nintendo/Mario Kart Tour)

Dikembangkan oleh Nintendo, game ini adalah versi mobile dari waralaba populer Mario Kart. Kamu sebagai pemain dapat memilih karakter, seperti Mario, Luigi, Toad, dan lainnya. Gameplay-nya sendiri berupa balapan di berbagai lintasan yang penuh dengan tantangan. Kamu juga dapat menghalalkan segala cara untuk memenangkan balapan dengan menggunakan item khusus untuk mengalahkan lawan dan mencapai garis finish. Meski game ini dapat diunduh secara gratis, terdapat pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) yang memungkinkan pemain memperoleh item tambahan, karakter, atau mobil menggunakan uang sungguhan.

Di masa mendatang, bukan tidak mungkin Nintendo akan menambah game terbarunya di platform mobile. Meski kelima rekomendasi game tersebut memiliki perbedaan kualitas dengan yang ada di konsol Nintendo, tetap saja layak kamu coba untuk menghabiskan waktu luang, ya! Selamat bermain! 

Baca Juga: 7 Game Nintendo Switch Open World yang Patut Dicoba, Bikin Ketagihan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.